Bahan yang Paling Tepat untuk Lantai Panggung Pertunjukan Teater -->
close
Adhyra Irianto
06 June 2021, 6/06/2021 07:00:00 PM WIB
Terbaru 2021-06-06T12:00:00Z
Materi Teaterteater

Bahan yang Paling Tepat untuk Lantai Panggung Pertunjukan Teater

Advertisement
Ilustrasi Lantai panggung teater

pojokseni.com Infrastruktur seni adalah salah satu unsur yang vital untuk tumbuh kembangnya seni pertunjukan di tanah air. Kebanyakan grup akan menyewa gedung milik pemerintah atau swasta untuk pentas masing-masing. Sebuah pertunjukan besar sudah siap dimulai, namun bagaimana dengan panggungnya, apakah sudah siap?


Bila Anda adalah orang yang bergerak di bidang pembangunan infrastruktur seni pertunjukan, maka pembuatan lantai panggung mesti dipertimbangkan dengan baik. Sebab, para performer mesti nyaman bermain di atas panggung. Lantai panggung yang baik akan membuat pertunjukan menjadi semakin baik. Namun, di beberapa gedung kesenian terutama di daerah, lantai panggung justru terbuat dari bahan-bahan yang tidak tepat.


Misalnya, lapisan keramik untuk lantai panggung. Tentunya, selain membuat pemain tidak nyaman, juga membuat set dekorasi dan artistik panggung juga susah dipasang. Ditambah lagi, pancaran sinar lampu yang mengarah panggung akan dipantulkan ke mana-mana oleh keramik yang ada di lantai panggung.


Jadinya, apa saja bahan yang tepat untuk lantai panggung pertunjukan?


Bahan yang paling umum digunakan sebagai lantai panggung adalah kayu. Namun, kayu jenis apa yang biasa dijadikan lantai panggung? Berikut ulasannya beserta kelebihan serta kelemahan bahan tersebut.


Kayu Pinus/Cemara


Kayu pinus atau cemara memang menjadi kayu yang cukup lunak. Biasanya, bahan ini digunakan di belakang tirai. Jadinya, tempat di mana set panggung dipasang. Lunaknya kayu pinus atau cemara memang kerap dianggap sebuah kelemahan. Namun, justru kelebihannya adalah ketika dekorasi panggung seperti untuk pertunjukan teater memerlukan pemasangan dengan cara dipaku ke lantai, maka lantai berbahan pinus ini tidak mudah pecah. Kalaupun pecah, akan lebih mudah ditambal. Biasanya, kayu pinus akan dicat berwarna hitam kelam agar tidak memantulkan cahaya, dan lapisannya adalah lapisan matte. Warna hitam ini juga menjadikan bekas tambalan akan tersembunyi.


Hardboard Tempered


Berikutnya, untuk lapisan lantai panggung sering digunakan hardboard tempered. Hardboard tempered adalah serat kayu yang dicetak dengan tekanan tinggi. Kadang-kadang, bahan ini kerap digunakan sebagai bahan lemari, atau meja belajar.


Kelebihan hardboard tempered adalah tidak mudah pecah, asalkan pemasangannya bukan dengan cara dipaku (menggunakan palu) tapi diskrup (bisa dengan bor, maupun obeng bila tidak begitu dalam). Sama seperti kayu pinus, apabila setelah set dilepas atau dibongkar, akan ada bekas lubang di tempat pemasangannya, maka lebih mudah ditambal dengan serat kayu.


Caranya, lapisan paling atas akan dicat berwarna hitam juga agar tidak memantulkan cahaya lampu yang menyorot ke atas panggung. Selanjutnya. hindari membeli hardboard ini di toko alat-alat rumah, karena biasanya yang dijual di toko adalah kualitas rendah. Untuk hardboard tempered kualitas tinggi, tentunya ada tempat pembelian khusus dan dipesan.


Maple


Kayu maple adalah salah satu jenis kayu keras, yang sering digunakan sebagai bahan body gitar akustik, hingga elektrik. Kayu satu ini lebih keras, dan tentunya lebih sering digunakan di bagian apron panggung (depan tirai) alih-alih di bagian belakang. 


Lapisan maple mungkin tidak cocok untuk dipasang set dekorasi untuk pentas misalnya, karena bila pecah akan terus melebar mengikuti serat kayunya. Tapi, kayu ini sangat keras dan tahan lama. Jadinya, bisa untuk panggung presentasi khusus, seperti baca puisi, mendongeng, dan sebagainya yang tidak perlu dekorasi tertentu.


Kelebihan lain dari maple adalah terkesan mewah dan menarik. Apalagi, bila dipasang di bagian depan panggung, dan apron panggung. Karena bagian itu paling banyak terlihat oleh penonton, akan sangat pas bila dilapisi dengan kayu maple.


Hal yang Perlu Dipertimbangkan untuk Lantai Panggung


Bahan-bahan yang disebutkan di atas adalah bahan yang paling banyak digunakan untuk pembuatan lantai panggung di dunia ini. Meski demikian, banyak hal yang masih harus diperhitungkan, khususnya untuk pondasi di bawah lapisan tersebut. Harus dipertimbangkan berapa daya tahan, daya tampung, dan seberapa sering akan digunakan.


Biasanya, akan ada lagi lapisan di atas lantai panggung kayu seperti yang diulas di atas. Ada yang melapisinya dengan karpet, ada juga yang melapisinya dengan laminasi. Bila laminasi sering dihindari karena ada kemungkinan untuk memantulkan cahaya, pilihan karpet bisa menjadi solusi.


Karpet tidak hanya membuat panggung terasa lebih berkelas dan memukau secara estetis tapi juga memungkinkan para pemeran, performer, aktor, dan siapapun yang berada di atas panggung juga akan lebih nyaman. Hanya saja, pilih karpet yang berwarna hitam agar bisa mendukung apapun kemungkinan dekorasi sesuai lakon yang dibawa.


Karpet sering dipilih untuk mengurangi suara sepatu yang beradu dengan lantai ketika dipanggung. Kemudian, lantai karpet juga mengurangi kemungkinan kayu menahan bobot berat di atas panggung secara langsung. Meski demikian, karpet cukup menyulitkan pemasang dekorasi, karena apabila karpet rusak setelah pemasangan set dekorasi panggung, maka hanya ada satu kemungkinan, yakni mengganti karpet tersebut.


Itu tadi ulasan terkait lantai panggung yang bisa Anda pertimbangkan. Selanjutnya, silahkan pilih yang paling tepat dengan kebutuhan Anda. 

Ads