Review Band : Van Java -->
close
Pojok Seni
08 September 2015, 9/08/2015 08:05:00 PM WIB
Terbaru 2015-09-08T13:05:36Z
MusikResensi

Review Band : Van Java

Advertisement

Van Java Band

pojokseni.com - Ini adalah salah satu band langka di Indonesia. Band bernama Van Java ini terbentuk pada tahun 2007. Cikal bakal band beraliran progresive ini dimulai dari pertemuan antara Biondi (Gitar) dan Broto (Bass) dalam satu band yang akhirnya vakum. Kemudian, Biondi membentuk Van Java dengan dua orang lainnya, yakni Peter (Drum) dan seorang gitaris, dan juga membawa 'pulang' Broto. Setelah band ini terbentuk kembali, Van Java akhirnya memainkan lagu instrumental yang beraliran progresive rock. Dengan beberapa single instrumental dan single 'Dream' band ini masuk sebagai finalis Indie Fest tahun 2009. Salah satu lagu Instumental berjudul Nostradamus, menjadi salah satu hits andalan band asal Jakarta ini.


Personel Van Java (sumber kompas.com), dari Biondi, Brenda, Peter dan Broto

Band ini mengaku memang berencana untuk memiliki vokalis cewek sejak dulu. Seperti dilansir kompas.com, band ini mengaku sempat memiliki vokalis cowok yang akhirnya diganti pada tahun 2010. Masuknya Brenda (vokal) juga membuat Van Java mengendurkan otot, dari sebelumnya Progresive Metal menjadi Progresive Jazz. Kemudian single 'Dream' dan 'Eternal Dream' segera dirilis pada tahun tersebut.

Berikut official video 'Dream' yang dirilis Van Java pada tahun 2011 : 



Namun salah satu lagu yang membuat nama Van Java menjadi salah satu band yang 'wajib di dengar' menurut pojokseni.com adalah single "Prophecy Of Jayabaya" yang termaktub dalam album Indonesia Mahardika pada tahun 2014. 

Berikut Video Van Java dengan lagu Propechy of Jayabaya :



Lagu ini bahkan disebut-sebut salah satu lagu dengan arransement musik terbaik di album yang berisi musisi senior tersebut. (@pojokseni)

Ads