Alasan Sangat Baik untuk Bergabung dengan Grup Teater -->
close
Pojok Seni
27 December 2023, 12/27/2023 08:00:00 AM WIB
Terbaru 2023-12-27T01:00:00Z
teater

Alasan Sangat Baik untuk Bergabung dengan Grup Teater

Advertisement

Kenapa harus bergabung dengan grup teater
Kenapa harus bergabung dengan grup teater

Pojok Seni - Suatu hari, ada grup teater, baik grup teater tradisional maupun grup teater modern, membuka audisi atau perekrutan anggota baru. Anda di posisi bingung, kenapa harus bergabung dengan sebuah grup teater. Tapi, jauh di dalam hati Anda, sangat ingin untuk menjadi bagian dari sebuah kerja-kerja kesenian grup teater. 


Anda mungkin cukup bingung untuk menentukan apakah terus melangkah dan bergabung dengan grup teater, atau memilih untuk tidak bergabung. Sejumlah ulasan di bawah ini bisa menjadi pedoman bagi Anda sebelum menentukan langkah untuk bergabung atau tidak dengan sebuah grup teater.


Secara umum, bergabung ke grup teater adalah cara untuk mengasah kemampuan akting praktis, tidak peduli Anda berbakat atau tidak. Tapi, berminat atau tidak itu sangat penting. Apa artinya?


  • Bila Anda berbakat dan berminat dengan seni teater, maka bergabung adalah pilihan yang sangat tepat.
  • Bila Anda berbakat saja, tapi tidak berminat dengan seni teater, bergabung dengan grup teater bisa saja tidak nyaman untuk Anda.
  • Bila Anda tidak berbakat, tapi berminat dengan seni teater, bergabung dengan grup teater juga menjadi pilihan yang tepat
  • Tapi, bila Anda merasa tidak berbakat, juga tidak berminat, maka bergabung dengan grup teater bisa jadi pilihan yang kurang tepat.


Mari kita bahas satu per satu. Bergabung dengan grup teater menjadikan Anda bisa membangun kepercayaan diri dan "stage presence" alias cara meng-ada ketika berada di lingkungan sosial. 


1. Melewati fase-fase melelahkan saat latihan, juga fase menegangkan ketika pentas akan memberikan rasa mencintai diri dan memberi penghargaan untuk diri. 


2. Demam panggung yang bisa Anda atasi selama proses latihan, juga akan memberikan kepercayaan diri ketika berhadapan dengan banyak orang di dunia nyata.


3. Pekerjaan teater membuat Anda akan terhubung dan berjejaring dengan banyak ornag dari berbagai bidang; seniman teater, produser, sastrawan, seni rupa, seni instalasi, ahli listrik, keamanan, manajerial, akuntan, ahli hukum, dan sebagainya. 


4. Bergabung dengan beberapa contoh grup teater modern di Indonesia membuat Anda bisa melakukan banyak hal sekaligus; belajar dan berlatih keaktoran, belajar manajemen dan bisnis, membangun jaringan, berlatih tampil di muka umum, belajar filsafat, belajar linguistik, belajar sastra, dan sebagainya, tapi Anda mempelajarinya sambil bersenang-senang sebagai seorang seniman teater.


Pementasan Kala Teater asal Makassar bertajuk Post Partum
Pementasan Kala Teater asal Makassar bertajuk Post Partum


5. Bergabung dengan grup teater berarti meninggalkan zona nyaman dan menghadapi "dunia yang baru" setiap saat. Setiap suatu produksi baru dimulai, lembaran naskah baru dibuka, maka "dunia yang baru" akan siap untuk dipelajari lagi.


6. Perasaan di atas panggung sebelum, di saat, dan setelah pentas, tidak bisa digambarkan hanya dengan kata "menyenangkan". 


7. Profesi seniman bukan sekedar hobi, juga bukan sekedar mencari uang. Banyak yang memilih profesi ini karena ingin mendapatkan ketenangan, mengatasi emosi berlebih, mencari tujuan hidup, dan mendapatkan bagian paling terdalam di diri sendiri.


8. Kata siapa berada di grup teater itu berarti "berakting". Anda hanya perlu mencari apa bagian yang paling baik untuk diri Anda, dan bisa mengoptimalkan kemampuan Anda di dalam grup teater. Musisi bisa bermain musik, penari bisa bernyanyi, penyanyi bisa bernyanyi, penjahit bisa membuat kostum, atau desainer grafis bisa menata desain pentas, penyuka cahaya bisa memelajari penataan lampu, ahli instalasi listrik bisa mengurus urusan perkabelan, ahli manajemen bisa mengurus produksi pertunjukan, dan sebagainya. Apapun itu, lakukan dengan bersenang-senang.


9. Berada di grup teater, berarti Anda memiliki satu visi utama, yakni membuat sesuatu yang bisa menginspirasi orang lain. Harus seperti itu, karena penonton tidak membeli tiket untuk tertawa kosong, atau menangis tanpa makna. Mereka butuh katarsis, sesuatu yang bisa memberikan inspirasi, atau kalau bisa memberikan pencerahan.


Pementasan Neo Teater asal Bandung bertajuk Blood Wedding
Pementasan Neo Teater asal Bandung bertajuk Blood Wedding


10. Grup teater adalah tempat yang menjadi wadah bebas berekspresi. Apapun ide yang Anda punya, bicarakan dengan tim di dalam grup. Bisa jadi, semua ide yang masuk diolah oleh seorang sutradara yang jeli. Semua menjadi detail spektakel yang mengagumkan.


11. Grup teater juga memotivasi orang lain, dan bertugas untuk menyebarkan kebahagiaan. Lalu, apa yang mesti Anda lakukan pertama? Yah, Anda juga mesti termotivasi dan bahagia untuk melanjutkan karir Anda di sebuah grup teater. Apapun yang Anda lakukan, akan berpengaruh pada kemajuan grup teater Anda. Dan kemajuan grup teater Anda akan menjadi suatu nilai plus bagi Anda sendiri.


Ads