Esa Nusantara Menggerakan Persatuan Indonesia" -->
close
Pojok Seni
10 August 2024, 8/10/2024 08:00:00 AM WIB
Terbaru 2024-08-10T01:00:00Z
MusikUlasan

Esa Nusantara Menggerakan Persatuan Indonesia"

Advertisement
Ferdinand Soputan maestro muda Musik Minahasa
Ferdinand Soputan, rilis single Esa Nusantara

PojokSeni/Manado - Setelah Mahakarya single "Bumi Tercinta" di tahun 2023, tahun 2024 Ferdinand Soputan, sang Maestro Muda Minahasa, menelorkan lagi sebuah karya New Single dengan judul "Esa Nusantara". 


Menurut Bung Ferdinand, lagu ini sejatinya dia dedikasikan untuk Indonesia dan lebih spesial lagi, karya ini saya kontribusikan untuk negara tercinta Indonesia yang akan merayakan HUT RI ke 79 di tahun 2024 ini. 


Sebuah apresiasi tentu harus kita alamatkan kepada talenta muda yang kurun 10 tahun terakhir, telah menggekuti dunia seni, utamanya seni budaya musik kolintang.


Bukan kebetulan, upaya yang dilakukan termasuk oleh Ferdinand Soputan ini, merupakan wujud pemajuan kebudayaan yang benar-benar mengangkat sisi tradiai dalam musik. Bahkan dalam karya-karya sebelumnya, Ferdi telah juga turut memberi diri bagi pengembangan musik kolintang di Jakarta. Bandingkan beberapa sanggar yang dilatih oleh beliau, menjadi jawara dalam beberapa event festival musik kolintang.


Hal yang sangat menarik juga, adalah sosok pemajuan kebudayaan musik kolintang ini, diperkuat lagi oleh upaya beliau ketika bersama-sama memajukan kelompok musik kolintang Keytuji atau biasa dikenal juga dengan K2J, atau biasa dikenal lagi sebagai Kelompok Kolintang Kawanua Jakarta. 


Maka dari itu, pemberian diri rasa, cipta, kars dan karya beliau adalah wujud kebudayaan yang sesungguhnya.


Bahkan upaya pemajuan kebudayaan lainnya adalah sebuah konsep konser bertajuk:  "Tang Ting Tong - Harmoni Nada" akan dilaksanakan sebagai rangkaian dengan karya singel ini. Kegiatan itu akan dilaksanakan pada: 27 September 2024, di Gedung Kesenian Jakarta.


Adapun karya lagu Esa Nusantara kali ini Ferdinand berkolaborasi dengan alat musik budaya Bali,  yang dimainkan oleh komunitas seniman Bali. Demikian juga nuansa budaya Bali sangat terasa, karwna video klip ini dibuat di Bali.


Berikut ini, profil karya Ferdinand Soputan dalam laman youtube: 


Ferdinand Soputan Feat. Steven Lumi - ESA NUSANTARA (Official Music Video)


Dirgahayu Ke 79 Negeriku Indonesia, Majulah Bangsaku. "Nusantara Baru, Indonesia Maju." 17 Agustus 2024.


  • Support by. S.E.R. Production.
  • Composer : Ferdinand Soputan.
  • Artis : Ferdinand Soputan & Steven Lumi.
  • Manager : Marvel Soputan.
  • Videographer : I Putu Adi Sanjaya.
  • Editor : Reiky Soputan.
  • Local Producer : Made Pande.
  • Crew Support : Rizky Rismawana & Kadek Muliada


Tonton videonya di bawah ini:


 

Ads