Tips Mengepel Lantai Keramik Agar Kembali Kinclong yang Murah dan Mudah -->
close
Pojok Seni
01 July 2021, 7/01/2021 11:05:00 PM WIB
Terbaru 2021-07-01T16:05:32Z
Artikel Sponsor

Tips Mengepel Lantai Keramik Agar Kembali Kinclong yang Murah dan Mudah

Advertisement
tips mengepel lantai keramik agar selalu mengkilap
tips mengepel lantai keramik agar selalu mengkilap

Ketika pertama dipasang, tentunya lantai keramik begitu berkilau dan mengilap. Namun, lama kelamaan, meski sering dipel dengan rutin, warnanya perlahan seperti memudar. Adakah tips mengepel lantai keramik agar selalu mengkilap?


Tentunya, mengepel lantai saat ini tidak hanya ditujukan untuk memperindah rumah. Tapi, di saat pendemi penyakit menular seperti Covid-19 juga beberapa penyakit yang kerap datang di musim pancaroba ini sangat penting dihindari dengan cara memastikan kebersihan rumah. Salah satu cara yang diambil adalah mengepel lantai rumah.


Pada awalnya, Anda mungkin menggunakan pengepel lantai terbaik yang dijual di pasaran. Namun, ada kalanya di beberapa tempat, kotoran yang ingin dilepaskan dari lantai keramik tidak juga lepas. Maka Anda perlu cara lain untuk membersihkan lantai keramik kembali kinclong seperti sedia kala.


Ternyata ada beberapa bahan lain yang bisa digunakan untuk mengepel lantai keramik agar selalu mengkilap. Beberapa bahan-bahan tersebut mudah ditemukan di sekitar Anda, bahkan mungkin ada di dalam lemari makanan Anda. Yah, bahan-bahan yang akan dibahas dalam artikel ini adalah bahan yang sering ditemukan di dapur.


Tiga bahan yang dimaksud adalah Lemon, Baking Soda, dan Cuka. Bagaimana cara mengepel lantai keramik agar mengkilap dengan tiga bahan tersebut?


Simak tips mengepel lantai keramik agar selalu mengkilap berikut ini:


Tips mengepel lantai keramik agar selalu mengkilap, menggunakan cuka


Cuka sangat efektif membersihkan kotoran di atas keramik karena sifatnya yang asam. Tidak hanya itu, cuka tersebut juga mampu menjadikan keramik menjadi lebih kinclong. Karena itu, sejak dulu cuka sudah dipercaya banyak orang untuk membersihkan lantai rumah berbahan keramik.


Cara menggunakannya, pertama Anda siapkan dulu air hangat, lalu campurkan cuka secukupnya. Aduk merata, lalu gunakan sebagai cairan pembersih lantai keramik. Bila Anda lakukan secara rutin, maka keramik Anda akan menjadi semakin berkilau.


Tips mengepel lantai keramik agar selalu mengkilap, menggunakan baking soda


Punya banyak baking soda di lemari makanan Anda? Tidak apa-apa bila Anda manfaatkan juga untuk membersihkan lantai keramik. Cara menggunakannya, taburkan baking soda beberapa sendok saja ke lantai. Kemudian, siramkan dengan air dengan cara perlahan, bila perlu diteteskan.


Kemudian, baking soda tentunya akan bereaksi. Biarkan saja dahulu hingga berapa menit, baru kemudian Anda menggunakan kain pel dan air bersih untuk membersihkan lantai keramik Anda. Hasilnya, kotoran akan terangkat bersama baking soda dan terbuang bersama air yang menyiramnya ketika dipel.


Tips mengepel lantai keramik agar selalu mengkilap menggunakan lemon


Berikutnya, Anda bisa menggunakan lemon untuk membersihkan lantai keramik Anda. Caranya, peras terlebih dulu lemon ini dan campurkan dengan air hangat dan masukkan ke dalam tempat penyemprot kecil. Perasan lemon dan air hangat perbandingannya 1 banding 3, agar air tersebut cukup keasamannya.


Langkah selanjutnya, tinggal semprot perlahan ke lantai keramik yang akan dibersihkan. Setelah itu, biarkan hingga beberapa menit sebelum dipel kembali dengan kain bersih. Tidak hanya mengkilapkan dan membersihkan, tapi cairan lemon ini juga ampuh untuk membunuh kuman, virus, dan bau di lantai Anda.


Itu tadi tips mengepel lantai keramik agar selalu mengkilap yang bisa Anda lakukan. Selain menjaga kesehatan dan menjaga keluarga terhindar dari penyakit berbahaya, tentunya bisa juga membuat rumah Anda semakin berkilau dan indah, bukan?

Ads