Di mana Kuliah Fashion Desainer di Indonesia? -->
close
Pojok Seni
09 September 2023, 9/09/2023 08:00:00 AM WIB
Terbaru 2023-09-09T01:00:00Z
RekomendasiUlasan

Di mana Kuliah Fashion Desainer di Indonesia?

Advertisement
Tempat Kuliah Fashion Designer
Tempat Kuliah Fashion Designer


Pojok Seni - Sama seperti kebanyakan profesi langka, profesi sebagai fashion desainer di Indonesia termasuk bukan pilihan favorit. Selain itu, masih banyak juga siswa SMA yang tamat sekolah, bingung ingin melanjutkan ke universitas mana ia harus kuliah bila ingin menjadi fashion desainer.


Di beberapa sekolah tinggi seni, misalnya seperti IKJ Jakarta, ISBI Bandung, ISI Surakarta, ISI Yogyakarta, ISI Denpasar, dan beberapa kampus seni lainnya, ada jurusan tata busana. Jurusan ini yang dikira oleh banyak siswa sebagai jurusan untuk fashion desainer.


Salah kaprah lainnya adalah, banyak orang tua yang mengira fashion desainer itu adalah penjahit. Maka, anaknya dikursuskan menjahit di Balai Latihan Kerja (BLK) untuk kemudian diproyeksikan menjadi fashion desainer.


Faktanya bukan seperti itu. Penjahit, fashion desainer, dan tata busana adalah hal yang sangat berbeda. Bisa saja suatu hari seseorang yang mengambil kursus menjahit, atau kuliah di jurusan tata busana, menjadi seorang desainer. Namun kebanyakan menjadi desainer garmen, walaupun sebenarnya memiliki banyak kemiripan dengan desainer fesyen. 


Perbedaan Desainer Fesyen, Tata Busana, dan Penjahit


Bila Anda mengambil kuliah jurusan tata busana, maka Anda akan diminta untuk memproduksi pakaian yang ditujukan untuk keperluan tertentu. Bisa jadi untuk pementasan teater, tari, atau keperluan lainnya. 


Maka, penata busana memiliki kemampuan menjahit, menyulam, memotong kain, dan memadu padankan outfit tertentu. Sedangkan desainer fesyen adalah pencipta jenis pakaian baru, pengembangan merek, desain pakaian dengan mengandalkan kreativitas dan inovasi.


Penjahit berbeda lagi dengan keduanya. Penjahit akan membuat pakaian mengikuti pola yang sudah dibuat oleh desainer. Memang penjahit akan membuat sebuah pakaian, tapi tidak dituntut untuk berinovasi, berkreasi, atau menciptakan jenis pakaian terbaru.


Di mana Kuliah Jurusan Fashion Design?


Anda mungkin bisa menemukan banyak jurusan fashion design di luar negeri. Tapi pertanyaannya, di Indonesia, di mana perguruan tinggi yang membuka jurusan fashion design? Berikut beberapa rekomendasi untuk Anda.


Sekolah Tinggi Desain Indonesia Bandung


Sekolah Tinggi Desain Indonesia (STDI) yang berada di Bandung ini terhitung kampus baru. Kampus ini baru berdiri pada tahun 2009 lalu. Selain fashion designer, ada beberapa jurusan terkait fashion yang ada di kampus ini, mulai dari fashion editor, fashion comunicatord and promotion, fashion stylist, hingga penata busana (costum designer).


Kampus ini terletak di Jalan Wastu Kencana no. 52, Kota Bandung. Saat ini, kampus ini terakreditasi "Baik Sekali" dan telah meluluskan banyak sarjana di bidang fashion yang kreatif dan inovatif.


Bina Nusantara (Binus) Jakarta


Jurusan fashion desain di Binus dikenal memiliki jaringan yang sangat baik. Bahkan bekerja sama dengan universitas yang memiliki jurusan fashion di luar negeri. Karena bekerjasama dengan Northumbria University (Inggris), jurusan fashion di Binus disebut sebagai Binus Northumbria School of Design (BNSD).


Belajar di sini akan dibekali dengan sejumlah kemampuan yang diperlukan fashion desainer, dengan fakultas yang mumpuni. Anda juga akan bertemu dengan ruang eksperimen tekstil, dan fasilitas lainnya. Kampus ini terletak di Jakarta Barat.


Istituto di Moda Burgo Indonesia


Di Istituto di Moda Burgo, Anda akan belajar menjadi fashion desainer dan sejumlah profesi di bidang fashion lainnya menggunakan kurikulum Italia. Di sekolah mode satu ini, ada program diploma, akseslerasi, satu tahun, dan magister.


Kampus satu ini bekerja sama dengan Istituto di Moda Burgo yang berada di Kota Milan. Didirikan oleh Fernando Burgo, seorang veteran di bidang mode. 


Kampusnya terletak di Plaza Tower, Kompleks Plaza Indonesia, Jakarta Pusat.


LaSalle College


Bila kampus sebelumnya berjejaring dengan Italia, maka LaSalle College ini berjejaring dengan Kanada. Ada program diploma yang ditawarkan, juga program internasional bersertifikat yang bisa Anda ambil di LaSalle.


Kampus ini terletak di Sahid Office Boutique unit D - F, Komplek Hotel Sahid Jaya, Jalan Jendral Sudirman, Kav. 86, Jakarta Pusat.


Nah, dari beberapa kampus di atas, mana yang ingin Anda coba? Semoga akan lahir lagi fashion desainer dengan karya-karya yang memukau di Indonesia.

Ads