Forum Keroncong "Menjelajahi Permata Musik Indonesia": Sebuah Serial Webinar Keroncong oleh Nuraga Budaya -->
close
Pojok Seni
03 February 2022, 2/03/2022 07:00:00 AM WIB
Terbaru 2022-02-03T00:00:00Z
BudayaeventMusik

Forum Keroncong "Menjelajahi Permata Musik Indonesia": Sebuah Serial Webinar Keroncong oleh Nuraga Budaya

Advertisement
Nuraga Budaya


PojokSeni.com - Selama bulan Februari 2022, di setiap akhir pekan, Nuraga Budaya akan mengajak anda semua untuk bergabung di serial webinar forum keroncong dengan tajuk “Menjelajahi Permata Musik Indonesia”. Melalui serial webinar forum keroncong ini, Nuraga Budaya sebagai organisasi nonprofit yang memiliki fokus pada ranah budaya, akan menyajikan rangkaian tema webinar tentang keroncong. Webinar ini merupakan program dari Nuraga Budaya sebagai salah satu upaya untuk pengembangan literasi budaya, dalam program webinar pertama kali ini objek budayanya adalah musik keroncong.   


Forum keroncong hadir sebagai salah satu upaya mengisi ruang literasi tentang keroncong dengan cara saling berdialog dan bertukar pikiran. Tujuan diselenggarakannya forum keroncong antara lain agar dapat memberikan informasi tentang perjalanan dan perkembangan musik keroncong, membuka peluang kepada para peneliti untuk melihat keroncong dari berbagai perspektif, mengajak peserta webinar untuk turut memberikan pandangan dan gagasan pada perkembangan musik keroncong masa depan.


Selain dari beberapa tujuan yang disebutkan di atas, terlebih penting lagi adalah bahwa forum keroncong ingin mengajak dan mengingatkan kembali peserta webinar, bahwa musik keroncong pernah berada di masa keemasannya, memiliki pengaruh besar dalam perkembangan musik serta turut hadir memberikan stimulus dalam pergerakan kemerdekaan bangsa Indonesia khususnya melalui seni musik.


Pada serial webinar pertama akan membahas tentang peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah perkembangan keroncong di Kampung Tugu, Pasar Gambir dan Kota Solo, lalu serial kedua tentang aransemen dan komposisi musik keroncong dan relasinya dengan industri musik indonesia.


Berikutnya pada serial ketiga, kita akan melihat bersama bagaimana proses dan geliat regenerasi keroncong kepada generasi muda serta seperti apa bentuk musik keroncong yang dimainkan oleh generasi milenial, hingga terakhir kita akan diajak untuk berdialog bersama tentang bagaimana bentuk ekosistem keroncong di masa depan, seperti apa metode dan strategi yang sekiranya tepat dilakukan untuk membentuk ekosistem keroncong yang lebih baik.


Dari kampung tugu, pasar gambir, hingga kota solo: mozaik peristiwa keroncong dalam sejarah adalah tema pada serial pertama. Tema ini diangkat bermaksud mengajak peserta webinar untuk menoleh kembali ke belakang melihat berbagai peristiwa penting atau momentum besar dalam sejarah perjalanan keroncong, baik peristiwa yang sudah dituliskan oleh para peneliti maupun peristiwa yang belum tertulis atau luput dari penelusuran para peneliti.



Pembicara pada serial webinar pertama, antara lain:


  1. Danis sugiyanto, S.Sn., M.Hum. (dosen isi surakarta, praktisi keroncong)
  2. Arthur J. Michiels (pemusik grup krontjong toegoe)
  3. Dedi ‘Chaink’ Novaldi (pemerhati event keroncong, praktisi festival)


Webinar akan dipandu oleh Adriai Ifradi, S.Sn selaku moderator. Forum akan berlangsung selama 2 (dua) jam, mulai dari 19.30 WIB sampai dengan 21.30 WIB. Serial pertama akan dimulai pada hari Minggu, 6 Februari 2022. 


Rangkaian tema webinar selama Februari 2022


  1. Dari kampung tugu, pasar gambir hingga kota solo: mozaik peristiwa keroncong dalam sejarah
  2. Aransemen dan komposisi musik keroncong dalam gelanggang industri musik indonesia
  3. Geliat regenerasi keroncong milenial
  4. Membentuk ekosistem keroncong


Peserta dapat memilih tema yang diminati. Setiap tema memiliki fokus dan tujuan pembahasan tersendiri. Kami atas nama nuraga budaya berharap agar semua rangkaian tema dapat diikuti oleh peserta webinar. Formulir pendaftaran akan disediakan berdasarkan waktu yang telah ditentukan.


Serial webinar ini terbuka untuk umum, peserta bisa mengikutinya secara gratis dan hanya perlu mengisi formulir registrasi yang kami sediakan. Setiap serial webinar memiliki formulir registrasinya sendiri.


Link pendaftaran serial #1: https://bit.ly/webinarkeroncong1

Ads