Menyelamatkan Bumi di Momentum Hari Menanam Pohon -->
close
Adhyra Irianto
15 November 2022, 11/15/2022 06:21:00 PM WIB
Terbaru 2022-11-15T11:21:03Z
NarasiOpini

Menyelamatkan Bumi di Momentum Hari Menanam Pohon

Advertisement
Menanam pohon


PojokSeni - Isu deforestasi dan kerusakan alam menjadi salah satu isu yang paling banyak dibicarakan di dunia hari ini. Indonesia yang dikenal sebagai paru-paru dunia memilikimemliki wilayah hutan yang sangat luas. Namun, deforestasi yang terjadi di Indonesia juga merupakan yang terluas di dunia. 


Sebenarnya pemerintah RI juga sudah mencoba melakukan banyak hal untuk mencegah kemungkinan terburuk bisa terjadi. Mulai dari menanam pohon secara massal, penghijauan hutan kembali, hingga menanam pohon di halaman rumah. Di tahun 2007, bulan Desember ditetapkan sebagai bulan penanaman pohon, atau bulan penghijauan. Dan proses penanaman tersebut akan dimulai pada tanggal 28 November di setiap tahunnya. Karena itu, hari menanam pohon menjadi salah satu hari besar nasional yang diperingati setiap tahun.


Setiap tahun, total mencapai 1,8 miliar pohon di tanam di seluruh Indonesia. Kegiatan tersebut menjadi masif di setiap bulan Desember, dan dimulai dari tanggal 28 November setiap tahunnya. Meski penanaman juga dilakukan pada bulan-bulan lainnya, namun penanaman serentak di bulan Desember adalah hal yang berbeda.


Sebab, penanaman pohon tersebut juga sudah dituangkan dalam Keputusan Presiden (Kepres) No 24 tahun 2004. Awalnya, aksi penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia digelar pada tanggal 28 November 2008. Saat itu, kegiatan dipusatkan di Desa Cibadak, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor. Hal itu yang menyebabkan tanggal 28 November diperingati sebagai salah satu hari besar nasional sebagai hari menanam pohon nasional.


Apa yang bisa kita lakukan sebagai warga yang baik di hari besar nasional tersebut? Tentunya, ikut menanam pohon di lahan sendiri. Akses informasi sekarang sudah begitu cepat, apalagi bila Anda memiliki jaringan internet WiFi Rumah, sehingga Anda bisa dengan mudah mencari pohon apa yang paling tepat untuk ditanam di lahan rumah Anda.


Pohon yang tepat di lahan rumah


Sejumlah jenis pohon bisa saja ditanam di rumah Anda. Pertama, Anda bisa memanfaatkan informasi dari internet atau WiFi Rumah untuk mencari tahu jenis dan tipe tanah Anda. Lewat informasi tersebut, Anda juga bisa mencari tahu suhu, curah hujan, dan jenis pohon apa yang paling tepat untuk ditanam disekitardi sekitaran rumah Anda.


Sekilas informasi, untuk jaringan WiFi Rumah yang cepat dan tanpa gangguan, Anda bisa memanfaatkan jaringan internet super cepat dari IndiHome yang merupakan salah satu produk yang ditawarkan PT Telkom Indonesia untuk kemudahan akses informasi langsung dari rumah Anda. Dengan demikian, Anda bisa memanfaatkan kecepatan wifi rumah untuk mendapatkan informasi apapun. Termasuk di antaranya untuk mencari jenis pohon yang tepat ditanam di sekitar rumah Anda, sehingga Anda bisa ikut andil secara langsung dalam kebijakan pemerintah untuk kembali menghijaukan Nusantara.


Berbagai jenis pohon bisa Anda coba tanam, baik yang bisa menghasilkan buah-buahan atau bahan makanan, atau pohon yang bisa menjadikan rumah Anda lebih teduh dan rindang. Sejumlah pohon yang bisa Anda pertimbangkan untuk menghasilkan bahan makanan seperti sukun, durian, rambutan, salam, dan sebagainya. Sedangkan pohon yang bisa Anda pertimbangkan untuk menjadikan suasana rumah lebih teduh antara lain mahoni, nyawai, manglid, kokolecean, dan sebagainya.


Setiap pohon memiliki karakteristik tersendiri, termasuk tempat di mana bisa tumbuh dengan baik. Maka dengan informasi yang bisa Anda dapatkan lewat internet cepat di wifi rumah Anda, bisa diketahui mana pohon yang paling tepat untuk ditanam di lahan rumah Anda. Tentunya, pohon yang bisa tumbuh di cuaca yang panas akan berbeda dengan pohon yang tumbuh baik di cuaca sejuk. 


Jadi, mari manfaatkan dengan baik semua hal di sekitar Anda untuk ikut membantu Indonesia kembali menjadi paru-paru dunia.

Ads