Urutan 6 Rukun Iman Dan Hikmahnya Bagi Kehidupan -->
close
Pojok Seni
27 September 2022, 9/27/2022 09:47:00 AM WIB
Terbaru 2022-09-27T02:47:51Z
Artikel SponsorUlasan

Urutan 6 Rukun Iman Dan Hikmahnya Bagi Kehidupan

Advertisement
Rukun Iman


Sebagai umat muslim, kita tidak hanya wajib mengetahui Rukun Islam saja namun juga Rukun Iman


Sebelum menjabarkan pengertian Rukun Iman, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu defisini iman. Sebagaimana dilansir Isu Bogor dari Muslim.or.id, menurut Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin, secara bahasa pengertian iman adalah pengakuan yang menciptakan sikap menerima dan tunduk.

 

Kemudian menurut Imam Malik, Asy Syafi’i, Ahmad, Al Auza’i, Ishaq bin Rahawaih, definisi iman adalah sebagai pembenaran dengan hati, pengakuan dengan lisan, serta amal dengan anggota badan. 


Rukun Iman merupakan dasar kepercayaan dalam Islam yang wajib diamalkan oleh Muslim yang beriman. Umat Muslim wajib memahami serta mengamalkan tiap Rukun Iman dalam kehidupan sehari – hari. Apabila belum hafal dan paham arti Rukun Iman, maka kemungkinan untuk mengamalkannya akan terasa lebih sulit. Karena itu, kamu harus mengetahui urutan Rukun Iman dan hikmahnya agar semakin paham. 


Rukun Iman dituangkan dalam diri seorang Muslim yang beriman melalui 3 tahap yaitu pertama iman diyakini dalam hati, kemudian iman diikarkan dengan lisan, dan terakhir iman diamalkan dengan anggota badan.


Nah, agar kamu bisa mengamalkannya dengan sempurna, berikut ini penjelasan tentang urutan 6 Rukun Iman beserta hikmahnya bagi kehidupan :


1. Iman Kepada Allah


Adapun hikmah beriman kepada Allah antara lain membuat hati menjadi lebih tenang, diberi kemudahan dalam hidup, mendapatkan kebahagiaan sesungguhnya, serta mencegah perbuatan syirik. 


2. Iman Kepada Malaikat Allah


Hikmah beriman kepada malaikat Allah antara lain membuat kita semakin bersemangat dalam berbuat kebaikan, menghindari kegiatan maksiat, senantiasa berbuat baik, dan menjadi yakin terhadap pertolongan Allah lewat perantara malaikat-Nya. 


3. Iman Kepada Kitab – Kitab Allah


Hikmah dari beriman kepada kitab – kitab Allah antara lain mengetahui pedoman hidup yang wajib dijalankan, mengetahui dan membedakan antara yang baik dan yang buruk, serta memupuk sikap toleransi. 


4. Iman Kepada Rasul Allah


Hikmah dari mengimani Rasul – Rasul Allah adalah meneladani sifat – sifat yang dimiliki para rasul serta menjadikan kisah para Rasul Allah sebagai ibrah atau pelajaran. Selain itu, hikmah lain beriman kepada Rasul adalah memunculkan kecintaan kepada para Rasul atas pengorbanan mereka untuk agama Islam. 


5. Iman Kepada Hari Akhir


Hikmah dari beriman kepada hari akhir atau hari kiamat antara lain senantiasa berbuat baik dan benar, selalu beramal saleh, serta mempersiapkan diri dengan sungguh – sungguh untuk hari akhir nanti. 


6. Iman Kepada Qada Dan Qadar


Adapun hikmah mengimani qada dan qadar adalah mendorong sikap seimbang antara optimisme serta tawakal dan melatih diri untuk lebih bersyukur dan bersabar kepada Allah. 


Selain itu, dengan menyakini rukun iman keenam juga bisa melatih kita menjadi orang yang giat berusaha, optimis, dan tidak mudah putus asa. 


Rukun Iman yang terdiri dari enam poin tersebut memiliki landasan yang jelas dan tegas baik di dalam Al-Quran maupun As-Sunnah. 


Salah satu ayat yang memuat dalil – dalil Rukun Iman yang enam adalah Surat Al-Baqarah ayat 285, yang artinya :


Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang – orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat – malaikat-Nya, kitab – kitab-Nya dan rasul – rasul-Nya. (Mereka mengatakan) : “Kami tidak membeda – bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul – rasul-Nya”, dan mereka mengatakan : “Kami dengar dan kami taat”. (Mereka berdoa) : “Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali”. (Al-Baqarah : 285). 

Ads