Tas Plastik dari Plastik Bekas: Cara Produktif dan Kreatif Menangkal Kerusakan Alam -->
close
Pojok Seni
24 June 2022, 6/24/2022 08:00:00 AM WIB
Terbaru 2022-06-24T01:00:00Z
Artikel Sponsor

Tas Plastik dari Plastik Bekas: Cara Produktif dan Kreatif Menangkal Kerusakan Alam

Advertisement
Tas plastik


pojokseni.com - Limbah plastik adalah salah satu limbah yang tak ramah lingkungan. Tidak hanya sulit untuk diurai tanah, tapi limbah plastik juga sudah menjadi momok yang mengerikan di lautan. Sudah tak terhitung kasus ikan besar di laut yang ditemukan mati, terdampar di pinggir pantai dengan perut penuh dengan sampah plastik.


Banyak pula yang memilih untuk membakar bekas limbah plastik, karena sulit untuk diurai tanah. Hasilnya, justru menimbulkan polusi udara yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Karena itu, banyak yang mempertimbangkan untuk mengolah limbah plastik bekas ini agar bisa bermanfaat dan tetap menjaga kebersihan lingkungan serta menghindari kerusakan alam akibat limbah tersebut.


Salah satu yang bisa dikreasikan sendiri di rumah adalah tas plastik, yang bisa Anda buat dari bahan plastik bekas deterjen. Salah satunya bisa Anda buat dari plastik bekas deterjen Rinso. Karena mendaur ulang bungkus plastik bekas menjadi tas plastik ini bisa Anda buat sendiri di rumah, kali ini Pojok Seni akan memberikan tips dan cara untuk membuat tas plastik berbahan limbah plastik.


Alat dan Bahan membuat Tas Plastik


Apa saja yang perlu disiapkan untuk membuat tas plastik dari limbah plastik ini? Ini beberapa di antaranya.


  1. Bekas plastik deterjen Rinso secukupnya. Setidaknya untuk membuat satu tas, Anda memerlukan sekitar 50 hingga 55 plastik deterjen Rinso.
  2. Benang untuk menjahi tas plastik tersebut.
  3. Gunting
  4. Kain lap untuk membersihkan plastik.
  5. Kain, bisa kain perca atau kain sisa.
  6. Furing.
  7. Risleting, atau perekat tas.


Cara membuat tas plastik


  1. Setelah semua bahan tadi Anda siapkan, segera bersihkan dengan kain lap. Akan lebih baik dan steril bila Anda cuci terlebih dulu, lalu keringkan. 
  2. Setelah kering dan benar-benar bersih, maka selanjutnya silahkan gunting plastik kemasan menjadi potongan panjang (dari pangkal ke ujung kemasan) dengan lebar 3 cm. Dengan 50 hingga 55 bungkus plastik bekas Rinso ukuran besar, Anda bisa mendapatkan sekitar 500 helai potongan plastik tersebut.
  3. Langkah berikutnya adalah, mulailah menganyam potongan plastik kecil-kecil panjang tersebut. Lakukan anyaman berbentuk baling-baling dan vertikal agar lebih mudah digabungkan. Lakukan sampai semua potongan plastik kecil tersebut berhasil dianyam semuanya.
  4. Berikutnya, Anda bisa menggabungkan semua anyaman hingga membentuk lingkaran dan mulai menyerupai kantung.
  5. Beberapa anyaman lainnya diproses menjadi tali tas.
  6. Lakukan penjahitan untuk tali tas agar menyatu dengan kantung besar yang sudah Anda buat sebelumnya.
  7. Setelah itu, letakkan furing di bagian dalamnya. Agar lebih indah, gunakan furing yang senada dengan warna plastik bekas yang Anda gunakan.
  8. Anda juga bisa memanfaatkan kain untuk membuat ruang-ruang di bagian dalamnya, sehingga tas tersebut lebih mudah untuk mengorganisir barang.
  9. Terakhir, Anda tinggal menjahit resleting atau mungkin perekat sesuai yang desain Anda. Setelah itu, maka tas plastik berbahan limbah plastik ini sudah bisa Anda gunakan.


Cukup simpel cara membuatnya, bukan? Karena itu, jangan langsung buang limbah plastik Anda. Karena, daripada pada akhirnya akan merusak lingkungan dan ekosistem hewan yang ada di dalamnya, lebih baik dikreasikan untuk menjadi barang yang berguna. 


Jangan takut kotor ketika mengumpulkan limbah plastik tersebut. Karena, berani kotor itu baik.

Ads