Pantomime dan Eksplorasi Kostum Jadi Pembuka PAT 2024 di Padangpanjang -->
close
Pojok Seni
13 October 2024, 10/13/2024 10:38:00 AM WIB
Terbaru 2024-10-13T15:26:35Z
eventteater

Pantomime dan Eksplorasi Kostum Jadi Pembuka PAT 2024 di Padangpanjang

Advertisement


PojokSeni/Padangpanjang - Kamis (10/10/2024) Pekan Apresiasi Teater 7 yang diselenggarakan oleh Program Studi Seni Teater memulai gelaran dengan Upacara Pembukaan yang digelar pukul 13.45 siang tadi. Upacara Pembukaan digelar dengan rangkaian acara yang dimulai dengan arak-arakan bersama dari depan Dekanat Fakultas Seni Pertunjukan hingga depan Gedung Program Studi Seni Teater dengan diikuti juga oleh Dekan Fakultas Seni Pertunjukan, Wakil Dekan Fakultas Seni Pertunjukan, Ketua Program Studi Seni Teater dan Dosen Program Studi Seni Teater. Selain arak-arakan upacara pembukaan juga diiringi beberapa penampilan seperti pawai kostum tokoh Teater Klasik, kostum tokoh Teater Realis, penampilan Pantomim dan eksplorasi kostum tokoh Teater Klasik.

Gelaran arak-arakan tidak hanya melibatkan Mahasiswa/i Program Studi Seni Teater, melainkan juga melibatkan Mahasiswa/i Studi Seni Karawitan dan Seni Tari. Kerja sama terlibat dalam hal pawai kostum tokoh, eksplorasi kostum Tokoh dan memeriahkan arak-arakan dengan tabuhan Gandang Tambua Tansa. Prosesi arak-arakan berakhir dengan penampilan Pantomim dan eksplorasi kostum tokoh di Lobi Program Studi Seni Teater.

Upacara pembukaan yang digelar secara arak-arakan mendapat respon positif dari para penonton. Terlihat beberapa penonton merekam gelaran acara, memeriahkan acara dengan bergoyang bersama, dan turut bersorak-sorai menambah riuhnya arak- arakan. Banyaknya penonton yang menyaksikan gelaran arak-arakan menambah meriah dan suksesnya Upacara Pembukaan. 


Selepas penampilan, para peserta ara-arakan dan penonton digiring masuk ke dalam Gedung Teater Arena Mursal Esten untuk gelaran seremonial pembukaan. Seremonial pembukaan melibatkan Ketua Program Studi Seni Teater dan Dekan Fakultas Seni Pertunjukan untuk secara resmi membuka Pekan Apresiasi Teater 7. Selain itu para tamu yang terlibat juga diajak mengikuti Upacara Pembukaan. Gelaran Seremonial Pembukaan digelar diluar hal biasanya, yang biasanya menggelar Doa, Kata Sambutan, kali ini dikemas dengan hal berbeda.

Ketua Program Studi Seni Teater dan Dekan Fakultas Seni Pertunjukan menampilkan sedikit kebolehan dalam bidang masing-masing. Seremonial Pembukaan diawali dengan penampilan potongan adegan dari naskah Menunggu Godot yang mendapat perhatian tersendiri dari penonton. Kemudian dilanjutkan penampilan singkat mainan biola yang turut mengajak penonton dalam penampilannya dengan sedikit tepuk tangan disela gesekan biola.

Ketua Program Studi Seni Teater menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya atas animo penonton yang memeriahkan acara Pekan Apresiasi Teater 7 yang sudah lama vakum sejak terakhir kali digelar pada tahun 2015. Beliau juga mengharapkan gelaran ini bisa sama-sama membangkitkan pengalaman ketubuhan Mahasiswa/i Program Studi Seni Teater terhadap gelaran Teater itu sendiri dan acara Pekan Apresiasi Teater. Terakhir beilau berterimakasih kepada tamu yang telah dapat hadir dan memberikan pengalaman berharga kepada Mahasiswa/i Program Studi Seni Teater yang dapat bertemu dengan tokoh besar Teater Indonesia maupun dunia.

Dekan Fakultas Seni Pertunjukan, turut mengambil sikap positif terhadap gelaran Pekan Apresiasi Teater 7. Beliau berharap gelaran ini menambah semangat Mahasiswa/i Seni Pertunjukan terkhususnya Program Studi Seni Teater dalam menggelar acara seni yang berkualitas dan dapat menyampaikan ekspresi seni. Selain itu, beliau memberikan harapan untuk Pekan Apresiasi Teater untuk terus digelar kedepannya disamping memberikan manfaat untuk Program Studi Seni Teater juga kepada Institut Seni Indonesia Padangpanjang.

Upacara pembukaan diakhiri dengan penampilan terakhir dari tabuhan Gandang Tambua Tansa yang melibatkan Mahasiswa/i Seni Karawitan. Dengan selesainya penampilan itu, upacara pembukaan pun berakhir dengan tepukan meriah dari penonton. Memeriahkan dan menambah semangat penonton dan pelaksana untuk terus ikut andil dalam Pekan Apresiasi Teater.

Selepas Upacara Pembukaan, gelaran Pekan Apresiasi Teater akan dilanjukan dengan gelaran Seminar dengan tema “Membaca kembali Urgensi Ruang Apresiasi Teater Pasca Inkubasi.” Bahasan itu akan terkait dengan alasan dibalik digelarnya Pekan Apresiasi Teater dan membangkitkan Apresiasi Teater dalam lingkup Teater Padangpanjang maupun diluar Padangpanjang. Selain mengenai Urgensi Apresiasi Teater juga membahas gelaran Pekan Apresiasi Teater dimasa yang akan datang.
Setelah gelaran Seminar, acara Pekan Apresiasi Teater 7 akan dilanjukan dengan Pertunjukan Pagi Bening, Repertoar Hujan dan Ganja Mara yang akan digelar hingga pukul 22.00 malam nanti. Bagi penonton yang ingin menyaksikan datanglah ke Gedung Teater Arena Mursal Esten, ISI PadangPanjang.

Gelaran Apresiasi Teater ini tak hanya dapat direnungi sebagai ranah Apresiasi tetapi ranah untuk kembali membahas gelaran Teater Kampus di Indonesia. Memang bukan suatu bahasan yang dapat selesai saat itu juga, namun dapat menjadi Urgensi yang perlu dibicarakan lebih lanjut. Bahasan dan juga gelaran Teater itu sendiri menjadi perihal yang perlu kembali direnungi bersama baik Mahasiswa/i, Dosen maupun juga Alumni. (Rifky Luthfi Ananda)

Ads