Potongan Ayam yang Cocok untuk Opor hingga Barbeque -->
close
Pojok Seni
18 April 2023, 4/18/2023 12:58:00 PM WIB
Terbaru 2023-04-26T06:22:13Z
NarasiOpini

Potongan Ayam yang Cocok untuk Opor hingga Barbeque

Advertisement
Potongan ayam untuk opor
Ilustrasi potongan ayam (sumber foto: Pexel.com)

Pojok Seni - Tahukah kamu kalau potongan ayam punya pengaruh yang besar terhadap kelezatan makanan? Dulu aku mengira kalau semua bagian ayam bisa dimasak dalam resep apa saja, tapi ternyata kalau potongannya tepat rasa masakan jadi lebih lezat.


Baik itu saat memasak resep opor ayam putih atau kuning dengan santan kental, resep ayam katsu atau karage bahkan barbeque. Kamu yang baru belajar memasak bisa mempelajari potongan-potongan ini sehingga tidak salah lagi saat memasak. 


Pilihan Potongan Ayam sesuai dengan Masakannya  


Biasanya aku langsung membeli ayam yang sudah dipotong sesuai bagian yang aku inginkan. Karena aku tidak terlalu ahli dalam memotong ayam utuh, apalagi membuatnya menjadi potongan fillet. 


Tapi setidaknya aku tahu apa saja potongan yang cocok untuk jenis masakan tertentu. Kamu yang belum tahu jenis potongan yang tepat, bisa mengikuti beberapa pilihan yang biasa aku lakukan berikut ini. 


1. Opor Ayam


Khusus opor aku selalu memilih bagian paha bawah ayam yang memiliki tulang besar dan kandungan lemak cukup tinggi. Kedua hal inilah yang bisa membuat masakan opor jadi semakin gurih ketika dimasak bersama santan. 

Lebih baik lagi jika memilih paha bawah dari ayam kampung yang bisa menciptakan masakan lebih sehat. Meskipun tulangnya besar bagian ini juga punya daging yang tidak kalah banyak dengan dada ayam. 


2. Ayam Goreng Saus Korea 


Masakan yang cukup tren saat ini lebih cocok menggunakan potongan sayap ayam. Baik itu sayap yang nantinya digoreng langsung atau diberikan tepung sebelumnya baru diberikan saus pedas ala Korea. 


Potongan sayap menurutku lebih cepat matang ketika digoreng. Hanya perlu waktu 8 sampai 10 menit untuk menggorengnya agar matang sampai bagian dalam. Bagian kulitnya juga krispi jadi sangat cocok jika diberikan saus pedas Korea. 


3. Chicken Katsu 


Aku selalu menggunakan potongan bagian dada yang lemaknya sedikit. Selain itu karena berupa daging utuh, dada ayam lebih mudah untuk diiris tipis. Karena dalam masakan ini ayam akan dibalut dengan tepung terigu, telur dan tepung roti yang membuatnya semakin tebal. 


Chicken katsu tidak boleh digoreng terlalu lama dalam api besar karena lapisan tepung panir akan mudah gosong. Maka dari itu aku memilih dada ayam yang lebih cepat matang. 


4. Barbeque 


Ayam barbeque adalah masakan yang paling aku sukai. Untuk masakan ini aku pasti menggunakan dada ayam. Sebelumnya daging diiris agar ketebalannya medium dan dimarinasi dengan bumbu barbeque. 


Potongan ini aku pilih karena bisa meresap bumbu marinasi lebih cepat daripada ayam dengan tulang. Selain itu proses memasaknya juga cepat, hanya perlu 12 hingga 15 menit saja. 


Untuk memenuhi kebutuhan stok ayam di rumah aku selalu memesan menggunakan Aplikasi Kingkong, yakni KingKong Meats. Kenapa KingKong Meats? Karena di sini aku bisa langsung membeli ayam yang sudah dipotong dan juga kondisi frozen, jadi bisa disimpan dulu di lemari es. 


Aku bisa langsung membeli ayam bagian sayap, paha fillet, dada ayam fillet, paha ayam utuh dan masih banyak lagi. Menariknya lagi, produk ayam yang ditawarkan sudah disimpan beku memanfaatkan teknologi Air Blast Freezer yang bisa menjaga nutrisi dan kualitas ayam. 


Cukup dengan sekali pesan, aku hanya perlu menunggu di rumah dan produk langsung diantar. Kamu yang membutuhkan berbagai potongan ayam bisa langsung memesan di KingKong Meats seperti yang biasa aku lakukan. Saat ini area pengantaran sudah mencakup Jakarta, Tangerang, Depok, Bogor dan juga Bekasi lho. Yuk pesan sekarang!

Ads