Sanggar Bapontar Jakarta, Zaitun Voice, dan Pengembangan Budaya -->
close
Pojok Seni
27 August 2023, 8/27/2023 08:00:00 AM WIB
Terbaru 2023-08-27T01:00:00Z
Profil

Sanggar Bapontar Jakarta, Zaitun Voice, dan Pengembangan Budaya

Advertisement
Sanggar Bapontar Jakarta



Pojok Seni - Sanggar Bapontar Jakarta adalah sanggar yang telah lama lahir dan selalu menyuguhkan berbagai seni, ketika mereka tampil dalam berbagai acara di Jakarta dan sekitarnya. Hal itu tentu menjadi sebuah catatan penting dalam upaya pengembangan budaya berbasis budaya Minahasa. 


Sanggar yang berkedudukan di Jakarta ini digawangi oleh Ibu Beiby Sumanti, yang dalam kurun 20 tahun terakhir telah berupaya untuk ‘mempertahankan’, mengembangkan serta melestarikan budaya Minahasa. Tak hanya tari kawasaran, tari maengket, tari-tarian bernuansa budaya Minahasa, namun juga musik kolintang, senantiasa dijaga oleh Ibu Bei selama bertahun-tahun. Bahkan Sanggar Bapontar Jakarta, telah beberapa kali mendapatkan anugerah kebudayaan dari berbagai lembaga swasta, maupun badan penghubung Sulawesi Utara yang berkedudukan di Jakarta.

 

Bukan hanya itu, Sanggar Bapontar, melalui Managing Directornya, Master Andre Yafet Sumual, telah menorehkan beberapa Rekor MURI. Itu tercatat rapih dan apik di Sanggar Bapontar. 


Terbaru dari data yang diperoleh, Sanggar Bapontar turut andil dalam pendukungan dua grup seni dari Minahasa-Sulawesi Utara yang mengikuti ajang Indonesias Got Talent 2023. Dua grup seni ini adalah Major 9, yang digawangi oleh Disi Legoh, Ivan Sondakh, dkk., yang pada akhirnya telah menahbiskan mereka menjadi juara 3 dalam ajang tersebut. 


Sementara grup kedua yang mendapatkan pendukungan dari Sanggar Bapontar adalah Zaitun Voice Bitung-Sulawesi Utara, yang mengusung budaya musik Masamper dalam ajang tersebut. 


Grup Zaitun Voice memang sampai pada tahap semifinal, namun sesuatu yang unik telah ditorehkan oleh mereka, karena mereka telah dua kali menjadi trending topik di semua lini masa di seantero Indonesia. Karena keunikan grup ini dan menjadi trending topik, mereka akhirnya langsung masuk ke dapur rekaman Sanggar Bapontar Jakarta. 


Lirik lagu Bapontar


Bapontar 

Orang Manado suka bapontar,.

Kasana kamari baku antaaarr

Biar kalah nasi mar jang kalah aksi

Susah sanang yg penting asiik,..

Qt bukan kaki gatal

Mar suka bapontar kalo ka jakarta jgn lupa singgah di sanggar bapontar,..

Bapontar,.bapontar sanggar bapontar slalu jadi kebanggaan.


Lagu ini bisa diakses di platform Youtube: 


Atau bisa juga dilihat di sini: Sanggar Bapontar


Adapun Project Art ini, diproduseri oleh Founders Sanggar Bapontar Jakarta, Beiby Luana Sumanti, dengan Komposer, Riedel Sevenly Paulus Sagai, Produser, Andre Yafet Sumual. Selain itu, lagu ini dibawakan dengan nuansa Masamper, namun sebagai introduksi lagu menggunakan alat musik kolintang melodi, yang dimainkan oleh Master Andre Yafet Sumual, yang juga adalah produser. 


Riedel, sang komposer menegaskan bahwa ini adalah tindak lanjut dari upaya kami untuk mengedepankan unsur budaya Masamper yang jika bisa itu dijadikan way of life kami di Minahasa, atau di basis-basis yang memiliki kelekatan dengan budaya Masamper tersebut, semisal Bitung, atau tempat-tempat lainnya di Sulawesi Utara.


Akhirnya karya ini merupakan karya anak bangsa, yang pertama-tama membanggakan budayanya, namun juga, telah berdampak bagi seluruh masyarakat Indonesia, bahwa inilah kami, inilah Masamper, inilah Indonesia. Salam Budaya, Salam Masamper.*

Ads