Pentas Daeng Calu oleh Bengkel Seni Milenial: Realitas Yang Tumbuh di Atas Panggung -->
close
Pojok Seni
07 August 2024, 8/07/2024 08:00:00 AM WIB
Terbaru 2024-08-07T01:00:00Z
teaterUlasan

Pentas Daeng Calu oleh Bengkel Seni Milenial: Realitas Yang Tumbuh di Atas Panggung

Advertisement
Pertunjukan Daeng Calu di Larantuka oleh Bengkel Seni Milenial (Foto: Rudi  Rumah Dunia)
Pertunjukan Daeng Calu di Larantuka oleh Bengkel Seni Milenial (Foto: Rudi  Rumah Dunia)



Oleh  : Moh. Zaini Ratuloli


Teater sebagai sebuah corong bagi kehidupan, mesti beradaptasi dengan perkembangan jaman agar tak lekas ditinggalkan. Di kota-kota besar di Indonesia, pelan tapi pasti, teater mulai kehilangan penontonnya. Hal ini memiliki dampak bahwa karya yang dihasilkan tak lagi cukup menggugah rasa kemanusiaan.


Karena itu, perlu dilakukan upaya lain yang bisa menjadikan teater related dengan kehidupan hari ini. Teater juga mesti hadir di ruang publik, tak terbatas pada ruang ruang gelap pertunjukan di dalam gedung yang cenderung sepi. 


Maka Bengkel Seni Milenial sebuah komunitas  kecil di kota Larantuka mencoba untuk menjaga asa kesenian lewat pertunjukan mini teater yang related dengan kehidupan keseharian masyarakat. Pertunjukan ini mesti mirip dengan apa yang mereka rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti isu kemiskinan, yang  hanya jadi tunggangan pada musim musim politik. Juga bagaimana perilaku para politisi yang menyebalkan. 


Selain itu, juga menggambarkan realita kehidupan masyarakat kecil di kota Larantuka seperti fenomena antre minyak tanah yang masing sering terjadi di kota tersebut. Pertunjukan dengan genre komedi satire ini dirasa pas dan "aman" untuk bisa jadi corong suara masyarakat pada penguasa.


Pertunjukan  Mini Teater ini yang dilakukan oleh Bengkel  Seni Milenial pada momen Bincang Literasi bersama Duta Baca Indonesia di gedung OMK Larantuka. Pertunjukan ini adalah bentuk konkret kehadiran  para penggiat teater di ruang publik dengan audien yang lebih luas, tak hanya sebatas penggiat teater saja. 


Pertunjukan Daeng Calu di Larantuka oleh Bengkel Seni Milenial
Pertunjukan Daeng Calu di Larantuka oleh Bengkel Seni Milenial (Foto: Rudi  Rumah Dunia)


Pada momen pementasan Mini Teater berjudul Daeng Calu ini, hadir sekitar 300 orang lebih di ruang tersebut. Di antaranya, para pejabat di kota Larantuka dan para penggiat literasi di kota tersebut. 


Acara ini sendiri diselenggarakan  oleh Perpustakaan Nasional RI bekerja sama dengan Perpustakaan Daerah  Kabupaten Flores Timur pada tanggal  1 Agustus 2024  2024. Adapun susunan  pemain yang  terlibat di antaranya Sahrudin , Rizki Tukan,  Dzul Uran, Feby, Janu Hurit dibantu oleh operator musik, Ian .


Pertunjukan Daeng Calu di Larantuka oleh Bengkel Seni Milenial (Foto: Rudi  Rumah Dunia)
Pertunjukan Daeng Calu di Larantuka oleh Bengkel Seni Milenial (Foto: Rudi  Rumah Dunia)

Ads