Festival Teater Jakarta adalah Laboratorium dan Gerbang Pembangunan Ekosistem Seni Teater -->
close
Pojok Seni
30 November 2022, 11/30/2022 02:48:00 PM WIB
Terbaru 2022-11-30T07:48:33Z
Beritaeventteater

Festival Teater Jakarta adalah Laboratorium dan Gerbang Pembangunan Ekosistem Seni Teater

Advertisement
Pembukaan FTJ 2022
Pembukaan FTJ 2022 (Foto: Dian/FTJ)


Festival Teater Jakarta 2022 “Ingatan dan Kemudian” bukan sebagai lomba semata. Untuk kali pertama, Festival Teater Jakarta menyelenggarakan program “Lebaran Teater” - program perayaan (festiv) seluruh komponen dan ragam kelompok teater di Jakarta.

Pojok Seni/ Jakarta - Festival Teater Jakarta 2022 menyelenggarakan program Lebaran Teater untuk pertama kalinya pada 1 - 12 Desember 2022 sebagai puncak apresiasi teater setelah melalui proses lomba dan kurasi. Lebaran Teater adalah etalase dan laboratorium yang mengakomodasi kelompok-kelompok teater dari berbagai latar belakang, antara lain teater tradisi, teater kampus, teater pelajar, teater anak dan teater umum. Progam ini merupakan salah satu bentuk kesungguhan Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta dan Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta dalam membangun ekosistem pembinaan dan pengembangan seni teater di DKI Jakarta.

Sejalan dengan tema ‘Ingatan dan Kemudian’ yang berangkat dari pandangan Arundhati Roy tentang Covid-19 sebagai sebuah portal; membayangkan Lebaran Teater sebagai gerbang pembangunan ekosistem seni teater selain lomba, merupakan sebuah usaha untuk mengabadikan ‘ingatan’ sebagai refleksi dan ‘kemudian’ sebagai kenyataan menghadapi masa depan. Lebaran Teater tidak hadir sebagai sebuah perayaan semata, melainkan sebagai upaya mengajak para pegiat teater dalam menghadapi setiap situasi perkembangan teater di masa depan dengan kerja kolektif dan kolaboratif.

Lebaran Teater sebagaimana kata ‘lebaran’ dapat dimaknai sebagai ‘usai’, ‘sesudah’, ikhlas, dan seterusnya, diorientasikan untuk memetakan pencapaian artistik, kecenderungan gaya, dan pola kerja setiap kelompok serta jejaring penontonnya. Setiap kelompok mendapat tantangan untuk mengeksplorarasi dan menyiapkan karya terbaik di hadapan penonton yang lebih beragam dengan semangat kerja profesional.

Program Lebaran Teater diselenggarakan dengan menghadirkan pertunjukan dari 13 kelompok teater dari dalam dan luar negeri, artist talk, dan diskusi tematik tentang teater dan irisannya dengan perubahan sosial, sains dan teknologi, disabilitas, dan tradisi. Ketigabelas kelompok teater yang akan tampil, sebagai berikut; Music and Theatre DeltaDua (Belanda), Theatre Company shelf (Jepang), theatercombinat A/DE (Austria & Jerman), Para Pencari Bintang Jakarta, Teater Sapta, Sun Community, Teater Petra, Pasukan Sastra 78, Sanggar Seni Bintang, Bengkel Kreasi Seni Teknik UI (BKST UI), Teater eL Na’ma, Teater Kuda Hitam, dan Bumikalamtara. Rangkaian program ini dilangsungkan di berbagai pusat kesenian dan kebudayaan Jakarta, antara lain: Taman Ismail Marzuki, Institut Kesenian Jakarta, GoetheHaus, dan Salihara Art Centre.

Ads