Kirimkan Naskah Teater Anda ke International Radio Playwriting Competition 2023 oleh BBC London dan British Council -->
close
Pojok Seni
03 February 2023, 2/03/2023 08:00:00 AM WIB
Terbaru 2023-02-03T01:00:00Z
eventSastra

Kirimkan Naskah Teater Anda ke International Radio Playwriting Competition 2023 oleh BBC London dan British Council

Advertisement
Kompetisi Naskah teater radio BBC

Pojok Seni - Undangan terbuka untuk semua penulis naskah teater di seluruh dunia yang tinggal di luar Inggris. Sejak Oktober lalu, hingga paling lambat tanggal 12 Februari 2023 mendatang, BBC World Service dan British Council menawarkan kesempatan untuk penulis naskah agar bisa membuat naskahnya didengar ke seluruh dunia lewat jaringan radio BBC.


Ini kesempatan besar, terutama untuk penulis asal negara yang menjadikan Bahasa Inggris BUKAN sebagai bahasa pertama (seperti Indonesia). Dan, lebih menariknya, Anda tidak "dibebani" dengan tema apapun, dengan kata lain, silahkan menulis apapun yang Anda suka, selama durasinya sekitar 53 menit. 


Selain itu, naskah drama yang diterima akan dibagi dalam dua kategori yakni:


  • Bahasa Inggris sebagai bahasa pertama
  • Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua 


Dan masing-masing kategori memiliki juara 1 dan 2. Juara 1 akan mendapatkan hadiah uang tunai £2.500 (sekitar Rp45 juta), serta undangan untuk datang ke London menghadiri upacara penyerahan hadiah, serta melihat langsung proses perekaman naskah tersebut menjadi sebuah drama radio. Hal ini berlaku untuk kedua kategori.


Juara 2 atau runner-up akan mendapatkan Georgi Markov award, sebuah penghargaan yang diberikan untuk menghormati Georgi Markov, seorang jurnalis juga penulis dari BBC Wordl Service yang meningga di tahun 1978 silam.


Perlu dicatat, bahwa kompetisi ini adalah kompetisi rutin yang digelar oleh BBC, sebelum sempat terhenti di tahun 2019/2020 disebabkan adanya pandemi Covid-19 lalu.


Setidaknya, sudah ada penulis dari 104 negara yang mengikuti kompetisi ini, dan pemenang berasal dari berbagai negara seperti Afrika Selatan, Nigeria, Arab Saudi, Kolombia, hingga Trinidad & Tobago. Dari Indonesia belum, apakah Anda?


Juga perlu diketahui, ada sejumlah penulis yang sudah menjadi penulis lakon profesional, juga memiliki karya yang diperhitungkan di dunia setelah mengikuti kompetisi ini. Sebut saja nama-nama seperti Virginia Jekanyika asal Zimbabwe, Bode Asiyanbi asal Nigeria, dan sejumlah penulis lainnya yang telah mendapatkan karir terbaik sebagai penulis cerita.


Apakah Anda tertarik untuk ikut? Silahkan lakukan pendaftaran lewat pranala ini untuk mengikuti kompetisi ini:


 https://theatreanddance.britishcouncil.org/blog/2022/internationalradioplaywriting2023/


Batas waktu pendaftaran terakhir: 12 Februari 2023

Ads