Inovasi Batik: Cara Batik Indonesia Menyentuh Generasi Milenial -->
close
Pojok Seni
30 June 2021, 6/30/2021 04:19:00 PM WIB
Terbaru 2023-11-07T03:02:41Z
ArtikelBudaya

Inovasi Batik: Cara Batik Indonesia Menyentuh Generasi Milenial

Advertisement
Inovasi Batik: Cara Batik Indonesia Menyentuh Generasi Milenial

PojokSeni.com - Batik Indonesia tidak lagi terkesan sebagai kain yang hanya digunakan di saat formal. Buang juga jauh-jauh pikiran Anda bahwa batik Indonesia sudah ketinggalan zaman dan tidak up to date.


Penyebabnya, para pengrajin batik telah membuat banyak terobosan dan inovasi agar kain batik menjadi lebih modern dan menarik. Hal itu menjadikan kain batik Indonesia bisa menjadi pakaian sehari-hari oleh orang Indonesia khususnya generasi milenial.


Terobosan ini juga membuat kain batik semakin mendapat tempat di hati masyarakat. Terutama yang selalu ingin tampil all out dan menarik. 


Karena tampilan dengan batik akan menjadikan pemakainya lebih unik dan menarik. Apa saja inovasi batik Indonesia yang bisa memikat Anda untuk memilikinya, coba cek beberapa jenis pakaian modern dengan kain batik yang ditemukan Pojokseni berikut ini.


1. Celana Kulot Batik


Celana kulot bisa menjadi pilihan untuk tampil kasual, sekaligus semi-formal. Bahkan, celana kulot juga bisa jadi pilihan para wanita berhijab karena cukup panjang dan menutupi aurat dengan baik. Celana kulot dengan batik sudah banyak ditemukan saat ini, karena nyaman digunakan. Tentunya, celana kulot dengan kain batik mesti menjadi pilihan utama. Anda bisa memadukan dengan atasan apa saja dengan warna senada untuk tampilan yang menarik dan eksotik.


2. Jaket Batik


inovasi batik Indonesia


Ini pilihan berikutnya, Anda bisa menggunakan jaket batik untuk dalaman seperti kaos yang polos atau berwarna netral, seperti hitam atau putih. Jaket batik bisa menjadikan tampilan Anda tetap terkesan sederhana, namun juga tetap stunning. Anda bisa tetap menggunakan celana jeans dengan kaos, dipadukan dengan jaket batik untuk tampilan yang casual.


3. Rok lilit batik


inovasi batik Indonesia


Ingin coba lebih eksotis? Anda bisa menggunakan rok lilit batik. Bentuknya memang selembar kain, bukan rok pada umumnya. Jadi, ketika menggunakannya, Anda mesti "melilitnya"  sendiri. Tapi, Anda bisa buat kreasi sesuai keinginan Anda dan disesuaikan dengan keadaan. Jadinya, bisa digunakan untuk acara formal, tapi juga bisa untuk santai.


4. Kemeja Modern Batik


inovasi batik Indonesia


Kemeja tidak melulu menjadikan Anda tampak formal. Ada juga kemeja santai dengan kreasi seperti bagian bawah yang diikat. Jadinya, tampilan Anda lebih stunning, sekaligus santai namun tetap cantik.


5. Tank top batik


inovasi batik Indonesia

Ingin santai dan seksi, Anda bisa memilih tank top batik yang menarik. Bisa sebagai dalaman dengan paduan outer senada di bagian luarnya. 


6. Kardigan batik


inovasi batik Indonesia


Bisa terkesan semi-formal, bisa juga formal, tapi bisa juga di saat santai, tentunya kardigan bisa menjadi pilihan yang pas untuk Anda. Kardigan batik bisa jadi pilihan tepat untuk Anda, dengan dipadukan dalaman kaos berwarna netral.


7. Kimono batik


inovasi batik Indonesia


Kimono adalah jenis pakaian yang terinspirasi dari pakaian tradisional Jepang. Namun, Anda bisa melihat bagaimana beberapa kreasi pengrajin batik menjadikan tampilan Anda unik, edgy, sekaligus girly.


8. Kemeja tanpa lengan


inovasi batik Indonesia


Satu lagi untuk mendukung tampilan Anda terkesan manis, girly, dan seksi adalah kemeja tanpa lengan. Tentunya, motif batik akan menjadikannya semakin terlihat unik dan menarik.


9. Bikini batik


inovasi batik Indonesia


Ingin santai di pantai, atau berenang? Kenapa tidak coba bikini batik? Tentunya, bikini dengan motif batik akan menjadikan Anda pusat perhatian bukan?


Itu tadi 9 inovasi batik yang bisa Anda pertimbangkan untuk menjadikan gaya Anda semakin menarik. Tidak hanya itu, Anda juga akan tetap menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia yang sudah diturunkan ke puluhan generasi selama berabad-abad.


Dimana beli batik Indonesia Modern?


Beberapa pakaian yang ada di atas adalah produk dari brand Oedel Batik Indonesia. Produk dari brand satu ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp100 ribuan saja. Tidak hanya itu, pembelian saat ini akan mendapatkan bonus masker batik, yang mendukung tampilan Anda di tengah pandemi tetap unik dan stunning.


Anda bisa mengunjungi situs resmi Oedel Batik Indonesia di tautan www.oedel.id, atau berkunjung ke toko onlinenya di Shopee, atau Tokopedia.


Jadi, kenapa masih ragu untuk pakai batik saat ini? Ingat, batik Indonesia itu tidak melulu formal dan jadul yah!

Ads