Warisan Kebudayaan Indonesia : Keris #2. -->
close
03 March 2015, 3/03/2015 02:23:00 AM WIB
Terbaru 2017-08-25T16:32:29Z
Artikel

Warisan Kebudayaan Indonesia : Keris #2.

Advertisement
Keris Dapur Nogo Soro

Masih bicara masalah Keris, dalam tulisan sebelumnya sudah dibahas apa itu keris, sejarahnya dan cara membuatnya.


Kali ini, pojokseni.com akan membagi informasi lain terkait keris. Ada beberapa jenis keris yang dibedakan dari lekukannya (kelokan) atau biasa disebut luk. Nah, berdasarkan luk, keris ini bisa dibedakan menjadi empat jenis, antara lain :

1. Keris lurus : Berarti keris yang lurus saja tanpa lekukan atau luk. Keris lurus ini biasanya diartikan dengan ular yang sedang bertapa.

2. Keris Luk Kemba : Keris dengan luk Kemba maksudnya lekukannya tidak dalam, bahkan tampak samar.  Biasanya, oleh pecinta keris, keris seperti ini disamakan dengan ular yang sedang bergaya.

Salah Satu Keris Legendaris : Keris Mpu Gandring

3. Keris Luk Sedeng : Keris jenis ini ditandai dengan lekukan yang sedang. Tidak begitu dalam tetapi tidak samar. Keris buatan zaman Majapahit rata-rata memakai jenis luk ini. Bagi pecinta keris, keris dengan luk Sedeng disamakan dengan ular yang sedang berjalan.

4. Keris Luk Rengkol : keris jenis ini ditandai dengan lekukan yang dalam. Beberapa sumber menyebutkan, keris dengan luk ini merupakan keris tangguh Pengging, dan Mataram. Keris ini juga disamakan dengan ular yang sedang berenang.

Selain itu, luk juga memiliki jumlah yang berbeda-beda. Tentang cara menghitung jumlah Luk dan apa arti dari jumlah tersebut baca pada tulisan kami selanjutnya.

Sumber :
Wikipedia.com
Hadisukirno.com
tirtokahuripan.wordpress.com

Kalau bukan kita yang mencintai produk dan kebudayaan Indonesia, siapa lagi? (@pojokseni)

Ads