Setelah FTS dan Kaba Festival, KSNT Bawa “Healing Hilang: Dari Semak Ke Belukar” Festival Pamenan -->
close
Pojok Seni
06 November 2022, 11/06/2022 03:04:00 AM WIB
Terbaru 2022-11-05T20:04:04Z
eventteater

Setelah FTS dan Kaba Festival, KSNT Bawa “Healing Hilang: Dari Semak Ke Belukar” Festival Pamenan

Advertisement


Pojok Seni/Sumatera Barat - Kaba Festival  2022 telah sukses digelar pada tanggal 1 - 3 November 2022 lalu di Gedung Manti Menuik Ladang Tari Nan Jombang, Balai Baru, Padang. Agenda ini adalah agenda tahunan yang rutin diadakan oleh Nan Jombang  Dance Company di setiap bulan November dengan mengedepankan semangat berproses pada komunitas-komunitas seni dan menjalin silaturahmi. Dalam festival ini, Komunitas Seni Nan Tumpah (KSNT) akan mementaskan pertunjukan teater yang bertajuk Healing Hilang: Dari Semak Ke Belukar. Direktur KSNT, Fajry Chaniago menerangkan, selain ditampilkan di acara tersebut, pertunjukan Healing Hilang: Dari Semak Ke Belukar ini juga akan dibawakan lagi pada rangkaian acara Festival Pamenan di Istano Silinduang Bulan, Pagaruyung, Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat.


"Sebelumnya pertunjukan yang bertajuk Healing Hilang: Dari Semak Ke Belukar ini ditampilkan pada Festival Teater Sumatera #2 di Palembang dengan menuai banyak apresiasi pujian dari para penonton, kali ini dengan semangat yang lebih dari pada sebelumnya, KSNT juga mementaskan lagi Healing Hilang: Dari Semak Ke Belukar di Gedung Manti Menuik Ladang Tari Nan Jombang pada rangkaian acara Kaba Festival 2022, berikutnya ke Festival Pamenan di Pagaruyung," jelas Fajry.


“Secara konsep, pertunjukan Healing Hilang: Dari Semak Ke Belukar ini tidak  akan jauh berbeda dari pada pertunjukan yang telah dibawakan sebelumnya di Palembang. Namun demikian, ada beberapa hal-hal detail yang tidak sempat dimaksimalkan sebelumnya akan lebih diperkuat lagi. Secara  umum pertunjukan ini bercerita tentang permainan yang buruk dari orang-orang yang menderita gangguan mental pascatrauma. Sekumpulan orang-orang irasional dalam kurungan pandemi berkepanjangan, bullying, kekerasan seksual, beban sosial ekonomi, dan penyakit lain di sekitarnya. Orang-orang yang terus-terusan mereproduksi rasa takut dan frustasi dalam pikiran dan perasaannya sendiri. Orang-orang yang tidak menerima informasi yang sehat dan gagal paham dengan istilah self healing. ini adalah siklus ritual sekaligus sirkus orang-orang yang lepas dari satu peristiwa buruk dan masuk ke peristiwa buruk lainnya. Orang-orang yang tidak kuasa menolak dan keluar dari  kelelahan emosional yang tercerminkan melalui beragam bentuk ekspresi. Healing-healing sebentar, tetap sakit kemudian. Usaha penyembuhan diri dari orang-orang stress, depresi, dan trauma justru dirundung dan jadi objek cemoohan orang-orang lainnya. Menjadi tontonan yang viral di ruang publik virtual. Cara  dan usaha tradisional untuk kesehatan mental gagal dan terpental. Melalui ritual-ritual yang dilakukan aparatur pemerintah, Negara sukses mengamalkan kebijakan publik jenis terbaru yang berdasar pada undang-undang lain sakit lain diobat,” ungkap Mahatma selaku sutradara pertunjukan.


Tentang Kaba Festival, seperti dijelaskan Zalmasri pimpinan produksi pertunjukan tersebut, menyampaikan bahwa KSNT telah tampil pada tanggal 3 November 2022 lalu. Selain pertunjukan dari KSNT, dalam Kaba Festival 2022 tersebut juga menghadirkan Mendalo Dance Project (Jambi) dan  Nani Topeng Losari (Cirebon) yang akan tampil pada hari pertama (1 November 2022), kemudian pada hari kedua akan ditampilkan pertunjukan dari Taufik Adam (Jakarta) dan Rodrigo Parejo (Spanyol), dan pada hari ketiga aka nada pertunjukan dari KSNT dan Fiza Dance Company (Padang).

Ads