Cara Menghitung Persentase: Prosedur dan Rumus -->
close
Pojok Seni
18 August 2022, 8/18/2022 08:00:00 AM WIB
Terbaru 2022-08-19T02:31:58Z
Artikel Sponsor

Cara Menghitung Persentase: Prosedur dan Rumus

Advertisement
Cara menghitung presentase


Menghitung persentase bisa sangat mudah. Kalkulator online dapat ditemukan di Internet yang dapat membantu Anda dengan tugas ini hanya dengan memasukkan angka persentase yang Anda perlukan (nilai total, angka yang ingin Anda hitung persentasenya) dan jumlah persentase (bagian dari nilai) dan aplikasi akan memberi Anda hasil dalam sekejap. Namun, seaneh kedengarannya, mungkin ada saatnya Anda harus mengandalkan pengetahuan dan keterampilan Anda sendiri cara menghitung persen tanpa bantuan digital.


Anda dapat menemukan persentase di hampir setiap aspek kehidupan Anda! Mereka ada dimana-mana. Siapa pun yang pernah ke pusat perbelanjaan pasti pernah melihat puluhan tanda dengan simbol persentase besar yang bertuliskan "diskon!". Dan justru karena mereka sering digunakan, mari kita mengenal istilah ini sedikit lebih baik.


Apa itu persentase?


Sebelum kita mulai menghitung persentase, sebagai pengantar cerita menarik ini, sebaiknya kita pahami dulu apa arti persentase sebenarnya.


Saat kita membagi kata persen menjadi kata dasar, kita mendapatkan dua kata "pro" dan "sen". "Pro" dalam bahasa Latin berarti "UNTUK" sedangkan "sen" berasal dari kata Eropa kuno dengan asal Perancis, Latin dan Italia yang berarti "ratus". Jadi terjemahan literal dari kata tersebut adalah "untuk sebuah meja". Jika Anda meminta 87 persen, Anda benar-benar memiliki 87 dari 100.


Jika Anda bukan salah satu dari mereka yang suka menggunakan kata "persen" tetapi "persen", arti harfiahnya lebih dari jelas, "seratus", 87-seratus.


Jadi, katakanlah salju turun 13 kali dalam 100 hari terakhir, salju turun 13 persen dari waktu untuk 100 persen waktu yang ditampilkan.


Menghitung persentase


Angka yang ingin Anda konversi ke persentase dapat ditampilkan dalam dua format berbeda, sebagai angka desimal atau sebagai pecahan. Format desimal, seolah-olah, lebih mudah untuk dihitung. Mengubah angka desimal cara menghitung persen sangat sederhana karena kita mengalikannya dengan 100. Untuk mengubah 0,87 menjadi persentase, kita cukup mengalikan 0,87 x 100.


0.87 x 100 = 87


Jadi, hasilnya adalah 87%.


Jika Anda memiliki pecahan, ubah menjadi persentase dengan membagi angka teratas dengan angka bawah. Jika Anda diberi 13/100, Anda akan membagi 13 dengan 100.


13/100 = 0.13


Kemudian ikuti langkah-langkah sebelumnya untuk mengubah desimal menjadi persentase.


0.13 x 100 = 13


Jadi kita mendapatkan 13%.


Tugas yang lebih sulit muncul ketika Anda perlu cara menghitung persen dengan angka-angka tertentu yang tidak begitu pas dengan 100. Dalam kebanyakan kasus, Anda akan diberikan persentase dari angka tertentu.


Cara menghitung persentase menggunakan rumus


Meskipun rumus persentase dapat ditulis dalam berbagai bentuk, pada dasarnya merupakan persamaan aljabar yang melibatkan 3 nilai:


Menghitung persentase angka bukanlah perhitungan yang sangat rumit.


Salah satu rumus untuk menghitung persentase adalah P = S * p/100 dimana P adalah jumlah persentase yang kita cari, S adalah angka dari mana kita ingin menghitung persentase (nilai total) dan p adalah persentase (bagian dari nilai).


Berikut adalah contoh sederhana cara menghitung persentase menggunakan rumus, yaitu 6% dari 50.


P = ?

S = 50

p = 6


P= 50 * 6/100

P= 50 * 0.06

P = 3

Jadi 6% dari 50 adalah 3.


Kami berharap bahwa kami telah membawa persentase sedikit lebih dekat kepada Anda, bahwa kami telah mempersingkat masalah Anda dan sekarang lebih jelas bagi Anda bagaimana menghitung persentase. Bagaimanapun, jika Anda tidak dapat mengetahuinya, selalu ada kalkulator persentase online yang sepenuhnya gratis.

Ads