Dewan Kesenian Jakarta Gelar Solidaritas untuk Palestina Bertajuk Malam Palestina II: "Kemanusiaan dan Keadilan" -->
close
Pojok Seni
05 August 2024, 8/05/2024 05:10:00 AM WIB
Terbaru 2024-08-04T22:10:15Z
Artikel SponsoreventSeni

Dewan Kesenian Jakarta Gelar Solidaritas untuk Palestina Bertajuk Malam Palestina II: "Kemanusiaan dan Keadilan"

Advertisement



Pojokseni/Jakarta – Konflik yang terus berlanjut di Palestina telah menimbulkan penderitaan yang tak terbayangkan bagi banyak keluarga dan komunitas. Situasi semakin memburuk, dengan puluhan ribu korban jiwa dari pihak sipil akibat serangan yang terus dilakukan oleh Israel. Minimnya obat-obatan, makanan, listrik, dan kebutuhan pokok lainnya akibat blokade militer Israel semakin memperburuk kondisi warga Palestina.


Presiden Komite Palang Merah Internasional, Mirjana Spoljaric, menyuarakan keprihatinannya dengan menyebut situasi di Gaza sebagai "kegagalan besar yang tidak boleh ditoleransi oleh dunia." Pemerintah Indonesia, melalui kementerian luar negeri, terus mengupayakan perdamaian dan keadilan di Timur Tengah lewat forum-forum internasional, terutama dalam kaitannya dengan konflik Palestina dan Israel.


Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) sebelumnya pernah mengadakan program solidaritas terhadap penderitaan Palestina pada masa kepemimpinan DKJ di bawah KH. Abdurahman Wahid tahun 1982, dengan acara "Malam Solidaritas Palestina" yang dihadiri oleh banyak seniman dan budayawan. Dalam semangat yang sama, DKJ kini kembali menggelar "Malam Palestina II" dengan tema "Kemanusiaan dan Keadilan."


Tema ini diangkat karena  sesuai dengan pembukaan UUD 1945: ”Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.”. keadaan di Palestina secara umum masih jauh dari kemanusiaan dan keadilan, tidak saja karena Palestina masih dijajah oleh Israel sejak 1948, namun juga, sejak awal Oktober, adanya  upaya genosida dan  ethnic cleansing yang tak kunjung mereda, walau banyak pihak telah berusaha menghentikannya, termasuk dari Pemerintah Indonesia.


Acara ini bertujuan untuk membangun solidaritas dan menggalang donasi 100% untuk Palestina. Beberapa acara yang akan berlangsung pada Malam Solidaritas Palestina II ini antara lain:


  • Pidato sikap DKJ oleh Ketua Pengurus Harian DKJ
  • Pidato oleh ketua/Perwakilan Akademi Jakarta?
  • Pementasan seni pertunjukan (tari, musik, teater)
  • Pembacaan puisi
  • Pembacaan puisi oleh peserta yang terkurasi
  • Pemutaran film tentang Palestina
  • Kegiatan seniman seni rupa
  • Bazaar UMKM

 

Jadwal dan Tempat Pelaksanaan:

  • Hari/Tanggal: Jumat, 16 Agustus 2024
  • Waktu: 18:30 - Selesai
  • Tempat: Halaman Teater Besar, Taman Ismail Marzuki

 

Menurut Adipatilawe selaku ketua pelaksana mengatakan, “kegiatan ini akan menghadirkan banyak seniman-seniman hebat dari bidang kesenian, mereka akan menampilkan banyak karya baik Sastra, teater, musik, tari, film dan seni rupa,” ujarnya.


DKJ mengajak seluruh masyarakat untuk hadir dan berpartisipasi dalam acara ini sebagai bentuk dukungan dan solidaritas terhadap warga Palestina yang tengah menderita. Mari bersama-sama menunjukkan bahwa kemanusiaan dan keadilan masih hidup. (**)


Kebutuhan obat-obatan di Palestina sangat urgent dan penting sekali saat ini. Selain membantu dengan makanan, bantuan obat-obatan tentunya akan menjadi sangat membantu saudara-saudara kita di Palestina saat ini. Untuk informasi lebih banyak tentang Anda bisa berkomunikasi dengan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI). Bila Anda tinggal di sekitaran Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Anda bisa datang ke PAFI Majene di Jalan Pettaroni, Labuang, Banggae. Atau kunjungi websitenya di alamat https://pafimajene.org/.

Ads