Pelajari Niat Dan Tata Cara Melaksanakan Sholat Dhuha -->
close
Pojok Seni
01 December 2021, 12/01/2021 12:58:00 AM WIB
Terbaru 2021-11-30T17:58:05Z
Artikel Sponsor

Pelajari Niat Dan Tata Cara Melaksanakan Sholat Dhuha

Advertisement
niat dan tata cara shalat dhuha


Melaksanakan ibadah sholat 5 waktu memang merupakan salah satu ibadah yang diwajibkan bagi umat manusia, tapi tahukah Anda bahwa ada ibadah sholat lainnya yang ternyata bisa menambah nilai ketaatan kita di mata Allah SWT. Selain itu sholat ini juga memiliki keutamaan – keutamaan yang bisa diperoleh orang yang menunaikannya.


Ibadah tersebut adalah ibadah sholat dhuha, meskipun sholat dhuha ini merupakan ibadah sholat sunnah tetapi pahala dan juga keutamaan yang bisa diperoleh tidak main – main. Bahkan dalam Alquran dan juga hadit banyak dijelaskan bahwa barangsiapa yang rajin melaksanakan ibadah sholat dhuha ini sebanyak 4 rakaat saja setiap paginya maka akan Allah bangunkan istana untuknya di surga kelak.


Tentunya siapa hamba yang tidak ingin mendapatkan jaminan seperti itu, hanya dengan melaksanakan ibadah yang memakan waktu tidak lebih dari 30 menit tetapi kita sudah bisa mendapatkan balasan yang luar biasa besarnya dari Allah. Untuk itu sebaiknya kita sebagai umat muslim tidak menyia – nyiakan kesempatan tersebut.


Bagi Anda yang ingin mempelajari tentang tata cara dari mulai membaca niat sholat dhuha sampai dengan doa setelah melaksanakan sholat dhuha tersebut, maka Anda bisa melihat urutan berikut ini.


1. Pertama bebas dari hadats


Hal pertama sebelum melaksanakan sholat dhuha yaitu Anda harus dalam keadaan berwudhu dan bebas dari hadats kecil maupun besar.


2. Kedua anda membaca niat sholat dhuha


“Ushalli Sunnatan-dhuhaa rak'ataini lillaahi ta'aalaa.”

Artinya : "Aku niat sholat sunah dhuha dua rakaat, karena Allah ta'ala.”


3. Ketiga pelaksanaan Sholat Dhuha


Melakukan ibadah sholat dhuha sebenarnya sama saja dengan melakukan ibadah shalat wajib biasa, yakni :


Rakaat pertama diawali dengan takbir, lalu membaca iftitah, lalu membaca al-fatihah, dan dilanjutkan dengan membaca surat pendek apa saja. Hanya saja dianjurkan untuk membaca surat Asy-Syam atau Al-Lail. Kemudian rukuk, lalu iktidal, dan melakukan sujud, bangun dan duduk diantara dua sujud, kemudian sujud kembali seperti sholat biasa.


Setelah rakaat pertama selesai dilajutkan rakaat kedua seperti urutan diatas hanya saja tanpa membaca iftitah kembali. Kemudian diakhiri dengan tasyahud akhir dan membaca salam dua kali.


Jika Anda ingin melaksanakan shalat dhuha lebih dari 2 rakaat maka Anda bisa mengulangi tata cara berikut sesuai dengan jumlah rakaat sholat yang Anda akan lakukan. Biasanya untuk sholat dhuha bisa dilaksanakan sampai 12 rakaat dengan 2 rakaat setiap kali sholatnya.


4. Membaca Doa setelah Sholat Dhuha


Setelah melaksanakan sholat dhuha jangan terburu – buru meninggalkan tempat Anda sholat karena masih ada amalan berupa doa yang bisa Anda bacakan setelah Anda melaksanakan sholat dhuha tersebut berikut doanya.


“Allahumma innadhdhuha-a dhuha-uka, walbahaa-abahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwaatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ishmata ishmatuka. Allahuma inkaana rizqii fissamma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’siron fayassirhu, wainkaana harooman fa thohhirhu, wa inkaana ba’idan fa qoribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita ‘ibaadakash shoolihiin.”


Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih."

Ads