Latihan Membaca Puisi : Tekhnik Poetry Reading -->
close
24 August 2014, 8/24/2014 01:41:00 AM WIB
Terbaru 2015-08-06T16:51:02Z
ArtikelPuisi

Latihan Membaca Puisi : Tekhnik Poetry Reading

Advertisement

pojokseni.com - Bahasan kali ini adalah tentang latihan membaca puisi. Dari berbagai sumber yang didapat, kami merangkumnya dalam penjelasan dibawah ini. Selamat membaca dan selamat latihan membaca puisi :

-       Membaca puisi, menurut Didin Widyarto, dikenal dengan tiga gaya yaitu Poetry Reading, Deklamatoris dan Teatrikal. Bahasan pertama kali ini adalah tentang gaya membaca puisi Poetry Reading.
Didin Widyarto juga menjabarkan bahwa untuk mempelajari gaya yang satu ini, bias melalui dua pendekatan. Pertama, pendekatan structural dan kedua adalah pendekatan metafisika.
-           

     Pendekatan Struktual

Cara untuk melakukan pembacaan puisi dengan gaya Poetry Reading bias dipelajari dengan pendekatan structural. Bagaimana caranya?

1. Membaca berulang-ulang 

Anggap saja tahap ini adalah mengenali bentuk puisi secara utuh. Membaca puisi berulang-ulang akan membuat pembaca menyadari apa yang sebenarnya disampaikan oleh penyair. Begitu pula dengan bentuk (tipografi) puisi yang bias terus ditelusuri hingga tersampai segala “rahasia” dipuisi ini.

2. Memberi jeda

Setelah paham bentuk dan isinya, tentu kita bisa memberikan jeda disetiap kalimat.  Penjedaan ini, selain memberi waktu untuk mengatur pernafasan, juga dapat membuat penonton menyadari apa yang dikehendaki puisi.

3. Memahami Alur Puisi

Setiap karya sastra pasti memliki alur didalamnya. Dengan demikian, berarti setiap puisi juga memliki alur tersebut. Anda harus dapat menemukan dimana awal, konflik dan penutup. Dengan demikian, anda bisa tahu bagian mana yang harus ditekan.

4. Memahami makna secara insentif

Berikut penjabaran tentang memahami makna secara intensif menurut beberapa ahli " Setelah melakukan tahapan di atas, tahapan terakhir adalah tahapan yang memerlukan waktu cukup lama untuk menafsirkan kembali makna puisi. Penafsiran ini membutuhkan waktu yang sangat lama. Proses perenungan banyak terjadi di sini. Tidak cukup 10-20 menit untuk mencari “nyawa” dari puisi yang dipilih, melainkan bisa memakan waktu 2-3 hari. Pada awal tahap ini harus dilakukan secara serius, kemudian boleh dilakukan di sela-sela aktivitas sehari-hari, misal sambil makan.

Artikel selanjutnya adalah : Belajar membaca puisi dengan latihan dasar teater

Ads