Taman Indonesia Kaya Semarang: Panggung Budaya dan Ruang Publik Terbuka untuk Seni Pertunjukan -->
close
Pojok Seni
28 July 2023, 7/28/2023 12:45:00 PM WIB
Terbaru 2023-07-28T05:45:14Z
Ulasan

Taman Indonesia Kaya Semarang: Panggung Budaya dan Ruang Publik Terbuka untuk Seni Pertunjukan

Advertisement
Panggung teater di Taman Indonesia Kaya Semarang

Pojok Seni - Sejak akhir tahun 2018 lalu, seni pertunjukan Indonesia, khususnya di Jawa Tengah, mendapatkan ruang baru untuk menggelar pertunjukan. Taman Indonesia Kaya, yang sebelumnya bernama Taman Menteri Soepeno terletak di Mugassari, Kota Semarang, Jawa Tengah telah memiliki panggung teater dengan fasilitas komplet, desain futuristik, serta daya tampung penonton mencapai 1.000 orang. Taman ini telah diubah menjadi sebuah ruang publik, dengan fasilitas panggung seni pertunjukan, kemudian taman ini juga dinamakan ulang menjadi Taman Indonesia Kaya.


Pembangunan dan penambahan fasilitas untuk seni pertunjukan ini dapat dilakukan berkat kerjasama antara Bakti Budaya Djarum Foundation dengan Pemerintah Kota Semarang. Sebelumnya, Bakti Budaya Djarum Foundation mendirikan Galeri Indonesia Kaya di Jakarta, yang telah menjadi rumah bagi banyak pementasan dan pertunjukan seni. Tidak hanya itu, galeri tersebut juga menjadi satu-satunya ruang publik di Indonesia yang menggunakan digital multimedia dalam memperkenalkan kebudayaan seluruh Indonesia ke publik umum.


Panggung teater di Taman Indonesia Kaya Semarang


Hal itu juga yang diharapkan bisa dicapai oleh Taman Indonesia Kaya Semarang. Taman Indonesia Kaya yang terletak di jalan Menteri Supeno, Mugassari, Semarang ini sebelumnya adalah taman Menteri Supeno atau sering disebut sebagai taman KB. Tempat ini memang sering menjadi tempat nongkrong, dan perkumpulan anak-anak muda Semarang.


Disebut Taman KB karena ada patung ibu dengan dua anak yang berada di taman ini menjadi ikon taman. Perubahan dan pemugaran taman mengubah desain taman menjadi lebih "futuristik". Bagaimana dengan patung KB-nya? Ternyata tetap dipertahankan, hanya saja tampilannya akan mengikuti desain Taman Indonesia Kaya saat ini.


Jadi, apakah grup Anda punya garapan yang ingin coba ditawarkan ke publik Semarang? Tentunya panggung teater di Taman Indonesia Kaya ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda. Perlu dicatat juga, bahwa untuk menggunakan panggung ini, Anda tidak dikenai biaya. Namun, karena ada banyak grup yang juga ingin menggunakannya, maka ada proses surat-menyurat yang mungkin perlu dilakukan.


Terpenting, ketika Anda berkunjung ke Semarang, maka lokasi Taman Indonesia Kaya menjadi salah satu tempat yang wajib untuk Anda kunjungi. Akan lebih baik bila kebetulan waktu Anda datang itu di akhir pekan, karena kemungkinan akan ada pertunjukan yang digelar di taman ini. 


Pentas Pertama di Taman Indonesia Kaya


panggung teater
Panggung teater di Taman indonesia Kaya

Pementasan paling pertama yang digelar di Taman Indonesia Kaya, Kota Semarang adalah pentas teater berjudul Misteri Sang Pangeran karya/sutradara Agus Noor. Pertunjukan dengan bentuk teater rakyat yang diolah dengan pendekatan modern.


Pertunjukan ini diperankan oleh Butet Kertaredjasa, Cak Lontong, Akbar, Marwoto, Susilo Nugroho, Sruti Respati, Sahita, Hargi Sundari, Novi Kalur, Prie GS, Rio Srundeng dan sejumlah komunitas seni di Semarang. Beberapa di antara komunitas seni tersebut antara lain Semarang Magic Community, Sanggar Greget Semarang, Jagoan Jagoan Jateng, Teater Djarum, dan Kuaetnika.


Pertunjukan itu digelar pada akhir Oktober 2018, yang membuka sejumlah peristiwa budaya lainnya di tahun 2019. Tentunya, sangat disayangkan sekali dua tahun setelahnya (2020 - 2021) Indonesia diterpa oleh pandemi Covid-19 yang melumpuhkan berbagai sektor. Namun, di tahun 2022, sejumlah kegiatan kesenian mulai bangkit kembali dan tahun 2023 ini sejumlah pertunjukan dijadwalkan kan kembali hadir di Taman Indonesia Kaya, Kota Semarang.

Ads