Cara Membuat Berita Pertunjukan Teater untuk Promosi Daring di Website/Portal Berita -->
close
Pojok Seni
23 March 2021, 3/23/2021 04:30:00 AM WIB
Terbaru 2021-03-22T21:30:05Z
Berita

Cara Membuat Berita Pertunjukan Teater untuk Promosi Daring di Website/Portal Berita

Advertisement
Cara Membuat Berita Pertunjukan Teater untuk Promosi
Cara Membuat Berita Pertunjukan Teater untuk Promosi

pojokseni.com - Tanggal 27 Maret ini adalah peringatan Hari Teater Sedunia, tentunya akan ada banyak pementasan digelar pada momentum tersebut. Nah, pojokseni.com pun hadir sebagai salah satu media promosi gratis untuk pertunjukan Anda. Agar pertunjukan Anda dipromosikan secara gratis di website Pojokseni.com, tentunya Anda tinggal mengirimkan pers rilis ke email kami.


Sekarang, bagaimana cara membuat pers rilis tersebut? Agar sesuai dengan kreteria tulisan lainnya di pojokseni? Berikut beberapa langkah membuat berita pertunjukan teater atau kesenian lainnya untuk publikasi daring di website atau portal berita online.


1. Lengkapi 5W + 1H


Pertama, sebagaimana aturan membuat berita pada umumnya, lengkapi dulu 5 W (what, where, when, who, why) ditambah dengan 1 H (how) di dalam tulisan Anda. Sebisanya, habiskan semua jawaban dari pertanyaan 5W + 1 H dalam dua paragraf pertama. Misalnya seperti ini:


Teater Blablabla rencananya akan menggelar pementasan bertajuk "Cintaku Jauh di Pulau" yang terinspirasi dari puisi berjudul sama karya Chairil Anwar. Pentas ini sedianya akan digelar di Gedung A, Kota B, Provinsi C pada tanggal 27 Maret 2021, pukul 08.00 WIB mendatang.


Pentas ini merupakan kerjasama antara Teater Blablabla dengan EO Maju Mundur dan produksi ke-26 teater Blablabla. Cintaku Jauh di Pulau akan melibatkan lebih dari 57 aktor, penari, dan pemusik dan dipentaskan dalam rangka memperingati Hatedu 2021.


Dari dua paragraf di atas, tentunya sudah terjawab apa, siapa, kapan, di mana dan mengapa. Lanjutkan dengan "bagaimana" di paragraf berikutnya. Misalnya, "bagaimana" yang dimaksud adalah "bagaimana cara menyaksikan pentas ini?" 


Untuk menyaksikan pementasan ini, Anda bisa memesan tiket pada Bedul di nomor kontak 08xxxxx atau melalui email teaterblablabla@blablaba.com. Harga tiket per lembarnya hanya Rp25.000, dan dijual hanya seharga Rp15.000 di pre-order hingga tanggal 25 Maret 2021.


Nah, sekarang informasi pertunjukan Anda sudah lengkap dan calon penonton sudah bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkannya.


2. Sinopsis Cerita atau Daya Tarik Lainnya


Berikutnya, setelah informasi pertunjukan sudah lengkap, giliran sinopsis cerita yang dituliskan. Sinopsis ini sangat berpengaruh untuk memancing, atau "merayu" seorang penonton untuk rela merogoh koceknya membeli tiket pertunjukan Anda.


Tuliskan sinopsis tepat di bawah tiga paragraf yang membeberkan informasi terkait pementasan Anda. 


Selain sinopsis, Anda juga bisa memaparkan kelebihan dari pertunjukan Anda. Apa saja yang bisa penonton bawa pulang setelah menyaksikan pementasan Anda, atau apa capaian artistik yang baru ditawarkan dalam pertunjukan Anda, dan lain sebagainya.


Atau, Anda bisa menuliskan daya tarik lain dari pementasan Anda. Misalnya, Anda menggelar festival atau parade yang menghadirkan banyak grup. Tentunya, grup-grup yang akan pentas perlu dituliskan satu per satu. 


3. Hal lain yang mendukung pementasan


Berikutnya, Anda bisa menuliskan hal-hal lain, misalnya cerita menarik di balik pembuatannya. Atau, bisa juga pendapat dari sutradara, pimpinan produksi, dan sebagainya.


Bisa juga, ada sponsor yang membiayai pertunjukan Anda perlu juga dituliskan di dalam materi promosi.


4. Sertakan setidaknya 2 gambar


Selanjutnya, jangan biarkan materi promosi Anda tanpa foto, banner, atau spanduk. Jadi, siapkan setidaknya dua gambar untuk mendukung materi promosi Anda di Pojokseni.com.


5. Jangan lupa sertakan logo Pojokseni sebagai media patner


Tentunya, sebagai bentuk apresiasi, jangan lupa sertakan logo Pojokseni.com di banner yang Anda promosikan daring. Selain itu, apabila diperlukan semacam Memorandum of Understanding (MoU) untuk kerjasama media patner yang lebih terarah, tentunya Anda bisa menghubungi kami via email.


Nah itu saja petunjuk membuat berita promosi pertunjukan di situs Pojokseni.com. Anda bisa membuat pers rilis sesuai dengan gaya penulisan Anda sendiri, dan silahkan kirimkan pers rilis Anda ke Pojokseni.


Selamat hari teater sedunia.  

Ads