Pentas Nara Teater Larantuka: Pulang ke Pelukan Sejarah -->
close
Pojok Seni
12 April 2023, 4/12/2023 09:53:00 AM WIB
Terbaru 2023-04-12T02:54:20Z
Artikel

Pentas Nara Teater Larantuka: Pulang ke Pelukan Sejarah

Advertisement
Pentas Nara Teater
Pentas Nara Teater (foto: Nara Teater)

Oleh : Moh Zaini Ratuloli


Dengan mengangkat tema sejarah, Nara Teater mencoba mempersembahkan yang terbaik dalam penampilannya di even Festival Bale Nagi 2023 hari pertama, 11 April 2023 di Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).


Denyut Teater di Larantuka memang tidak seperti kota-kota besar di Indonesia. Larantuka tidak memiliki tempat yang benar-benar layak untuk sebuah pertunjukan teater. Wajar di setiap penampilan, seringkali terkendala hal hal teknis. Meski demikian, semangat  para penggiat teater menjadi nyala bagi api persembahan seni. 


Seperti yang dilakonkan Nara Teater kali ini, Nara Teater  membawakan  pertunjukan karya/sutradara  Silvester  Petara Hurit. Dalam kisah tersebut, grup ini mencoba mengangkat nilai-nilai sejarah yang telah banyak terlupakan. Sejarah adalah identitas bagi sebuah kota, namun jika sejarah tak lagi dikenal oleh generasi hari ini, apa yang bisa diharapkan? 


Lewat momen Festival Bale Nagi yang berarti dalam bahasa Melayu Larantuka "kembali ke Nagi", Nara Teater  mengajak sekaligus mempertanyakan  arti pulang . " Pulanglah sebelum kotamu asing dalam Teks Pulang. 


Pentas teater Nara Larantuka
Pentas Nara Teater (foto: Nara Teater Larantuka)

Larantuka adalah kota tua yang terletak di pinggir pantai. Kota ini memiliki tradisi religius yang menjadikannya memiliki keunikan. Semana Santa yang telah berusia 5 abad berada di Larantuka. Larantuka juga telah memiliki nilai-nilai budaya yang jauh lebih tua sejarahnya dari bangunan tersebut. Orang-orang Lamaholot (panggilan untuk masyarakat Flores Timur) adalah orang-orang yang sejatinya saling bersaudara.


Terlalu banyak kisah menarik yang ada di kota tua Larantuka. Namun, apakah generasi muda Larantuka mengetahuinya? Karena itulah teater hari ini hadir untuk mengingatkan hal tersebut.


Nara teater datang dengan pertunjukan berdurasi 20 menit lebih. Pertunjukan tersebut menuntaskan dahaga para pecinta teater yang telah lama menunggu hadirnya pertunjukan teater yang maksimal di tengah keterbatasan.


Susunan  Tim Produksi Pulang Nara Teater 


Sutradara  : Silvester Petara  

Pemain : Jhon Da Silva , Veronika  Ratumakin  , Rien Wali , Beatrik  A, Martin Kabellen,  Hero Maran , Zaeni Boli 

Penata Musik : Hani Balun 

Dokumentasi  : Joe Wain , Engki Rebon 

Ads