Tips Agar Anak Anda Aman Bermain Game Daring di Gadget -->
close
Pojok Seni
07 December 2021, 12/07/2021 11:40:00 PM WIB
Terbaru 2021-12-08T19:36:01Z
Opini

Tips Agar Anak Anda Aman Bermain Game Daring di Gadget

Advertisement
Anak kecil bermain gadget

Di era teknologi seperti saat ini, bisa dikatakan akan sangat sulit menghindarkan anak dari gadget. Namun, Anda tetap bisa menjaga agar anak tidak sampai mendapat pengaruh buruk dari game yang dimainkan.


Game yang tepat bisa membuat anak dapat mendapatkan efek baik. Mulai dari mendapatkan pengetahuan baru, belajar mengenal bentuk, memecahkan masalah, berkreasi, mengasah kemampuan, daya ingat, dan sebagainya. Sedangkan efek buruk yang kadang bisa didapatkan dari game adalah konten kekerasan dan brutal, dan konten lain yang sering ditemukan pada game untuk usia dewasa.


Efek lainnya adalah kecanduan game yang bisa membuat anak tidak bisa lepas dari gadgetnya. Karena itu, perlu diterapkan aturan yang ketat untuk anak Anda yang ingin bermain game. Misalnya, Anda menerapkan waktu kapan bisa dimulai dan kapan bisa selesai waktu bermain game tersebut. Khusus di hari minggu bisa saja Anda letakkan waktu yang lebih banyak, ketimbang hari lainnya. 


Anak harus mulai belajar mengenali aturan dan waktu. Kapan waktu untuk belajar, kapan waktu untuk bermain, dan sebagainya, harus disepakati bersama anak dan diikuti. Apabila selama ini Anda sudah membiarkan anak bermain game lebih lama, tentunya ini bisa membuat penerapan peraturan akan lebih sulit. Di sini waktunya Anda sedikit lebih keras, dengan menerapkan hukuman tertentu bila anak melanggar peraturan yang sudah disepakati bersama.


Kedua, hindari anak Anda menjadi seorang buyer untuk game online. Hal itu bisa membuatnya seakan rugi untuk sekedar berhenti bermain sebentar. Oleh karena itu, pilihkan game yang membuat anak Anda tidak perlu membeli item-item apapun, apalagi bila anak Anda masih usia SD.


Ketiga, agar tidak merusak smartphone atau gadget Anda, maka hindari game yang harus diunduh dalam ukuran yang besar. Untuk bisa mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa mencoba situs permainan seperti Plays.org dan sebagainya. Di situs tersebut, ada ribuan permainan yang ditujukan khusus untuk anak bahkan dewasa, yang tidak perlu diunduh alias bisa dimainkan langsung di website itu sendiri.


Hasilnya, Anda tidak perlu mengunduh, bahkan membeli item, namun anak bisa mendapatkan pilihan game hingga ribuan, jadinya tidka cepat bosan. Seperti salah satu game yang bisa dimainkan di Plays.org ialah Scooby Doo and Guess Who Ghost Creator


play scooby doo on plays.org


Game ini menarik karena anak bisa menggambar "hantu" yang dimaksud sesuai kreativitasnya, lalu membantu Scooby Doo dan teman-teman untuk menebak siapa pelaku yang menakut-nakuti dengan hantu jadi-jadian. Lebih menariknya, Anda tidak perlu mengunduh game ini, karena bisa langsung memainkannya di website Plays.org.


Cara memainkannya juga mudah, karena petunjuk permainannya sangat mudah dimengerti anak-anak. Lalu, bila menggunakan laptop atau PC, cara memainkannya hanya dengan mengoperasikan mouse. Sedangkan bila menggunakan smartphone atau tablet, hanya perlu menyentuh layar di tempat yang sudah ditentukan. Setelah menggambar "hantu" sesuai keinginannya, anak tinggal menekan layar agar Scooby Doo dan Shaggy berlari dengan secepatnya hingga bertemu dengan teman-temannya yang sudah siap dengan perangkap hantu. 


play scooby doo on plays.org

Atau pilihan game lainnya seperti permainan catur, mahjong, basketball, bike, boat, bubble shooter, dan sebagainya. Juga ada rating yang diberikan para player lain, misalnya seperti kenyamanan, desain, grafis, dan sebagainya, untuk menjadi tolok ukur kita membantu anak memilih permainan yang tepat. Terpenting, juga ada informasi apakah game tersebut mengandung adult content, atau tidak. Jadi, bisa lebih aman untuk dimainkan oleh anak Anda. Ratusan bahkan ribuan permainan tersebut bisa dicek di situs Plays.org.


Itu tadi beberapa tips agar anak Anda tetap aman bermain game daring. Semoga bermanfaat.

Ads