Festival Teater Bio Fiction Tokoh Sastra Indonesia: Perayaan Seni dan Sastra di Lampung -->
close
Pojok Seni
24 September 2024, 9/24/2024 01:12:00 PM WIB
Terbaru 2024-09-24T06:12:53Z
Artikelevent

Festival Teater Bio Fiction Tokoh Sastra Indonesia: Perayaan Seni dan Sastra di Lampung

Advertisement

Pojok Seni/Lampung – Teater Satu Lampung didukung oleh Pusat Pengembangan dan perlindungan Bahasa dan Sastra (Pusbanglin)  mempersembahkan Festival Teater Biographical Fiction (Biofic) Tokoh Sastra Indonesia, sebuah perayaan seni teater yang mengangkat tokoh-tokoh penting dalam dunia sastra Indonesia melalui pementasan, diskusi, dan workshop. Rangkaian acara ini akan berlangsung dari 13 September hingga 22 Oktober 2024. Festival ini disebut “Bio-Fiction” karena menggabungkan fakta sejarah dengan imajinasi untuk merekonstruksi peristiwa yang tidak tercatat.


Sebelumnya, Teater Satu bersama Pusbanglin menyelenggarakan Sayembara dan Workshop penulisan naskah drama bertema tokoh sastra di Indonesia pada tahun 2023. Dari Sayembara tersebut, terpilih 8 naskah terbaik untuk dibukukan secara digital. Kali ini, kisah para tokoh sastra dalam naskah itu akan diceritakan kembali dalam bentuk pementasan teater.


Festival ini akan dimulai dengan sesi kurasi Group Teater yang ada di Lampung untuk menjadi penampil di acara puncak, pada 20 s.d 22 Oktober 2024 di Gedung Pertunjukan Dewan Kesenian Lampung . Sebelumnya, setiap grup penampil yang terpilih akan mendapatkan pembekalan berupa pengetahuan dan keterampilan memperistiwakan cerita di atas panggung yang akan diampu oleh para narasumber ahli; Ari Pahala Hutabarat, Ahmad Jusmar, Imas Sobariah, dan Iswadi Pratama.


Selain workshop dan pertunjukan, kegiatan ini juga dilengkapi dengan sesi diskusi dalam acara Artist Talk yang akan disiarkan melalui siaran langsung Instagram. Dalam sesi ini akan  dihadirkan para Sutradara dan Manajer dari masing-masing kelompok teater  dari Provinsi Lampung yang terpilih sebagai penampil dalam event ini.  




Festival Teater Biofic Tokoh Sastra Indonesia ini adalah wujud dari dedikasi Teater Satu Lampung untuk terus mengembangkan dan menghidupkan  sastra-drama Indonesia yang   tertinggal dengan genre sastra lainnya: puisi, cerpen, dan novel. Sampai jumpa di Festival Teater Biofic Tokoh Sastra Indonesia!

Ads