Terbitkan "Prakarsa", DAAL Ceritakan Proses Kreatif 6 Seniman Muda Lampung -->
close
Pojok Seni
15 June 2021, 6/15/2021 07:00:00 PM WIB
Terbaru 2021-06-15T12:00:00Z
BeritaRekomendasi

Terbitkan "Prakarsa", DAAL Ceritakan Proses Kreatif 6 Seniman Muda Lampung

Advertisement



PojokSeni.com - Dian Arza Arts Laboratory (DAAL) asal Lampung berencana untuk meluncurkan buku berjudul "Prakarsa" di bulan Juli 2021 mendatang. Hal itu diungkapkan oleh pendiri DAAL, Dian Anggraini pada PojokSeni, Selasa (15/6/2021). "Buku ini merupakan salah satu program DAAL di bidang literasi, berisi proses kreatif dan pengalaman artistik 6 seniman muda yang beraktivitas di Lampung," ungkap Dian.


Keenam penulis ini antara lain Agung Hero Hernanda (musisi), Dian Anggraini (koreografer), Elkana Arlen Riswan (peracik kopi), Hasabi Readi Hadiyan (designer), Lora Gustia Ningsih (penari), serta M Rizky (penari). "Buku ini merupakan upaya DAAL untuk mendukung dokumentasi kesenian dan literasi yang sedang digalakkan pemerintah, ini murni nonprofit," kata Dian.


Dian menambahkan bahwa buku ini sangat terbuka untuk seluruh seniman muda yang ada di Lampung. Hanya saja, hingga batas waktu yang ditentukan, hanya ada enam seniman yang memberikan naskah serta mengikuti diskusi secara berkelanjutan. Proses penerbitan dimulai dari wawancara, penulisan, hingga editing dan finishing yang berlangsung selama 6 bulan. "Buku ini juga akan dicetak terbatas dengan ketebalan 127 halaman dan akan didaftarkan untuk mendapatkan ISBN sebagai bentuk identifikasi unik publikasi.


Dian yang juga dosen di UIN Raden Inten berharap buku ini mampu menginspirasi dan memotivasi semangat dan harapan seniman lainnya. Tujuannya, agar para seniman khususnya seniman muda akan tetap berkarya tanpa lelah. "Kami juga berharap buku ini menjadi warisan untuk generasi berikutnya," sambung Dian.


Dian menambahkan, ia juga berharap buku sejenis akan bermunculan di Lampung. Dengan demikian, kerja kreatif dari para seniman maupun komunitas menjadi sebuah catatan sejarah sekaligus menjadi tanda hormat terhadap proses kreatif seniman Lampung.

Ads