10 Aturan Menulis Menurut Nietzche -->
close
Pojok Seni
19 February 2022, 2/19/2022 08:00:00 AM WIB
Terbaru 2022-02-19T01:00:00Z
ArtikelNarasi

10 Aturan Menulis Menurut Nietzche

Advertisement
10 aturan menulis menurut Nietzche

pojokseni.com - Friedrich Nietzhche, nyatanya telah menulis 10 aturan untuk menulis yang disusunnya di tahun 1882. Tepatnya, 18 hingga 24 Agustus 1882, adalah saat di mana Friedrich Nietzhche menyusun 10 aturan dalam menulis tersebut. Di kemudian hari, 10 aturan menulis ala Friedrich Nietzhche tersebut menjadi semacam aturan dasar untuk penulisan asli, jelas, dan tentunya benar.


Sebelumnya, aturan menulis tersebut ditulis oleh Friedrich Nietzhche dalam sebuah surat yang dikirimkannya ke seorang intelektual dan penulis asal Rusia, bernama Lou Andreas-Salome. Nama tersebut juga dikenal sebagai seorang psikoanalis asal Rusia. Lou Andreas kemudian menerbitkan buku berjudul Menuju Pengajaran Gaya di sekitar awal tahun 1900-an, yang didasarkan dari 10 aturan Friedrich Nietzhche ini.


Tentunya, Anda mesti membaca artikel berjudul "Seni (yang) Hidup Menurut Friedrich Nietzche" dan Sekilas Tentang Kelahiran Nihilisme Nietzche yang Berdampak Besar Bagi Kesenian Abad ke-20 sebelum lanjut ke 10 aturan menulis menurut Friedrich Nietzche.


Intinya adalah, 10 aturan menulis menurut Nietzche difokuskan pada ide dan penjelasannya, serta keotentikan tulisan tersebut. Berikut ulasannya;


10 Aturan Menulis Menurut Nietzche


  1. Aturan pertama, gaya tulisan (stilistik) harus hidup dan komunikatif.
  2. Kedua, gaya tulisan tersebut disesuaikan dengan siapa kemungkinan lawan bicara Anda. Jadi, tulisan yang dibuat di Facebook misalnya, akan berbeda dengan yang dimuat di jurnal.
  3. Sebelum mulai menulis, pertama pikirkan apa ide yang akan ditulis. Bisa dikatakan premis adalah hal pertama yang harus dipikirkan, sebelum mulai menulis.
  4. Aturan keempat, seorang pembaca mesti merasakan "segalanya" dari tulisan tersebut. Dengan kata lain, gunakan segala indra Anda untuk mendapatkan apa yang ingin dituliskan, sehingga semua indra pembaca juga terangsang untuk merasakan isi tulisan.
  5. Kadang seseorang begitu lancar berbicara, namun tak jelas apa yang disampaikan lewat tulisan. Meski bahasa tulisan terkesan lebih kaku daripada bahasa lisan, namun pembaca mesti merasakan dan "mendengar" isi dari tulisan tersebut sejelas mungkin.
  6. Hindari membuat kalimat yang terlalu panjang, sebelum diberi tanda koma atau diakhiri dengan titik. Pembaca bisa kehabisan nafas membaca kalimat tersebut.
  7. Ingat tentang ide awal sebelum mulai menulis? Yah, tulisan Anda harus berhasil membuktikan dan menjelaskan ide tersebut. Pada akhirnya, seorang pembaca menjadi percaya dengan ide yang Anda tawarkan.
  8. Ada kebenaran yang berlaku universal, namun ada juga yang berlaku lokal. Seperti makan babi di banyak tempat mayoritas Islam adalah suatu kesalahan, sedangkan di tempat lainnya justru sebuah keharusan. Nah, untuk menuliskan kebenaran yang berlaku universal, maka gunakan bahasa yang memikat. Apalagi, bila kebenaran yang Anda paparkan adalah sebuah hal yang begitu abstrak.
  9. Penulis prosa yang baik akan "mendekati" puisi, namun tidak menulis puisi.
  10. Sopan santun dikedepankan dalam sebuah tulisan. Karena kesopanan tersebut membuat pembaca lebih suka dengan tulisan tersebut. Tulisan Anda selayaknya dibuat oleh orang yang memiliki kebijaksanaan yang tinggi.


Itu tadi 10 aturan menulis berdasarkan pemikiran Nietzche. Tentunya, Anda bisa mencari buku berjudul "Toward the Teaching of Style" yang ditulis oleh Lou Andreas-Salome untuk mendapatkan penjelasan lebih detail terhadap aturan menulis Nietzche tersebut.

Ads