Komunitas Sudut Baca Lintau Sukses Angkat Teatrikal Puisi‘Sepuntung Rokok Mak Tuo’ -->
close
Pojok Seni
02 December 2021, 12/02/2021 07:00:00 AM WIB
Terbaru 2021-12-02T00:00:00Z
ArtikeleventSastra

Komunitas Sudut Baca Lintau Sukses Angkat Teatrikal Puisi‘Sepuntung Rokok Mak Tuo’

Advertisement

Foto pementasan teatrikal puisi Gaung

Pentas ini adalah pentas pertama Kali di Lintau Buo


Oleh: Defika Irma Suryani


FIB-Komunitas Sudut Baca Lintau sukses menggelar pementasan teatrikal puisi berjudul ‘Sepuntung Rokok Mak Tuo’ untuk pertama kali di wilayah Lintau Buo Utara, Tanah Datar pada 27/11/2021. Pementasan ini turut dihadiri beberapa penyair kondang Sumatera Barat, pejabat pemerintah daerah setempat, serta beberapa komunitas-komunitas lain dari Sumatera Barat. 


Sebanyak enam buah Puisi karya Defika Irma Suryani yang merupakan alumni Sastra Inggris Universitas Andalas dipentaskan dalam dua teatrikal puisi pada pementasan teatrikal puisi ‘Sepuntung Rokok Mak Tuo’ di Balai Tangah, Tanah Datar. Teatrikal puisi ini disutradai oleh Nur Azizah Firstri Efendi yang juga merupakan alumni Sastra Indonesia Universitas Andalas dengan penata musik M. Fajrian Ardella S.Sn dan Frans Tri Nanda sebagai Penata Cahaya.


Pementasan teatrikal puisi ini turut menghadirkan penyair asal Agam Irmansyah sebagai guest star. Rangkaian acara pada pementasan tersebut diantaranya penampilan tari gelombang oleh siswa SMA N 1 Lintau Buo berkolaborasi dengan Sanggar Rajo Adat Buo,  Rohmatik Performance dari Irmansyah, , Teatrikal Puisi ‘Gaung’ oleh Defika dan Nur Azizah sebagai aktor, Gandang Tambua oleh Sanggar Adat Buo, dan pementasan Teatrikal Puisi ‘Sepuntung Rokok Mak Tuo’ oleh Nia, Aliya, Novan, Dhea, dan Diah.


“Aktor yang dipilih untuk teatrikal puisi ‘Sepuntung Rokok Mak Tuo’ merupakan siswa-siswa terpilih dari SMA dan SMK di Lintau Buo. Mereka sempat melakukan casting sebelum akhirnya terplih sebagai aktor untuk pementasan teatrikal puisi ini.” Ungkap Nur Azizah selaku sutradara pementasan.


Foto bersama aktor pementasan teatrikal puisi ‘Sepuntung Rokok Mak Tuo’ bersama penyair Irmansyah dan pemuka masyarakat Lintau Irwan Caniago Mantari Gagah


Beberapa tamu undangan yang hadir pada pementasan ini diantaranya penyair Iyut Fitra dan Heru Joni Putra yang turut memboyong Komunitas Intro dari Payakumbuh. Selain itu, masyarakat Lintau Buo dan sekitarnya juga tampak antusias menyambut pementasan ini meskipun masih banyak dari masyarakat yang tidak mengerti apa itu teater dan puisi.


“Pementasan ini bertujuan untuk memperkenalkan seni teater dan juga puisi kepada masyarakat Lintau Buo. Alhamdulillah, masyarakat tampak tertarik dan antusias dengan pementasan ini dibuktikan dengan banyaknya penonton yang hadir meskipun belum pernah diadakan pementasan teater di Lintau. Pementasan ini tak lepas dari totalitas kontribusi aktor, crew pementasan, dan Komunitas Sudut Baca Lintau yang sangat bersemangat untuk menghadirkan teatrikal puisi di Lintau Buo” Ucap Tomi Saputra selaku ketua acara.


Acara pementasan teatrikal puisi ini ditutup dengan diskusi kecil antara Komunitas Sudut Baca Lintau dan Komunitas Intro Payakumbuh pasca pementasan teatrikal puisi ‘Sepuntung Rokok Mak Tuo.’

Ads