Jangan Lewatkan Panggung SIRAT di Lampung Akhir September 2021 -->
close
Pojok Seni
12 September 2021, 9/12/2021 07:00:00 PM WIB
Terbaru 2021-09-12T12:00:00Z
event

Jangan Lewatkan Panggung SIRAT di Lampung Akhir September 2021

Advertisement
Panggung SIRAT


Pojokseni.com - Sebanyak 4 grup seni di Provinsi Lampung, antara lain Dian Arza Arts Laboratory (DAAL), GAR Dance Story, Sako Serikat, dan SJ Project akan pentas dalam acara bertajuk Panggung SIRAT di tanggal 24 - 25 September 2021. Pentas ini akan digelar dengan konsep hybrid alias ditampilkan secara luring dan offline. Kegiatan ini digelar secara independen dan nonprofit.


Dijelaskan oleh stage manager kegiatan ini, M Rizky, bahwa kolaborasi karya ini ditujukan untuk merespon pengaruh hedonisme yang begitu kuat memengaruhi kalangan muda di daerah tersebut. Bentuk kegelisahan tersebut yang akan dituangkan lewat karya yang akan ditampilkan di Panggung SIRAT. Lewat kegiatan ini, sambung alumnus ISI Yogyakarta ini, akan dikenalkan lagi filosofi dari SIRAT. "SIRAT secara simbolik bermakna kekuatan untuk menyatukan ruh tradisi yang dilupakan oleh generasi muda. Tidak apa memelajari budaya lain, namun jangan tinggalkan budaya lokal. Bila perlu, tampilkan tradisi dengan cara modern," kata M Rizky.


Kegiatan ini, sambung Rizky, akan digelar dengan mematuhi protokol kesehatan mengingat masih dalam kondisi Pandemi Covid-19. Salah satunya adalah penonton luring dibatasi hanya untuk 30 penonton per hari. Di dalam satu hari, akan digelar dua pertunjukan yakni sore dan malam hari. Pertujukan sore ditujukan untuk para guru, dan pelajar, yang ditujukan sebagai ruang apresiasi.


"Sedangkan di malam hari, ditujukan untuk mahasiswa dan seniman, yang ditujukan sebagai ruang diskusi," lanjut Rizky.


Oleh karena itu, panggung SIRAT mengusung misi sebagai ruang kontemplasi. Tidak hanya itu, tapi juga mengajak masyarakat setempat untuk tetap melestarikan sekaligus menjaga seni budaya tradisi. Hal tersebut juga dianggap oleh para pengisi acara sebagai bentuk tanggung jawab moral para pelaku seni.


Untuk menyaksikan kegiatan ini baik secara daring maupun luring, bisa dengan mendaftarkan diri di tautan https://docs.google.com/forms/d/1gpeBslcxeBCq8H39otbBSpBGUuxWfJ17x9FFivlTd2k/prefill serta mematuhi protokol kesehatan bagi penonton luring.

Ads