Introgasi Nalar#1: Trans-Estetika -->
close
Pojok Seni
09 September 2023, 9/09/2023 06:36:00 PM WIB
Terbaru 2023-09-09T18:26:52Z
Introgasi Nalar

Introgasi Nalar#1: Trans-Estetika

Advertisement

 


Pengantar Introgasi Nalar


Mulai tanggal 9/9/2023, Pojok Seni meluncurkan channel YouTube bertajuk Introgasi Nalar. Video ini merupakan bentuk lisan dari artikel-artikel yang sudah atau akan dibahas di website Pojok Seni.


Introgasi Nalar


Introgasi Nalar adalah salah satu saluran atau label di www.pojokseni.com, tapi satu-satunya yang berbentuk video. 


Postingan di Pojok Seni terbagi menjadi beberapa label, seperti Sastra, Teater, Ulasan, Musik, Budaya, Estetika, dan lain-lain. 


Introgasi Nalar merupakan salah satu bentuk transformasi kebiasaan Pojok Seni yang menyampaikan sesuatu lewat tulisan, menjadi via lisan. 


Introgasi merupakan bentuk tidak baku dari kata "Interogasi", yang berarti pemeriksaan ulang lewat pertanyaan-pertanyaan yang tersistem. Untuk menemukan sebuah kebenaran, kita memulainya dengan pertanyaan-pertanyaan. Maka selanjutnya, apa yang sudah dianggap sebagai kebenaran, tidak akan bersifat abadi dan paten. 


Kebenaran dan ilmu pengetahuan akan terus bergerak mengikuti perkembangan zaman. Karena itu, apa yang sudah dianggap sebagai sebuah kebenaran tunggal selama ini, perlu dipertanyakan ulang, diinterogasi hingga menemukan lebih banyak fakta-fakta baru.


Nalar menjadi alat untuk pencarian kebenaran. Nalar menjadi "sesuatu" yang menginterogasi, sekaligus diinterogasi. Semua bermula dari kebebasan (freedom) yang pondasinya adalah keinginan untuk bebas (freewill). 


Lewat kebebasan untuk bertanya semua hal, maka proses dialektika akan terjadi. Lewat dialektika, maka manusia tidak akan pernah puas dengan apa yang ia dapatkan hari ini. 


Maka, Introgasi Nalar menjadi titik perhentian, atau mungkin stasiun, atau terminal, untuk pengendapan (kontemplasi), tempat memikirkan ulang, dan kembali mempertanyakan.


Bila Anda merasa saluran YouTube Pojok Seni bertajuk Introgasi Nalar ini adalah hal yang berguna, mohon bantu kami dengan menyukai, memberikan komentar (baik itu masukan, saran, kritik, dan respon lainnya), dan juga subscribe. Bila ada request hal-hal terkait seni yang perlu dibahas dalam video, bisa tulis di kolom komentar di YouTube, atau kirim ke redaksi@pojokseni.com.

Ads