Cagar Budaya di Banten Jadi Korban Tangan Jahil -->
close
Pojok Seni
01 March 2019, 3/01/2019 02:04:00 AM WIB
Terbaru 2019-02-28T19:04:10Z
BeritaBudaya

Cagar Budaya di Banten Jadi Korban Tangan Jahil

Advertisement

pojokseni.com - Salah satu cagar budaya ternama di Serang, Banten yakni Keraton Kaibon jadi korban tangan jahil. Seperti diungkapkan oleh akun BudayaSaya (milik Dirjen Kebudayaan Kemdikbud RI) di Instagram, salah satu dinding di Keraton Kaibon dicoret-coret oleh oknum tak bertanggung jawab.

Keraton kedua setelah Keraton Surosowan ini merupakan salah satu peninggalan sejarah yang penting di Banten. Keraton ini dibangun Sultan Banten era itu untuk ibundanya, Ratu Aisyah pada tahun 1815. Di era itu, kerajaan Banten Lama sedang dalam masa jayanya.

Oleh karena itu, karena menyimpan nilai sejarah yang begitu tinggi, cagar budaya ini menjadi salah satu destinasi wisata populer, juga dilestarikan oleh pemerintah. Sayangnya, salah satu dindingnya justru menjadi korban tindak vandalisme.

Tindak vandalisme ini dilaporkan oleh akun Budaya Saya pada tanggal 28 Maret 2019.


"Sayangnya, ada oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, yang tega mencorat-coret tinggalan bersejarah ini. Konsekuensinya, semua goresan ini tidak akan hilang untuk waktu yang lama, lho," tulis akun milik Dirjen Kebudayaan ini.

Sementara akun resmi Cagar Budaya dan Museum memberikan komentar yang intinya berterimakasih atas kepedulian banyak pihak terhadap cagar budaya. Akun tersebut juga mengajak semua pihak untuk tidak merusak benda-benda tinggalan bersejarah, bahkan kalau bisa ikut menjaganya.

"Untuk teman-teman yang melihat perilaku vandalis di cagar budaya, jangan segan untuk menegur yah! Terima kasih telah turut berperan melestarikan cagar budaya," tulis akun itu. (ai/pojokseni)

Ads