Dopi: Sebuah Refleksi Mengenal Diri -->
close
Pojok Seni
14 July 2023, 7/14/2023 04:24:00 AM WIB
Terbaru 2023-07-15T18:38:04Z
ArtikelUlasan

Dopi: Sebuah Refleksi Mengenal Diri

Advertisement

Oleh: Zaeni Boli

Pojokseni - Adonara salah satu pulau  yang ada di Kabupaten Flores Timur dengan sejarah  panjang tentang nilai nilai kemanusiaan yang mesti dipahami  lebih dalam tak hanya melihatnya dari segi dan nilai yang keras yang kadang nampak dari keseharian. Iklim  geografis  dan warisan kekerasan  dimasa lalu terwariskan hingga  kini.

 

Hal yang mungkin dipandang buruk dari sudut pandang hari ini , namun jika dipahami  lebih dalam bahwa mempertahankan tanah adalah mempertahankan harga diri. Adonara, Adodarah atau tumpah darah. Pada masa lalu yang jauh Tarian Hedung sebagai tarian perang adalah tarian demi menyambut  para pahlawan perang yang datang ke kampung dengan membawa kepala  musuh yang kalah. 


Sutradara  Novrijal mencoba mengangkatnya ke dalam sebuah pementasan sebagai refleksi bersama, apakah kekerasan di tanah Adonara masih diperlukan, sekali lagi panggung  pertunjukan  tidak ingin terburu buru untuk menjadi nabi bagi persoalan  kehidupan  pada realitas  kehidupan  hanya sebagai refleksi ruang berpikir bersama. Bahwa kita sejati bersaudara  dan tak segala masalah  mesti diatasi dengan kekerasan. 



Malam yang dingin di Desa Lamahala Jaya di atas panggung Balik Bersua 2 jumat 17 Juli 2023 mengajak kita merenungi  dan meresapi diri kemana arah tujuan hidup ini apakah nilai nilai masa lalu  mesti kita jalani dengan segala ketaatan  buta atau meninggalkan  seutuhnya dan memulai yang baru , atau apakah kah kita mampu menyaring segala kebaikan untuk membangun peradaban yang lebih dinamis dan kekeluargaan menjauhkan diri dari kekerasan yang tak perlu. Dopi (perisai) adalah refleksi kita melihat realitas  kini yang tak semata mengedepankan kekerasan atau ketamakan. 


Pertunjukan Teater dengan Lakon Dopi ini dimainkan oleh anak anak HIMLA Lombok (Himpunan mahasiswa Lamaholot) yang bersekolah di Lombok Nusa Tenggara Barat dalam agenda acara mereka Balik Bersua 2 yang diadakan dua tahun sekali.

Ads