Bersyukur Sebagai Orang Desa Ala Musisi Lumajang Ismam Saurus -->
close
Pojok Seni
03 December 2021, 12/03/2021 07:00:00 AM WIB
Terbaru 2021-12-03T06:10:47Z
ArtikelMusik

Bersyukur Sebagai Orang Desa Ala Musisi Lumajang Ismam Saurus

Advertisement


PojokSeni.com - Kamis, 2 Desember 2021, tim Pojok Seni menerima rilis dari seorang musisi bernama Ismam Saurus yang sedang merilis single terbarunya berjudul "Orang Desa". Maka, di waktu yang nyaris bersamaan ketika email tersebut diterima, Pojok Seni mencoba mendengarkan single tersebut.


Harus diakui bahwa Pojok Seni justru baru membaca "pengantar" tentang siapa Ismam Saurus, dan apa saja yang telah dilakukannya, setelah mendengarkan sampel lagu yang dikirimkannya. Dari sekali dengar, kita langsung bisa menyimpulkan bahwa Ismam Saurus jelas terpengaruh oleh musik folk dan country dari John Denver dan Bob Dylan. Semacam lagu "Orang Desa" ini memang mix dari John Denver dengan Bob Dylan.


Harus jujur bahwa setelah mendengar lagu ini, memang lagu Country Roads-nya John Denver, dan Blowin' in the Wind-nya Bob Dylan langsung terputar di kepala. Mungkin (seperti di tulisan pengantar) bahwa juga ada sentuhan Iwan Fals di warna vokal. Tapi pengaruh Bob Dylan terlalu kental di single ini.


Suasana desa Ismam Saurus di Lumajang, mungkin tak begitu tergambar lewat notasi dan melodi. Meski, Ismam Saurus mencoba menggambarkannya lewat lirik lagunya. Musik ini memang sudah terlalu kental dengan suasana khas pedesaan di Amerika; padang pasir, cowboy, kijang berlarian, lalu ada bar di ujung jalan.


Musisi Lumajang, Ismam Saurus


Meski demikian, lagu ini memang cukup indah untuk menemani Anda di perjalanan. Diputar di mobil ketika menyusuri jalan panjang, atau ketika beristirahat sambil menikmati kopi di teras rumah. Liriknya mengajak untuk bersyukur, dan berterima kasih pada Tuhan, bahwa Indonesia punya desa yang indah. Tidak ada gedung menjulang, tapi pegunungan begitu indah. Tidak ada penyejuk ruangan, tapi semilir angin tetap sejuk. 


Berikut Pojok Seni mengutip terkait single "Orang Desa" ini dari pengantarnya:


Album terbaru yang diberi judul “Orang Desa” ini direkam di Lumajang bersama sound engineer sesama musisi Lumajang yaitu Viky Yonata, diproduseri oleh Gahtan Thoriq serta diolah mixing-masteringnya oleh Dipo. Ismam Saurus pun seakan memanfaatkan waktu-waktu panjang PPKM selama November 2020 sampai Oktober 2021 untuk menyelesaikan album ini. Memang hikmahnya pengetatan mobilitas, orang lebih banyak mempunyai waktu untuk di rumah dan berkarya. 


EP Gembala yang rilis di bulan April 2021 serta video yang rilis November yaitu “Pembangunan” seakan menjadi preambule menuju full album “Orang Desa”. Album yang masih bernaung di label rekaman Comforting Sounds Record ini bisa dinikmati secara digital pada tanggal 2 Desember 2021. Sebuah persembahan yang tepat sebelum memasuki masa PPKM kembali di akhir Desember nanti.


Link Rilisan Digital : 

https://open.spotify.com/artist/4epFraumq1E7tvSv2OoVHx?autoplay=true


Satu poin menarik dari karya ini adalah, meski sangat terpengaruh dengan musisi dari luar negeri, namun Imam Saurus menulis lirik berbahasa Indonesia yang apik. Jadi, bila Anda penasaran, tentunya bisa mendengar lagu ini lewat link Spotify di atas.  Mari, dukung terus karya anak negeri sendiri.

Ads