Pengertian dan Tips Pentas dengan Alat Musik Akustik -->
close
Pojok Seni
27 March 2022, 3/27/2022 08:00:00 AM WIB
Terbaru 2023-08-27T17:08:14Z
ArtikelMusik

Pengertian dan Tips Pentas dengan Alat Musik Akustik

Advertisement
Tips pentas dengan alat musik akustik

PojokSeni.com - Alat musik akustik sebenarnya adalah sebutan untuk semua alat musik yang tidak menggunakan listrik. Kata alat musik akustik tersebut muncul untuk membedakan alat musik akustik dengan alat musik elektronik yang hadir berkat kemajuan teknologi.


Meski begitu, bukan berarti memainkan alat musik akustik berarti tidak menggunakan listrik. Gitar akustik elektrik misalnya, merupakan gitar akustik yang bisa dimainkan dengan atau tanpa jack (kabel gitar). Biasanya, gitar akustik jenis ini juga sering disebut gitar semi elektrik.


Bila gitar klasik dengan senar berbahan nylon, tentunya tidak ada colokan jack di badan gitar. Namun, untuk pentas menggunakan gitar ini, biasanya gitar akan didekatkan dengan microphone yang diletakkan di lubang suara.


Secara spesifik, berdasarkan cara menghasilkan suara, alat musik terdiri alat musik akustik, elektrik, analog, dan digital. 


Definisi dan Perbedaan Alat Musik Akustik, Elektrik, Analog dan Digital


  • Alat musik akustik: Suara yang dihasilkan datang dari getaran (resonansi) dari alat itu sendiri. Dengan demikian, suara yang dihasilkan secara mekanik, alias tidak menggunakan listrik untuk bersuara. Gitar akustik, piano, biola, drum, bass akustik, cajon, suling, dan sebagainya termasuk dalam kategori ini.
  • Alat musik elektrik: Suara akan muncul apabila ada aliran listrik yang memengaruhi komponen elektrik di dalamnya. Gitar listrik misalnya, tentu tidak akan berbunyi bila tidak ada aliran listrik. Suara senar yang ditangkap oleh pick-up (sering disebut spul) dihantarkan lewat kabel gitar (jack) yang berbahan tembaga khusus ke sound system/speaker. Proses tersebut melibatkan aliran listrik untuk menyalakan sound. Selain gitar listrik, keyboard, bass listrik, dan sebagainya termasuk dalam kategori ini.
  • Alat musik analog: suara akan muncul akibat adanya serangkaian perangkat elektronik khusus (yang dialiri listrik) lalu output-nya analog. Live sound termasuk dalam kategori ini.
  • Alat musik digital: Suara akan muncul dari input ke output menjadi data komputer. Bila Anda membunyikan gitar yang tersambung ke komputer, lalu suara gitar Anda berubah menjadi data (bit), maka hal tersebut termasuk dalam kategori ini. Tentunya, "alat pembuat musik" digital juga termasuk dalam kategori ini.


Setelah tahu apa perbedaan dari alat musik akustik dengan alat musik jenis lain, tentunya Anda juga tertarik untuk pentas musik dengan alat musik akustik, bukan? Nah, berikut ini adalah apa saja yang bisa Anda persiapkan sebelum pentas menggunakan alat musik akustik.


Tips Pentas dengan Alat Musik Akustik


Gunakan Alat Musik Akustik Terbaik


Tentunya, ini adalah hal wajib. Untuk dapat menghadirkan suara terbaik, maka gunakan alat terbaik, yang dipadukan dengan teknik bermain yang baik. Tentang alat musik terbaik, sudah dibahas sebelumnya di PojokSeni lewat artikel berjudul: Rekomendasi Alat Musik untuk Akustikan.


Tuning Alat Musik dengan Sempurna


Ini sebenarnya syarat untuk semua pentas, baik akustik maupun alat musik elektrik. Pastikan semua alat mesti ter-tuning dengan sempurna. Untuk hasil terbaik, misalnya untuk gitar, gunakan tuner terbaik. Apalagi, bila ternyata setelan (tuning) yang digunakan ternyata Drop D, Drop C, dan sebagainya.


Kabar baiknya, untuk gitar akustik juga disediakan tuner di gitarnya. Ada beberapa gitar akustik yang dilengkapi tuner bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau di Shopee. Beberapa rekomendasi alat musik akustik yang berkualitas dengan harga terjangkau bisa Anda baca di artikel ini: rekomendasi alat musik akustik elektrik berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.


Siapkan Baterai Cadangan


Setiap gitar akustik (semi elektrik) memiliki baterai untuk menyalakan tuner dan mixer di body gitar. Tentunya, bila baterai tersebut habis daya, maka dua hal tersebut juga tidak bisa menyala. Hasilnya, Anda tidak bisa tampil sempurna. Maka, untuk berjaga-jaga siapkan baterai cadangan. Akan lebih baik bila Anda menyiapkan baterai berkualitas baik untuk gitar Anda.


Baterai yang digunakan ialah baterai 9V alias sering disebut baterai petak atau baterai kotak. Biasanya, baterai ini dijual seharga Rp15.000 hingga Rp20.000 per biji.


Gunakan Jack Terbaik


Agar suara bisa keluar dengan jernih tanpa noise, juga indah, maka gunakan jack (kabel gitar) terbaik. Sebenarnya, jack yang digunakan untuk gitar akustik maupun elektrik itu adalah sama saja. Tapi, pastikan bahwa kawat tembaga berukuran besar, serta sangat mumpuni untuk mendukung suara produk Anda.


Komunikasi dengan Sound Enginer


Sound enginer atau soundman adalah seorang yang akan sangat berpengaruh pada suara yang dihadirkan ketika Anda memainkan alat musik tersebut. Mereka bekerja di belakang layar, namun suara gitar yang Anda mainkan akan sangat berpengaruh lewat tangan mereka. Maka, sebelum pentas, berkomunikasi terlebih dulu dengan para sound enginer ini untuk mendapatkan suara terbaik.


Itu tadi beberapa tips untuk pentas musik dengan alat musik akustik. Dalam artikel ini, memang lebih khusus dibahas tentang gitar akustik. Namun, dalam artikel berikutnya, akan dibahas pula tips untuk pentas dengan alat musik akustik lainnya.

Ads