Hari Teater Dunia Momen Bangkit Teater Riau -->
close
Pojok Seni
26 March 2022, 3/26/2022 08:00:00 AM WIB
Terbaru 2022-03-26T01:00:00Z
BeritaeventMedia Patner

Hari Teater Dunia Momen Bangkit Teater Riau

Advertisement

PojokSeni.com - Dunia teater Riau kembali bergerak. Setelah dihantam pandemi selama dua tahun tanpa henti. Kini insan-insan seni itu kembali memilih jalannya kembali pulang ke panggung. Hal ini bukan tanpa sebab, mereka sudah mulai gerah dengan keadaan yang tak berubah. Seni mestinya hadir dengan kenormalan baru di tengah pandemi. Seni teater bukanlah hal yang tabu dan mesti hadir terus di tengah masyarakat. 


Digitalisasi yang terus datang tidak bisa dibendung, mestinya selaras dengan pertunjukan panggung. Seniman teater Riau merasa khawatir dengan keadaan yang terus begini, tentunya akan sulit melakukan regenerasi dan pengenalan teater pada orang orang-orang baru. Teater harus ada dan menghidupi setiap lini sektor dan kehidupan masyarakat masa depan.


Memperingati hari teater dunia yang jatuh pada  27 Maret 2022. Seniman teater Riau bersepakat untuk menggelar sebuah pementasan dan diskusi. Kegiatan ini sebagai momentum bangkitnya teater di Riau. Rian Harahap yang merupakan Ketua panitia menjelaskan bahwasanya helatan ini akan menjadi helatan teater terbesar di Riau karena mampu mengumpulkan hampir 30 kelompok dan komunitas dari seluruh Riau. Komunitas ini terdiri dari beberapa teater independen, kampus dan sekolah. Harapannya helat ini menjadi pemantik riuh dari panggung teater yang sebelumnya sepi. 


Adapun kelompok teater yang konfirmasi hadir dalam peringatan hari teater dunia yang digelar pada Ahad (27/3) di Taman Budaya Riau antara lain: 


  1. Suku Seni Riau
  2. Teater Selembayung
  3. Komunitas Seni Rumah Sunting 
  4. UKM Teater Batra
  5. Rumah Budaya Tengku Mahkota
  6. Studio Seni Peran
  7. Teater Lorong
  8. Komunitas Jejak Langkah
  9. Teater SMK Labor
  10. Teater SMAN 5 Pekanbaru
  11. Teater Jendela SMA Darma Loka
  12. Teater MA Cendikia Bangsa
  13. Teater SMA Darma Yudha
  14. Salmah Teater Anak
  15. Teater Keletah Budak
  16. Mini Teater Riau
  17. Teater SMK N 1 Pekanbaru
  18. Lisendra Dua Terbilang
  19. Blacan Art Comunity
  20. Goebok Creative Tapung
  21. Panggung TokTan
  22. Ruang Bermain
  23. Teater SMK Telkom
  24. Teater Tuah Kirana Unirab
  25. Metateater
  26. Sanggar Seni 412
  27. Sanggar Tempa
  28. Yayasan Kertas Kalam Negeri (TASLAMI)
  29. Kabupaten Rokan Hilir.
  30. Sanggar Seni Datuk Rumbia. SMA N 2 Bangko Pusako. Rokan Hilir.
  31. Bulan Biru Rokan Hilir. 


Panitia juga mengundang seluruh insan teater Riau untuk dapat berdiskusi dengan topik 'Teater untuk Kesehatan Dunia" dengan pemateri Marhalim Zaini (Ketua ASERI), Kunni Masrohati (Founder Rumah Sunting), dan Fedli Azis (Ketua DKKP). Kegiatan ini akan dihelat mulai sore hingga malam. Acara akak dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat dan menjaga jarak. 

Ads