Latihan Meditasi untuk Meningkatkan Kepekaan: Vipassana -->
close
Pojok Seni
10 June 2021, 6/10/2021 07:00:00 AM WIB
Terbaru 2021-06-10T00:00:00Z
BeritaMateri Teater

Latihan Meditasi untuk Meningkatkan Kepekaan: Vipassana

Advertisement

PojokSeni.com - Selain mengolah fisik dan vokal, ada latihan meditasi yang kerap menjadi menu latihan utama bagi seorang performer, baik itu seniman teater, penari, pemusik, penyanyi, bahkan sampai pelukis sekalipun. Meditasi sudah sering dibahas di PojokSeni.com, Anda bisa membaca beberapa artikel terkait "meditasi" di pranala ini: Artikel tentang Meditasi.


Intinya adalah, meditasi merupakan salah satu latihan yang berupa relaksasi dengan melatih fokus pikiran, dan konsentrasi. Tujuannya untuk mendapatkan ketenangan, rasa kedamaian, serta mengenali diri sendiri, merasakan perasaan yang paling terdalam dan sebagainya. Meditasi bahkan bisa dilakukan di mana saja, dan kapan saja, agar Anda bisa terlepas dari rasa penat, stres, dan tekanan yang melanda.


Meditasi yang bisa Anda lakukan di mana saja adalah mindfulness meditation. Bila Anda sedang dalam keadaan normal, Anda bisa melakukan meditasi ini sendiri. Tapi bila Anda menerima tekanan tertentu, cemas, depresi, dan stress, maka sebaiknya Anda melakukannya dengan bimbingan orang lain. Pengaturan pernapasan, posisi yang nyaman, serta fokus pada detak jantung menjadi kunci dari berhasilnya meditasi satu ini.


Namun ada salah satu teknik meditasi yang cukup terkenal di India. Teknik ini bernama Vipassana, yang meminta Anda untuk "menutup mulut" alias diam, seberapapun inginnya Anda bicara. Diam tersebut dilakukan selama 5 hari atau mungkin lebih. Tujuan utama dari teknik meditasi Vipassana adalah untuk mencapai kualitas hidup yang sempurna dan memurnikan pikiran serta perasaan.


Anda mungkin akan berkumpul dengan beberapa orang di suatu ruangan, kemudian semuanya mengambil posisi yang paling nyaman untuk duduk dan dalam posisi paling tepat untuk bermeditasi. Sejak hari pertama, Anda hanya harus diam, dan mengingatkan diri untuk selalu diam. Hari pertama, mungkin akan terasa aneh, namun Anda akan segera terbiasa.


Selama beberapa hari tersebut, jauhkan dulu telepon, ponsel, internet, televisi, radio, atau apapun yang membuat Anda memedulikan hal yang tidak perlu Anda pedulikan. Anda hanya boleh memikirkan hidup Anda sendiri, ingat semua hal yang paling bisa Anda ingat sejak masih balita (atau sejauh mana Anda bisa mengingat). Meski Anda masih muda, anggap saja masih 17 tahun misalnya, tentunya ada banyak hal yang harus Anda ingat sepanjang hidup Anda.


Anda mungkin butuh tidur, tapi akhirnya ketika masuk ke hari kedua, hingga ketiga, Anda akan mulai tidak butuh banyak tidur. Anda akan tidur dengan waktu yang optimal, lalu tak bisa memaksakan tubuh Anda untuk tidur lagi. Apa yang akan terjadi selanjutnya? Dan apa manfaat Vipassana ini untuk Anda?


Manfaat Latihan Meditasi Vipassana 


  1. Anda akan lebih sensitif terhadap suara, yah suara apapun. Termasuk suara angin yang menerpa dedaunan, suara loteng, air yang menetes, dan sebagainya. Hal itu menguatkan indera pendengaran Anda hingga titik paling optimal, sampai-sampai Anda bahkan mendengar detak jantung dan pernapasan Anda sendiri di tengah keramaian.
  2. Anda menjadi tidak begitu mau bicara banyak, dan lebih banyak berbicara dengan tubuh bila menginginkan sesuatu. Anda akan memikirkan urgensi suatu pembicaraan sebelum berbicara. Bila menurut Anda tidak penting, juga bakal berdampak buruk bagi orang lain, maka Anda tidak mau membicarakan hal tersebut.
  3. Anda menjadi orang yang mampu mendengar bahasa yang tak tersampaikan lewat lisan. Baik itu tersampai lewat ekspresi wajah, maupun bahasa tubuh lainnya. Anda akan jadi lebih peka terhadap orang sekeliling Anda.
  4. Anda akan mendengarkan suara yang keluar dari mulut Anda sendiri sebagaimana mendengarkan rekaman. Dengan demikian, Anda bisa merasakan perasaan orang lain ketika mendengarkan suara Anda. Mungkin cukup aneh, tapi  lama-lama Anda akan terbiasa.


Itu tadi teknik latihan meditasi Vipassana, serta manfaatnya yang sangat signifikan untuk kehidupan Anda, apalagi bila Anda adalah seorang seniman. Anda memerlukan lagi ketajaman indra, kemurnian pikiran, serta daya imajinasi, juga respons pada lingkungan sosial. Tentunya, hal tersebut akan membantu Anda untuk terus menciptakan karya-karya baru yang menghiasi dunia.

Ads