Lokovasia 2024, Bergerak untuk Pemajuan Kebudayaan -->
close
Pojok Seni
29 August 2024, 8/29/2024 08:00:00 PM WIB
Terbaru 2024-08-29T13:00:00Z
BudayaMusikUlasan

Lokovasia 2024, Bergerak untuk Pemajuan Kebudayaan

Advertisement

Pojokseni - Lokovasia adalah sebuah bentuk kegiatan dalam rangka pemajuan kebudayaan. Tak kurang dari 311 peserta dari berbagai daerah di Indonesia yang terdiri dari 87 komponis, 116 grup musik, 35 peneliti musik, dan 71 musisi, telah mendaftar program ini, yang digawangi oleh Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan. Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang bekerjasama dengan Yayasan Musike SJ. 


Di tahun 2024 ini, Lokovasia memilih kota Malang Jawa Timur sebagai tempat para seniman akan berkolaborasi dan berinovasi, setelah tahun 2023 sukses digelar di Bali. Program ini diyakini sangat baik dan tepat untuk dilaksanakan demi menjaga seni musik tradisi yang khas dan tersebar di se antero Indonesia. Selain baik dan tepat, event ini merupakan upaya untuk terus menerua mengangkat nilai nilai tradisi, termasuk mengurai makna dari tradisi itu ke permukaan. Tidak hanya itu, hasil dari kegiatan ini, akan terkemas apik dalam buku yang dikerjakan secara khusus oleh peneliti musik terpilih.


Demikian juga lewat kegiatan ini, pelestarian dan pengembangan musik tradisi Indonesia diperluas gerakannya, demi mencapai nilai warisan budaya sekaligus dimensi pemanfaatan hal-hal positif lainnya, yang terkait dengan itu.


Pada tahun 2024 ini, program Lokovasia telah berhasil menjaring minat dari 311 peserta dari berbagai daerah di Indonesia yang terdiri dari 87 komponis, 116 grup musik, 35 peneliti musik, dan 71 musisi. Setelah melalui proses kurasi, ditetapkan 93 peserta yang terdiri dari 3 komponis, 10 grup musik, 2 peneliti musik, dan 5 musisi. Para peserta terpilih berasal dari Tanah Datar, Bengkulu, Bangka Belitung, Bandung, Bogor, Cimahi, Sumedang, Yogyakarta, Sukoharjo, Wonogiri, Tulungagung, Surabaya, Madura, Malang, Banyuwangi, Badung, Palangkaraya, Flores, dan Manado. (Berdasarkan data Yayasan Musike SJ). 


Adapun saat ini sedang berlangsung untuk tahap visitasi yang dilaksnakan oleh para mentor, antara lain Prof Dieter Mark dari Jerman. Nantinya kegiatan ini akan bwrpuncak pada Elaborasi & Ekshibisi Program yang diselenggarakan di Universitas Negeri Malang Jawa Timur tanggal 1-8 September 2024.


Ambrosius M. Loho, yang merupakan salah satu peserta untuk kategori peneliti musik mengatakan: Lokovasia adalah salah satu wadah yang tepat untuk mengekspose secara berkelanjutan, tentang musik tradisi dan keunikan juga kekhasannya. Maka dari itu, kesempatan ini harus dilihat sebagai kegiatan yang penting, karena bisa melahirkan bukan hanya karya seni pertunjukkan, tetapi bersamaan itu menelorkan konsep penting dalam bentuk narasi kegiatan semua seni pertunjukan yang dilaksanakan.  

Ads