Apa Pengetahuan dan Keterampilan yang Didapat Lewat Kelas Manajer Humas di Skill Academy? -->
close
Pojok Seni
02 March 2022, 3/02/2022 08:00:00 AM WIB
Terbaru 2022-03-07T10:25:42Z
Artikel SponsorNarasi

Apa Pengetahuan dan Keterampilan yang Didapat Lewat Kelas Manajer Humas di Skill Academy?

Advertisement
skill academy by ruang guru

Divisi hubungan masyarakat (humas) atau public relation nyatanya memegang peranan penting dan strategis di dalam suatu perusahaan. Tugas manajer humas sangat penting, bahkan citra dan reputasi sebuah perusahaan akan bergantung pada kinerja mereka.


Bagian humas akan bertanggung jawab menjaga citra dan reputasi perusahaan, sekaligus menjadi penghubung antara perusahaan dengan publik. Tidak hanya itu, bagian humas juga bertugas di internal perusahaan sekaligus penghubung antara petinggi dengan karyawan biasa di perusahaan tersebut.


Hal itu yang menyebabkan bagian humas menjadi sangat penting di suatu perusahaan, lembaga, hingga instansi tertentu. Karena penting, maka orang-orang yang ditempatkan di sana juga bukan sembarangan orang.


Pertanyaannya, apakah pengetahuan dan keterampilan yang mesti dimiliki orang yang akan bekerja di bagian humas? Apalagi untuk menjadi manajer humas?


Pekerjaan yang kadang disebut sebagai posisi paling keren di perusahaan ini tentunya diidamkan banyak orang. Mulai dari lulusan manajemen, sampai psikologi pun tertarik berada di bagian ini. Kabar baiknya, Anda bisa mendalami dan mempelajari apa saja yang harus dikuasai oleh seorang manajer hubungan masyarakat lewat Skill Academy by Ruang Guru.


Skill Academy by Ruang Guru adalah mitra pelatihan prakerja yang sudah berpengalaman melakuakan distribusi ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk para pencari kerja di Indonesia. Tentunya, dengan proses belajar yang terstruktur, para peserta bisa mendapatkan keuntungan dengan meningkatkan kemampuan diri dan mampu bersaing di dunia kerja.


Lewat kelas bertajuk "Membangun Reputasi Perusahaan dan Kepercayaan Publik untuk Manajer Hubungan Masyarakat", Anda akan mempelajari cara untuk merencanakan, mengatur, hingga menjalankan pekerjaan di bagian humas perusahaan yang tentunya disesuaikan dengan visi perusahaan tersebut. 


Pengetahuan dan keterampilan yang akan kuasai pasca mengikuti pembelajaran ini tentunya sangat dibutuhkan ketika bekerja sebagai manajer Humas. Apa saja pengetahuan dan keterampilan yang akan dipelajari?


Pengetahuan seorang Manajer Humas yang dipelajari di Skill Academy


skill academy by ruang guru

Beberapa pengetahuan yang akan dipelajari di Skill Academy by Ruang Guru untuk menjadi manajer Humas dimulai dari mengetahui cara menyusun riset program kehumasan. Setelah itu, Anda akan mempelajari cara memahami analisa pemberitaan terkait perusahaan, juga menganalisa nilai berita.


Berikutnya, Anda juga akan mengetahui cara membuat perencanaan program kehumasan, seperti penyusunan program humas sampai perencanaan anggaran. Untuk keperluan analisa, Anda akan mempelajari cara mengenal jenis isu, krisis, juga cara lobby dan negosiasi. Anda juga mesti mengetahui cara memahami sifat dan karakter khalayak umum.


Untuk meningkatkan reputasi dan citra brand atau produk perusahaan, Anda juga mesti mengetahui dan mampu menerapkan teknik mengelola event serta memahami prinsip-prinsip CSR.


Belum cukup sampai di situ, Anda juga mempelajari metode dan aspek pengukuran keberhasilan dan implikasi program terhadap perusahaan. Tentunya, hal ini sangat penting untuk mengevaluasi program yang sudah disusun sebagai perbaikan perencanaan program di tahun berikutnya.


Keterampilan Manajer Humas yang dipelajari di Skill Academy


skill academy by ruang guru


Selain pengetahuan, tentunya manajer Humas mesti terampil. Dalam artian, mesti menguasai beberapa keterampilan khusus untuk manajer Humas. Beberapa yang bisa Anda dapatkan lewat pembelajaran di Skill Academy by Ruang Guru antara lain; menerapkan teknik penyusunan program humas, penerapan komunikasi yang persuasif, pemanfaatan media internal, dan membangun hubungan dengan banyak pihak.


Keterampilan berikutnya yang tak kalah penting untuk dikuasai manajer humas ialah cara memetakan tema dan isu yang tentunya terkait dengan perusahaan tersebut. Juga mampu berbicara di muka umum sebagai juru bicara perusahaan. Manajer Humas juga mesti tahu cara mengatur jadwal dan acara humas berdasar studi kasus terkait perusahaan.


Terpenting, manajer humas juga mampu membuat laporan terkait apa yang sudah dilakukan, serta dampak dari program yang sudah dijalankan selama kurun waktu tertentu. 


Nah, itu tadi aspek pengetahuan dan keterampilan yang akan Anda pelajari lewat Skill Academy by Ruang Guru. Lewat proses pembelajaran yang menyenangkan, tentunya Anda bisa mendapatkan soft skill untuk menjadi manajer Humas yang bisa Anda terapkan ketika bekerja di perusahaan yang Anda idamkan.

Ads