Main Gila, Sebuah Kepingan Masalah Remaja Larantuka -->
close
Pojok Seni
07 September 2022, 9/07/2022 03:11:00 PM WIB
Terbaru 2022-09-08T02:58:02Z
Artikelteater

Main Gila, Sebuah Kepingan Masalah Remaja Larantuka

Advertisement

Oleh: Zaeni Boli


Main Gila  adalah kepingan kepingan permasalahan  Remaja yang  kompleks, berangkat dari hal tersebut saya meramunya menjadi  sebuah bentuk pertunjukan  yang  satire. Dalam pertunjukan  ini penulis  naskah tidak ingin mengambil  posisi  sebagai penceramah bagi permasalahan  Remaja namun ingin menyelam lebih jauh perasaan  dunia remaja, ada banyak  sekat yang tak mudah ditembus dan ada banyak persoalan  yang  juga mungkin  belum saat nya hadir dalam panggung pertunjukan, namun sedang  meretas menggerogoti dunia remaja sebagai dunia yang penuh kebebasan . Terkadang ketiadaan kepedulian  menjadikan  mereka jauh dari rasa empati yang dirasakan. 


Penulis tidak bisa hanya memberi satu angel (sudut) saja dalam cerita  ini karena betapa  kompleks nya permasalahan  remaja . Seolah menjadi benang kusut yang perlu untuk diuraikan. Setiap penulis memiliki  caranya sendiri dalam menuliskan lakon. Saya menuliskan lakon ini setelah melakukan  wawancara  kecil bersama anggota Bengkel Seni Milenial, SMK Sura Dewa Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur untuk penggalian ide cerita ini . 


Pentas Main Gila


Dari  remaja untuk remaja dan bahkan sutradara dari pertunjukan  ini adalah  siswi SMK SURADEWA  bernama Emerlinda Intan yang biasa disapa Bintang, hal ini dilakukan agar pertunjukan  ini lebih lagi terasa dunia remaja. Lalu, dimana posisi  orang dewasa, saya sebagai penulis berharap kita sebagai orang dewasa  belajar  menjadi pendengar bagi Remaja agar mereka  yang sejati ingin bercerita  memiliki  tempat untuk berkeluh kesah atas sesaknya permasalahan  hidup.


Pentas Main Gila

 

Jangan  sampai anak anak telah lebih dulu mabuk nasihat dan melupakan pulang. Karya Main Gila ini akan dimainkan  di panggung  kreasi  SMK Sura Dewa tanggal 9 September  2022 pukul  18.15 WITA. Para pemain adalah anggota aktif Bengkel Seni Milenial SMK SURA DEWA Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

Ads