Festival Danau Sentani 2017, Pancaran Keindahan Timur Indonesia -->
close
Pojok Seni
31 May 2017, 5/31/2017 07:10:00 AM WIB
Terbaru 2017-05-31T00:10:11Z
Seni

Festival Danau Sentani 2017, Pancaran Keindahan Timur Indonesia

Advertisement

pojokseni.com - Bila Anda sempat, tidak ada salahnya melancong ke Papua pada akhir Juni mendatang. Sebab, akan ada acara menarik yang akan menampilkan sejumlah kebudayaan dan kesenian menarik asal provinsi paling timur di Indonesia ini. Festival tersebut bernama Festival Danau Sentani 2017. 

Beberapa pertunjukan kesenian, mulai dari tarian adat, tarian perang, upacara adat dan pameran kuliner khas daerah setempat akan menjadi pesona dari festival tahunan ini. Apalagi, program yang termasuk dalam kalender Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI ini ditujukan untuk meningkatkan dan melestarikan seni budaya dan kreativitas masyarakat di daerah tersebut.

Danau Sentani, Papua

Selain kesenian dan kebudayaan, tentunya Anda tidak boleh melewatkan keindahan alam Danau Sentani tersebut. Juga keanekaragaman budaya dari ratusan suku di Papua yang menarik untuk dikenali. Informasi terhimpun pojokseni.com, festival ini sudah berjalan selama 10 tahun terakhir, dan berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat setempat secara perlahan-lahan. Hal itu tentu menjadi salah satu indikator keberhasilan dan kemajuan daerah di timur Indonesia ini.

Sementara itu, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw seperti dilansir dari media lokal setempat menyatakan bahwa tahun ini, tema yang diusung kegiatan Festival Danau Sentani adalah "One in Diversity Achieve Greatness".

"Artinya, hakekat masyarakat yang berbudaya adalah semakin mensejahterakan hidup sendiri, selain itu mengembangkan dan melestarikan budaya juga berarti meningkatkan kesejahteraan," turang Mathius. 

Kegiatan ini nantinya akan melibatkan sejumlah komunitas seni dari Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Bahkan, juga akan ada komunitas seni lainnya dari dalam dan luar Papua yang akan ikut serta meramaikan festival yang satu ini.


Selain itu, tentunya kegiatan ini juga ditujukan untuk promosi wisata alam dari Papua. Danau Sentani adalah salah satu daya tarik wisata asal Papua yang tidak kalah menariknya dibanding danau lain di Indonesia. Ditambah lagi, masih ada gunung tertinggi di Indonesia dengan puncak yang bersalju dan wisata bahari yang mendunia, Taman Nasional Laut Raja Ampat. (ai/pojokseni.com)

Ads