Kenduri Seni Nusantara 2023 - Bekasi: Daur Ulang - Daur Tinggi -->
close
Pojok Seni
03 September 2023, 9/03/2023 08:00:00 AM WIB
Terbaru 2023-09-03T01:00:00Z
eventSeni

Kenduri Seni Nusantara 2023 - Bekasi: Daur Ulang - Daur Tinggi

Advertisement
Kenduri Seni Nusantara 2023 Bekasi


Sebuah rangkaian pertunjukan tentang Bantargebang: keadaan, peluang, sudut pandang, kekuatan, ancaman dan harapan


Pojok Seni - Lingkungan TPST Bantargebang, Bekasi, merupakan wilayah yang menarik dan inspiratif bagi seniman, selebriti, kreator konten, pemerhati lingkungan hidup, pegiat sosial, mahasiswa dan barangkali banyak pihak lainnya. Faktor pertama penentu daya pikat lingkungan TPST Bantargebang tentu kehadiran dan visualisasi beberapa zona gunungan sampah (bulok) yang menjulang tinggi. Lingkungan ini kerap mengundang banyak pihak untuk melakukan kerja sosial, kegiatan seni dan lingkungan hidup.


Sudut pandang banyak pihak barangkali berbeda-beda dalam melihat Bantargebang. Bisa jadi juga banyak sudut pandang yang stereotip. Di balik dan sela-sela gunungan sampah itu, ada denyut kehidupan. Warga yang kebanyakan pendatang dari berbagai daerah yang berbeda, hidup berdampingan dengan tetap menjaga toleransi dan kerukunan. Mereka sudah mulai berdatangan sejak puluhan tahun yang lalu. Warga yang turun-temurun hidup di tiga desa yang terdampak TPST, berinteraksi dengan perubahan sosial dan alam. Warga berurusan dengan potensi ekonomi dari sampah yang turut menciptakan tantangan moral dan mental dalam praktiknya. Beberapa generasi muda di lingkungan TPST Bantargebang berupaya melakukan perubahan sosial dengan gerakan literasi, pelatihan seni dan keterampilan, pengolahan sampah menjadi produk yang lebih bernilai dan kegiatan Karang Taruna.


Kenduri Seni Nusantara 2023 Bekasi


Kenduri Seni Nusantara 2023 Bekasi, Daur Ulang - Daur Tinggi, merupakan sebuah rangkaian pertunjukan tentang Bantargebang: keadaan, peluang, sudut pandang, kekuatan, ancaman dan harapan. Kegiatan ini digelar pada tanggal 03 September 2023 Pkl. 19.30 WIB di Nemu Coffee & Sadulur Steam, Jl. Rawa Tengah RT 002/RW 03 Kel. Cikiwul Kec. Bantargebang Kota Bekasi. 


Kegiatan ini adalah sebuah upaya pengabaran dan pendalaman yang dikemas dalam pertunjukan teatrikal, drama, musik, pembacaan puisi, dongeng, talk-show, mural dan performance ritual. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Artery Performa, sebuah komunitas seni yang berbasis di Bekasi dengan dukungan pelaksanaan dari beberapa komunitas, seniman muda Bekasi dan unsur-unsur setempat, seperti Sanggar Noer Attaqwa, Ridwan Rau-Rau, 1985recycle, Nemu Coffee, Sadulur Steam, beberapa warga Ciketing Udik dan Sumur Batu serta Karang Taruna dan Pemerintah Setempat RT 02/RW 03 Kelurahan Cikiwul-Kecamatan Bantargebang,


Kenduri Seni Nusantara 2023 Bekasi, Daur Ulang - Daur Tinggi menampilkan 1985recycle, Agdg, Alycia Marsheila, Anam Nonako, Artery Performa, Bius, Cecep Rospeli, Chiko Agesto, Diwann Palisma, KPJ Bekasi, Musa, PSI Kota Bekasi, Rian Hamzah, Ridwan Rau-Rau, Sanggar Anak Kita SAKA, Sanggar Noer STAI Attaqwa, Yoki.


Tentang Kenduri Seni Nusantara 2023


Kenduri Seni Nusantara adalah perayaan ekspresi budaya masyarakat Indonesia yang berakar pada nilai komitmen kesatuan kebangsaan dan diikat oleh semangat solidaritas melalui semangat gotong royong. Kegiatan ini akan diselenggarakan dalam rangkaian 2 (dua) bentuk kegiatan sebagai berikut:


  1. Workshop Penggerak Seni Budaya Nusantara adalah pelatihan bagi calon penggerak seni budaya Indonesia yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka akan diajak memperdalam penghayatan komitmen bersama sebagai satu bangsa, meneguhkan nilai solidaritas/ kesetiakawananan, kesatuan dalam keragaman, dan sikap anti korupsi. Workshop ini akan menjadi ruang untuk mengkaji bersama dan mengejawantahkan nilai-nilai tersebut dalam suatu pelatihan dan praktik kesenian (penciptaan kolaboratif dan tata kelola seni).
  2. Fasilitasi Produksi Pertunjukan, setelah workshop, peserta difasilitasi untuk melaksanakan produksi pentas seni di daerah masing-masing, dengan semangat meluaskan jaringan serta membangun komitmen yang lebih luas pada nilai-nilai solidaritas/ kesetiakawananan, kesatuan dalam keragaman, dan praktik anti-korupsi di masyarakat.


Ads