Miliki Ketua Baru, Teater Nasional Medan Siap Bangkit Kembali -->
close
Adhyra Irianto
14 August 2022, 8/14/2022 08:00:00 AM WIB
Terbaru 2022-08-14T01:00:00Z
BeritaUlasan

Miliki Ketua Baru, Teater Nasional Medan Siap Bangkit Kembali

Advertisement
Teater Nasional Medan


pojokseni/Medan - Menjelang peringatan ulang tahun Teater Nasional (TENA) Medan ke-59 pada 28 Oktober 2022, Keluarga Besar TENA menggelar Silaturahmi temu kangen Muharram 1444 Hijriah, Kamis siang ( 11/8/2022) di Cafe Cemara Bagan Percut Sei Tuan. 


"Ini ide saya dan bung Anto Doang, bersama Bung Junaidi Saal usai pergelaran Teater Dimensi Medan membawa lakon "Wek wek", Alhamdulillah seluruh keluarga besar TENA termasuk Teater Imago Dan Teater Dimensi hadir di sini, kita ngobrolkan kemajuan TENA ke depan," kata Rosnaini Lubis, aktris TENA yang juga mantan penyiar di TVRI Sumut.


Rosnaini menjelaskan, lewat pembentukan pengurus TENA berlangsung penuh kekeluargaan, terpilih Baharuddin  Saputra, SH sebagai Ketua, Sekretaris Yan Amarni Lubis, dan Bendahara Dr. Drs. H. Iskandar Zulkarnain Siregar, MSi. Dalam pembentukan tersebut, hadir pula sejumlah nama besar teaterawan yang bergabung di TENA bersama keluarga. Di antaranya, tampak Buyung Bizard, Burhan Folka, S Handono Hadi, Hadi RA, Nasir Lubis, Zannah, Fitri, Khadijah, Evil Khairani, Anto Doang, Junaidi Sa'al dan Ayub Badrin. 


Bahar, Yan dan Iskandar bertekad membawa Teater Nasional, yang dulu pernah menjadi teater yang diperhitungkan di Indonesia setelah Studi Teater Bandung untuk kembali membangkitkan semangat TENA. Bukan hanya akrab di dalam, tapi juga akan simpatik keluar. TENA juga akan bersinergi, kreatif, dan inovatif untuk melakukan regenerasi teaterawan yang santun dan berilmu. 


"Insya Allah amanah ini akan kami jalalankan dengan baik," ujar Bahar yang juga Ketua Dewan Kesenian Sumatera Utara ( DLSU) Dan Ketua Angkatan Muda Siliwangi ( AMS) Sumut.


TENA mengumumkan bahwa mulai akhir Agustus 2022, mereka akan kembali membuka pendaftaran anggota baru di Medan dan sekitarnya. Anggota baru yang akan diterima minimal berusia 18 tahun.


TENA Masih Ada Rupanya?


Pertanyaan yang merupakan otokritik bagi para penghuni rumah TENA Medan. Teater Nasional Medan didirikan pada tanggal 28 Oktober 1963 oleh Burhan Piliang, Sori Siregar, Rusli Mahady, Mazwad Azhar dan Iskak S. Namun, setelah beberapa tahun berproses, grup ini vakum dari kegiatan apapun. Produksi pementasan, rekrutmen anggota, dan lainnya juga melanda salah satu kelompok teater modern tertua di Nusantara itu. Apalagi setelah terjadi dialog buka-bukaan sesama penghuni rumah TENA dalam acara yang diberi label Temu Rindu, Kamis 11 Agustus 2022 di Cemara Seafood di bilangan Desa Percut, Deliserdang. 


Dalam pada itu, dipilihlah secara aklamasi pengurus baru TENA yakni Baharuddin Saputra SH (Ketua), Yan Amarni Lubis (Sekretaris), dan Dr. Drs.H.Iskandar Zulkarnain Siregar, M.Si (Bendahara), disamping dikonfirmasinya susunan pengurus Teater Imago yang digawangi Ayub Hamzah Fahreza serta Teater Dimensi yang digawangi Burhan Folka. Seperti diketahui Imago dan Dimensi adalah sekutu-sekutu TENA.

.

Program-program kerja pun langsung dijabarkan. Antara lain ingin melakukan produksi pementasan, baik akan mengangkat naskah drama monolog maupun naskah drama panjang. Diharapkan ke depannya baik TENA, IMAGO, maupun DOMENSI bisa seiring sejalan.dalam menapaki setiap langkah keberadaannya di.perteateran Medan khususnya. Hadir dalam momentum temu rindu TENA itu antara lain pelukis Handono Hadi, Hadira Herawadi, Buyung Bizard, Rosnani Lubis, Muhammad Nasir Lubis.

Ads