Puisi Essay? Apa Itu? -->
close
12 March 2015, 3/12/2015 12:45:00 AM WIB
Terbaru 2015-03-11T17:45:09Z
Puisi

Puisi Essay? Apa Itu?

Advertisement

Akhir-akhir ini, jagad sastra Indonesia di hebohkan dengan dua hal, hadirnya genre baru dalam puisi yakni puisi-essay. Kedua, masuknya nama Denny Januar Ali, pendiri Lingkaran Survey Indonesia (LSI) sebagai salah satu dari 33 sastrawan paling berpengaruh. Buku itu juga menjadi polemic, terbukti dari banyaknya penulis papan atas Indonesia yang memprotes buku itu.
Apa itu Puisi-essay? Puisi yang begitu berbeda dengan essay (yang digolongkan sebagai prosa) justru digabungkan menjadi satu genre yang disebut Puisi-essay. Ada banyak sastrawan kawakan, malah memberikan apresiasi positif terhadap genre ini. 
Mengenal puisi dapat juga membedakan wujudnya dengan membandingkan dari prosa. Ada empat unsur yang merupakan hakikat puisi, yaitu: tema, perasaan penyair, nada puisi, serta amanat. Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya (Depdikbud, 1997: 270 ).
Essay adalah ekspresi dari opini seseorang terhadap sebuah hal. Jadi essay sesungguhnya sangat berbeda dengan artikel ilmiah atau sekadar opini eksposure (laporan faktual). Perpaduan antara fakta dengan imajinasi, antara pengetahuan dengan perasaan membuat essay berbeda dibanding jenis tulisan lainnya. Sebuah essay selayaknya dapat menghantarkan pembacanya untuk memahami persoalan dengan cara yang tidak njelimet dan (kadang) bernuansa santai, tetapi tetap sarat makna.
Essai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas dari sudut pandang penulis dan bukan menggunakan kaidah puisi, syair, atau karangan lainnya.
Ingat kembali, Samuel Taylor Coleridge pernah mengemukakan puisi itu adalah kata-kata yang terindah dalam susunan terindah. Penyair memilih kata-kata yang setepatnya dan disusun secara sebaik-baiknya, misalnya seimbang, simetris, antara satu unsur dengan unsur lain sangat erat berhubungannya, dan sebagainya. Carlyle mengatakan bahwa puisi merupakan pemikiran yang bersifat musikal. Penyair menciptakan puisi itu memikirkan bunyi-bunyi yang merdu seperti musik dalam puisinya, kata-kata disusun begitu rupa hingga yang menonjol adalah rangkaian bunyinya yang merdu seperti musik, yaitu dengan mempergunakan orkestra bunyi. Wordsworth mempunyai gagasan bahwa puisi adalah pernyataan perasaan yang imajinatif, yaitu perasaan yang direkakan atau diangankan. Auden menambahkan bahwa puisi adalah pernyataan perasaan yang bercampur-baur.
Dunton berpendapat bahwa sebenarnya puisi itu merupakan pemikiran manusia secara konkret dan artistik dalam bahasa emosional serta berirama. Misalnya, dengan kiasan, dengan citra-citra, dan disusun secara artistik (misalnya selaras, simetris, pemilihan kata-katanya tepat, dan sebagainya), dan bahasanya penuh perasaan, serta berirama seperti musik (pergantian bunyi kata-katanya berturu-turut secara teratur). Shelley mengemukakan bahwa puisi adalah rekaman detik-detik yang paling indah dalam hidup. Misalnya saja peristiwa-peristiwa yang sangat mengesankan dan menimbulkan keharuan yang kuat seperti kebahagiaan, kegembiraan yang memuncak, percintaan, bahkan kesedihan karena kematian orang yang sangat dicintai. Semuanya merupakan detik-detik yang paling indah untuk direkam. Dengan berbagai definisi diatas bisa disimpulkan hakikat puisi yang melipuiti tema (sense), rasa (feeling), amanat (intention), nada (tone), serta (2) metode puisi yang meliputi diksi, imajeri, kata nyata, majas, ritme, dan rima.
Waluyo (1987) yang mengatakan bahwa dalam puisi terdapat struktur fisik atau yang disebut pula sebagai struktur kebahasaan dan struktur batin puisi yang berupa ungkapan batin pengarang. Perwajahan puisi (tipografi), yaitu bentuk puisi seperti halaman yang tidak dipenuhi kata-kata, tepi kanan-kiri, pengaturan barisnya, hingga baris puisi yang tidak selalu dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik. Hal-hal tersebut sangat menentukan pemaknaan terhadap puisi. Nah, setelah mengartikan apa itu essay dan apa itu puisi, sekarang apa itu puisi essay? kenapa bisa ada? Yang ditakutkan adalah, kalau puisi essay benar-benar diterima sebagai salah satu genre puisi, maka kedepannya akan ada "Puisi Straigt News", Puisi Feature, puisi opini, puisi tajuk rencana.
Baik, sampai disini saja. Terima kasih.

Ads