Apa Microphone Terbaik yang Digunakan Vokalis Saat Manggung? -->
close
Pojok Seni
08 September 2023, 9/08/2023 08:00:00 AM WIB
Terbaru 2023-09-08T01:00:00Z
MusikUlasan

Apa Microphone Terbaik yang Digunakan Vokalis Saat Manggung?

Advertisement
Apa Microphone Terbaik yang Digunakan Vokalis Saat Manggung?
Apa Microphone Terbaik yang Digunakan Vokalis Saat Manggung?


Pojok Seni - Kita sering bergurau, bila gitaris datang membawa gitar, dan bassist datang membawa bass, maka drummer akan membawa stik dan perlengkapan drum yang khusus; misalnya snare atau cymbal. Sedangkan vokalis cuma bawa badan saja.


Namun untuk band yang sudah profesional, apakah benar vokalis hanya datang bawa badan saja? Apakah berarti vokalis datang ke panggung hanya mengandalkan microphone milik panitia?


Tentunya tidak. Untuk memastikan suaranya bisa lebih jernih maka vokalis akan memilih mic yang paling tepat. Seperti gitar bagi gitaris, mic adalah senjata tempur yang dimiliki oleh seorang vokalis.


Jadi, bila Anda adalah tipe vokalis yang selalu mengandalkan mic panitia, maka Anda mesti terus bersiap dengan segala kemungkinan terburuk dari mic tersebut. Ada kemungkinan suara tidak keluar, ribut, dan sebagainya.


Jenis-jenis Microphone 


1. Berdasar Jenisnya


Microphone Dynamic


Ini adalah pengeras suara yang paling sering ditemukan. Microphone ini dikonstruksi sederhana, jadi lebih kuat. Harganya juga cukup terjangkau, dan tidak memerlukan catu daya.


Tentunya, bukan jenis microphone ini yang digunakan oleh seorang penyanyi profesional untuk recording. Bahkan, musisi amatir juga mulai menghindari jenis microphone ini untuk recording.


Meski demikian, ada beberapa microphone dynamic yang juga digunakan oleh profesional bahkan untuk recording. Biasanya, microphone dynamic dengan kualitas suara yang mumpuni ini dijual dengan harga yang tinggi.


Microphone Condenser


Microphone ini merupakan microphone yang memiliki sensitivitas yang sangat baik, di semua frekuensi suara. Microphone ini harus dibekali catu daya, serta mesti menggunakan semacam "shield" untuk rekaman. Penyebabnya, karena sensitivitasnya yang tinggi, menyebabkan microphone condenser jadi sangat lemah terhadap getaran struktural.


Meski menjadi salah satu microphone yang paling tepat untuk recording. Tapi, karena begitu sensitif, microphone condenser sering bermasalah ketika harus mengambil rekaman suara yang volumenya sangat keras.


2. Berdasar Arah Tangkapan Suara


Lihat gambar di bawah ini. Terlihat bahwa lingkaran berwarna biru itu adalah wilayah penangkapan suara dari microphone. Dengan mengetahui arah tangkapan suara, tentunya Anda bisa memaksimalkan suara yang ingin dihasilkan.


Microphone Unidirectional (microphone cardioid)


Pertama ada microphone cardioid (pola jantung). Disebut demikian karena pola penangkapan suaranya satu arah dan bentuknya di diagram derajat menjadi seperti hati. Microphone satu ini paling sering digunakan oleh vokalis, juga untuk perekaman instrumen.


Microphone Bidirectional


Microphone bidirectional ini sangat jarang digunakan untuk rekaman. Sebab, arah penangkapan suara mic satu ini berasal dari depan dan belakang sekaligus. Dulunya, mic satu ini digunakan untuk wawancara, terutama di radio.


Microphone Omnidirectional


Microphone jenis ini menangkap suara dari segala arah. Biasanya, mic satu ini akan digunakan di atas panggung dan hanya satu mic untuk menangkap semua suara di atas panggung itu. Karena itu, pertunjukan teater, paduan suara, dan banyak alat musik (yang suaranya harus dikeraskan dengan mic) akan menggunakan mic satu ini.


Merek Microphone Paling Terkenal


Ada beberapa merek mic yang sering digunakan vokalis dan penyanyi kaliber dunia. Salah satu merek mic yang paling terkenal adalah Sennheiser. Nama-nama diva dunia, vokalis band kenamaan dunia, serta beberapa penyanyi profesional menggunakan brand mic Sennheiser untuk mendapatkan hasil terbaik saat bernyanyi.


Microphone Untuk Rekaman Rumahan


Untuk microphone semi-profesional, rekaman rumahan, dan pertunjukan live skala kecil, salah satu mic paling pas digunakan adalah Sennheiser SKM 8000. Mic satu ini ditujukan untuk mengeluarkan suara yang jernih, sekaligus bertenaga.


Sennheiser SKM 8000
Sennheiser SKM 8000


Microphone untuk Live Show


Microphone yang paling sering ditemukan digunakan untuk live show dengan kualitas suara yang mumpuni adalah Microphone Wireless Sennheiser SKM MKII 9000.


Sennheisser M9000
Sennheisser M9000


Beberapa diva Indonesia misalnya, menggunakan jenis Microphone Wireless Sennheiser SKM 9000 yang berwarna gold.  Microphone jenis ini mampu menghadirkan suara yang jernih, bertenaga, dan halus ketika diberi reverb.


Sennheisser 9000 Gold
Sennheisser 9000 Gold



Selain itu, microphone dari Sennheiser yang juga kerap digunakan untuk live show adalah SKM 5300. Mic satu ini adalah pilihan untuk vokalis yang bersuara merdu, agar tetap menghasilkan suara yang jelas dan jernih di speaker.


Microphone Sennheisser SKM 5300
Microphone Wireless Sennheiser SKM 5300



Itu tadi pembahasan tentang microphone, juga beberapa rekomendasi produk yang bisa Anda pertimbangkan untuk menjadi pilihan jitu. Produk ini bisa Anda beli di sejumlah marketplace, atau klik link yang disediakan di bawah gambar.



Ads