Akhirnya, Jebe & Patty Jadi Juara X Factor Indonesia -->
close
Pojok Seni
12 September 2015, 9/12/2015 01:24:00 AM WIB
Terbaru 2015-09-11T18:24:54Z
Artikel

Akhirnya, Jebe & Patty Jadi Juara X Factor Indonesia

Advertisement

pojokseni.com - Sesuai dengan prediksi sebelumnya, Jebe & Petty benar-benar keluar sebagai juara X Factor Indonesia tahun ini. Dalam postingan yang dirilis tepat ketika Dessy Natalia tereliminasi pada hari Jumat tanggal 29 Agustus 2015 lalu, kami memprediksi duo Jebe & Patty akan berhasil mengungguli Clarissa Dewi dalam grandfinal X Factor pada hari Jumat 11 September 2015.

(Baca : Ini Juara X Factor 2015 prediksi pojokseni.com)

Clarissa yang tampil ciamik dengan lagu 'high note' dan super sulit milik Celine Dion, 'All By My Self' dan 'Sadis' milik Afgan yang dinyanyikan duet dengan penciptanya, Bebi Romeo ternyata tidak juga berhasil melewati perolehan suara yang didapat oleh Jebe & Patty yang mengguncang panggung dengan lagu yang happy-happy, termasuk ketika duet bersama Ahmad Dhani.

Benar yang dikatakan oleh MC, Robby Purba, bahwa Rossa (mentor JeBe & Patty) kembali berhasil menjadi mentor terbaik dengan membawa anak asuhnya juara di X Factor. Tentu saja, idealisme ketiga juri lain masih kalah dengan taktik Rossa untuk memenangkan anak-anak didiknya. 

Kondisi ini nyaris sama dengan final tahun lalu, yang mempertemukan Novita Dewi dengan Fatin. Kalau bicara kualitas vokal, tentu saja Novita Dewi yang sudah 'matang' masih berada diatas Fatin Shidqia Lubis. Namun, yang menjadi juri bukanlah pengamat musik, musisi, teori, pakar atau praktisi musik. Juri adalah seluruh masyarakat Indonesia, yang mayoritas butuh hiburan, diwakili dengan seorang idola. Menarik tentu menjadi modal utama bagi seorang kontestan untuk menjadi yang teratas. Masalahnya, faktor 'menarik' tersebut lebih dimiliki oleh Fatin, ketimbang Novita Dewi, dimata mayoritas masyarakat Indonesia.

Kondisi tersebut juga terjadi pada grand final tahun ini. Dessy Natalia yang punya suara powerfull dan tekhnik tinggi justru harus tersingkir dari grandfinal. Setali tiga uang, Clarissa Dewi yang memiliki karakter suara yang unik dan range vokal yang luas juga tidak mampu menjadi juara dan hanya puas menjadi runner up. Semua yang 'diperlukan' oleh mayoritas masyarakat Indonesia sebagai hiburan ada pada Jebe & Patty. Cantik, unik, menarik, juga punya suara cukup bagus, punya basis fans, agresif, dan selalu happy-happy diatas panggung. Nilai plus, wajah keduanya juga 'bule' menambah daya tarik masyarakat Indonesia. Maklum saja, setiap yang dari luar selalu laris, contoh saja korea, berlanjut India, berlanjut lagi ke jepang, lalu ke Thailand, kembali ke korea dan terakhir Turki.

Terlepas dari itu, kita sama-sama berharap agar nantinya ketika mereka mewarnai blantika musik Indonesia yang sesungguhnya, bisa memberi arti dan meningkatkan musik Indonesia, lewat karya dan nada. Apalagi, mereka juga di'back up' oleh orang-orang yang berpengalaman di dunia musik Indonesia dan memiliki kualitas yang patut diacung Jempol. (@pojokseni) 

Ads