Women On Stage Hadirkan Wanita Membaca Karya dari Indonesia, Filipina dan Australia -->
close
Pojok Seni
29 October 2021, 10/29/2021 07:00:00 AM WIB
Terbaru 2021-10-29T00:00:00Z
Beritaevent

Women On Stage Hadirkan Wanita Membaca Karya dari Indonesia, Filipina dan Australia

Advertisement



Dari Indonesia, Women On Stage menghadirkan Asian and Australian Women on Dramatic Reading and Culture sebagai bagian dari Program Cambodian Living Arts Culture Over Coffee



pojokseni.com - Women On Stage (WOS), didukung oleh Cambodian Living Arts (CLA) dan Asia-Europe Foundation (ASEF), mengumpulkan dramawan dari Filipina, Australia, dan Indonesia untuk Asian and Australian Women on Dramatic Reading and Culture sebagai bagian dari CLA's Culture Program Over Coffee.


Seniman akan berbagi kutipan dari drama mereka dan mendiskusikan karya mereka, berusaha untuk memahami dan mengakui kesamaan dan penulisan perspektif yang berbeda serta mengeksplorasi kemungkinan kolaborasi di masa depan dan kinerja karya rach orang lain. Tidak ada teater universal - meskipun banyak drama mampu menjangkau di luar konteks di mana mereka ditulis, seringkali karya awalnya ditulis untuk audiens tertentu dengan pemahaman khusus tentang dunia dan pengalaman khusus. Acara ini memberikan kesempatan kepada enam dramawan yang diundang untuk mempresentasikan karya mereka dan mengujinya dengan penonton, bukan dari negara asal mereka.


Acara Women on Stage/ Culture over Coffee mempertemukan seniman dengan. Berbagai latar belakang termasuk penulis yang baru muncul dan pemain yang lebih berpengalaman dan sutradara teater menyajikan karya yang mencerminkan dunia berbeda tempat mereka tinggal dan menimbulkan pertanyaan.


Dari Indonesia, Herlina Syarifudin, direktur artistik Keluarga Teater dan pendiri Women On Stage (WOS), adalah seorang penulis naskah drama, pemain, pendidik, dan sutradara berpengalaman. Ia mempersembahkan karyanya “Namaku Nama” - “My Name is Name” yang memadukan tradisi budaya dan mitologi Jawa yang berdampak besar pada perempuan. Drama ini berfokus pada penderitaan antar generasi perempuan dari nenek ke ibu ke anak perempuan. Juga dari Indonesia, berbasis di Kendal, Jawa Tengah, penulis pendatang baru dan aktivis seni dan pendidik, Venny Zega mempersembahkan karya barunya “Lontong Opor” kari tradisional Indonesia dengan lontong) tentang "mudik" yang berarti kembali ke tempat kelahiran sebagai budaya Muslim Indonesia selama hari raya Islam, Idul Fitri (yang terjadi pada akhir bulan puasa). Dia mengeksplorasi bagaimana pandemi secara drastis mempengaruhi situasi dan bagaimana orang menyesuaikan tradisi mereka untuk memenuhi kebutuhan mereka.


Maria Theresa C. Belleza pekerja budaya dan manajer produksi lepas dan sekretaris jenderal Women Playwrights International - Filipina dan mentor berpengalaman yang terbang antara Negors dan Manila serta tempat-tempat lain di Filipina, memelihara dan mendukung seniman baru. Ia pernah menjadi Ketua Sekretariat Festival Internasional Penulis Drama Wanita ke-6 di Filipina pada tahun 2003. Karyanya telah dipresentasikan tiga kali di Women Playwrights International di Afrika Selatan, Chili, dan salah satu karyanya akan diproduksi sepenuhnya di Women Playwrights Internasional di Montreal akhir tahun ini. Ia akan mempresentasikan karyanya “The Mango Tree”, sebuah work in progress, yang menceritakan kisah semut pekerja yang hidup berkoloni di pohon mangga yang merefleksikan kesadaran kolektif dengan mengikuti perintah. Itu awalnya ditulis Phillipino dan berjudul "Ang Pun ng Mannga" dan pertama kali dibaca di Pusat Kebudayaan Bulan Wanita Filipina pada Maret 2019.


Acara ini dengan bangga menjadi tuan rumah bagi dua penulis dan sutradara baru dari Performance Laboratory Incorporated di pulau Negros Occidental, di Filipina yang berjarak sekitar 700 km dari Manila. Noel Pahyupan, menyajikan "End Scene" di mana kehidupan pribadi dan profesional seorang sutradara dan penulis naskah saling terkait, adalah aktor, sutradara, penulis naskah baru, dan anggota Performance Laboratory yang berbasis di Negros. Karya ini telah diganjar penghargaan Fellowship dengan CCP Virgin Labfest Writing Fellowship 15 2019 di Pusat Kebudayaan Filipina.


Venisa Buenflor adalah seorang pekerja budaya dan aktor Teater, sutradara, dan penulis drama baru yang berbasis di Negor dan anggota Performance Laboratory Incorporated. Ia menampilkan drama baru “Ang Biyah Ni Gregory” (Perjalanan Gregory) mengangkat tema anak muda dan keprihatinan mereka saat dua bersaudara merefleksikan kemenangan, harapan, kegagalan, dan penyesalan mereka serta pilihan yang mereka buat.


Berasal dari Australia, namun berdomisili di Indonesia selama 30 tahun dan seorang sutradara/ aktor/ penari tradisional, Kerensa Dewantoro “Jengkol: Jangan Jengkel”,(Jengkol{local food}: don't be mad.) dalam kutipannya mengeksplorasi isu-isu salah tafsir dan kesalahpahaman budaya dalam berbagai versi Islam; dan stereotip yang bergerak dua arah antara Islam dan Barat. Dia juga akan mengajukan pertanyaan tentang identitas dan siapa yang berhak menulis tentang masalah


Pentingnya pertemuan semacam ini untuk berjejaring antar seniman terbukti dengan Herlina S, Kerensa, dan Maria Theresa C. Belleza (Tessa) dapat terhubung dan bertemu karena kesempatan yang dihadirkan oleh WPI Internasional. Herlina Syarifudin dan Tessa bertemu di Women Playwrights International Conference (WPIC 2015) di Cape Town, Afrika Selatan. Diharapkan acara Culture Over Coffee ini akan menghasilkan lebih banyak koneksi regional antara seniman untuk memamerkan karya mereka, menjangkau audiens baru dan melihat karya mereka melalui mata orang lain di wilayah tersebut daripada pandangan penulis naskah yang berpusat pada Eropa.


Informasi lebih lanjut silakan menghubungi Herlina Syarifudin http://wa.me/+628179611519  Or via  email onstagewomen@gmail.com 


Waktu pelaksanaan

Jumat, 29 Oktober 2021 jam 20.00 WIB / 9 PM waktu Filipina

Sabtu, 30 Oktober 2021 jam 20.00 WIB / 9 PM waktu Filipina


Via Zoom Meeting


Topic: Asian and Australian Women on Dramatic Reading and Culture


Join Zoom Meeting

https://zoom.us/j/4246354734?pwd=ck9iSGZjNG5DMEpxN2NXV2lvdThjUT09 


Meeting ID: 424 635 4734

Passcode: WOS


Dan disiarkan secara langsung di kanal YouTube WOMEN ON STAGE https://youtube.com/channel/UCKUY5olovV-Eb7ugutcnjmQ 

Ads